Home Berkebun 16 Macam Macam Bunga Langka di Indonesia

16 Macam Macam Bunga Langka di Indonesia [+Gambar]

Macam Macam Bunga Langka di Indonesia

Macam macam bunga langka di Indonesia dan seluruh dunia. Indonesia adalah negara tropis sebagai tempat bagi ribuan tamana hias dan tumbuhan lainnya. Disini kami akan mengulas tentang macam-macam bunga langka dan jarang di temukan baik di Indonesia maupun di seluruh dunia.

Bunga bunga tak biasa ini menjadikan Indonesia sebagai tempat indah dan unik bagi sejumlah tanaman langka. Biasanya tanaman hias menjadi penghias rumah seperti tanaman hias puring, namun bagi tanaman bunga bunga langka ini tidak hanya dianggap sebagai tanaman hias, tetapi sebagai tanaman yang di lestarikan oleh negara.

Macam macam bunga langka ini tidak hanya unik dari sisi tampilan namun juga unik dari aromanya bahkan ada yang aromanya seperti bau busuk yang di sebut dengan bunga bangkai. Apa saja bunga bunga langka di Indonesia, mari kita lihat satu persatu sebagaimana yang di ambil dari https://bungabunga.co.id plus gambar dalam ulasan berikut ini.

Macam Macam Bunga Langka di Indonesia dan Dunia

1. Anggrek hitam

KIta sering melihat anggrek ungu atau putih, namun kita jarang melihat anggrek hitam. Itulah sebabnya di katakan sebagai tanaman hias langka atau bunga langka. Tetapi kita bersyukur bunga unik dan langka ini ternyata ada di negara kita Indonesia.

DI Indonesia, anggrek hitam hanya di temukan di dua tempat saja, di Kalimantan dan Papua. Namun kedua berbeda dari sisi putih dan kelopaknya.

2. Bunga Lady Slipper

Macam macam bunga langka di Indonesia selanjutnya adalah bunga lady slipper. Sebenarnya, bunga ini tidak hanya langka di Indonesia namun diseluruh dunia juga termasuk sangat langka.

Pertama sekali di temukan di Inggris, dan di sana bunga ini mendapatkan perlakuan sesuai undang-undang khusus.

Bunga lady slipper mirip dengan sandal dengan kobang di depannya. Bentuknya unik dan lucu serta memiliki perpaduan warna campuran putih, hijau, dan ungu.

3. Bunga Edelweis

Bunga Edelweis adalah bunga langka dan unik dan hanya tumbuh di pegunungan di Jawa. Tanaman edelweis ini bisa tumbuh hingga 8 meter dan menjadai salah satu tanaman khas pegunungan.

Bunga langka edelweis mekar di bulan April dan bulan Agustus. karena tidak hidup di sembarangan tempat, maka tanaman hias bunga edelweis termasuk dalam bunga langka di Indonesia.

Pertama sekali di temukan oleh orang berkebangsaan Jerman bernama carl heinrich schutz pada tahun 1819.

4. Bunga naggrek tebu

Selanjutnya macam macam bunga langka di Indonesia adalah anggrek tebu. Tanaman ini memiliki bentuk dan keindahan yang tak biasa, sama seperti anggrek hitam yang sangat sulit di temukan.

Anggrek tebu terkenal sebagai anggrek terbesar diantara sekian banyak jenis anggrek yang ada.

Tanaman anggrek tebu bisa memiliki ukuran 3 meter dan beratnya bisa mencapai 1 ton.

Tanaman ini juga di sebut dengan anggrek macan, batangnya mirip tebu maka di kenal dengan nama “tebu”.

5. Bunga kantong semar

Bunga kantong semar juga tergolong dalam macam macam bunga langka yang ada di tanah air. Bunga unik karena memiliki kantong dan di jumpai di Sumatra dan Kalimantan.

Keunikannya bukan pada bentuk kantongnya saja, namun bunga termasuk pemakan serangga, dimana serangga yang masuk dalam kantong yang berbau ini akan terperangkap disana.

Bunga kantong semar ternyata sangat banyak variasinya. Diantara beberapa variasi kantong semar adalah: Nepenthes gymnamphora, nepenthes diatas, nepenthes villosa, nepenthes maxima, nepenthes raflesiana, nepenthes aristolochioides, nepenthes reinwardtiana, nephentes truncata, nepenthes ampullaria, dan nepenthes khasiana.

6. Bunga Welwitschia Mirabilis

Macam macam bunga langka di Indonesia termasuk bunga Bunga Welwitschia Mirabilis. Ini juga termasuk bunga langka di dunia, bunga ini awalnya di temukan di Angola, dan Namibia.

Bunga Welwitschia Mirabilis adalah bunga sangat langka didunia. Tanaman hias ini di temukan pertama kali oleh Friedrich Welwitsch dan di Angola tanaman di jadikan sebagai bahan makanan.

7. Bunga Sundew (Drosera spatulata)

Bunga Sundew juga termasuk bunga langka bahkan sangat langka. Sama seperti bunga kantong semar, dimana Bunga Sundew memangsa serangga yang masuk dalam perangkapnya yang berbau menyengat. Bau ini menarik serangga untuk datang dan kemudian cairan lengket itu membuat serangga harus mati disana dan menjadi makanan bagi tanaman itu. Itulah sebabnya Bunga Sundew di katakan sebagai bunga karnovora.

Bunga Sundew memiliki cukup banyak variasi, diantaranya adalah: All-round sundew, sundew intermediate, kapian rosyanka, sundew inggris, rosyanka horde, rosyanka bersuku kata dua, rosyanka berserabut, sundew, rosyanka burmana, sunflower sunfly, rosyanka alicia, glanduliger sundew, limyonica sundew, rosyanka petiole, bunga rosyanka, rosyanka bulbous.

8. Lotus Berthelotii

Macam macam bunga langka selanjutnya adalah Lotus Berthelotii. Ini adalah bunga yang di temukan di kepulauan canary, bentuknya unik seperti paruh burung kaka tua.

Tahun 1884, tanaman Lotus Berthelotii di katakan sebagai tanaman yang telah punah, namun ternyata kemudia di temukan lagi dan menjadi tanaman yang unik dan langka didunia.

Penyerbukan tanaman ini di lakukan oleh burung langka yang terancam punah dan burung ini di kenal dengan nama burung matahari.

Kelangkaan penyerbuk yang berupa burung matahari menyebabkan tanaman ini semakin langka. Sudah pernah di coba kembangbiakkan namun gagal karena tanaman ini tidak menghasilkan buah.

9. Bunga Youtan Poluo

Kemudian, macam macam bunga langka adalah Bunga Youtan Poluo. Bunga ini pertama kali di temukan di daerah Tiongkok atau tepatnya di liaoning timur laut provinsi tiongkok.

Di katakan bahwa bunga Youtan poluo adalah sangat unik dimana ia hanya mekar dalam 3000 tahun sekali.

Ia sangat kecil dan baru bisa di lihat dengan jelas jika menggunakan kaca pembesar.

10. Bunga Silversword

Bunga Silversword termasuk bunga langka dan pertama di temukan di pulau Maui hawaii.

Tanaman langka ini unik dimana bunganya menjulang tinggi bersama dengan daunnya, ia hidup di daerah salju dan berhawa panas. Ia tumbuh dan bisa bertahan hidup hingga 50 tahun.

Warna daunnya silver sehingga mengudang daya tarik tersendiri. Bunga yang besar dan berkelompok juga nampak unik dan beda. Ia tumbuh di ketinggian 2.100 meter di atas gunung berapi taman nasional halaekala.

pengembalaan ternak yang berlebihan disana menyebabkan tanaman ini menjadi mangsa dan sekarang termasuk dalam tanaman bunga langka dan hampir punah.

11. Bunga Ghost Orchid

Bunga langka selanjutnya adalah Bunga Ghost Orchid, bentuknya yang seperti hantu menyebabkan nama bunganya ini adalah “Bunga Ghost Orchid”.

Pertama kali bunga hantu atau anggrek hantu ini di temukan di hutan Kalifornia.

Anggrek ini mekar di bulan juni hingga Angustus, dan termasuk tanaman yang cukup unik dimana ia tidak bisa di kembangbiakkan. Proses pengembangbiakannya memeerlukan jamur tertentu untuk menyerap nutrisi makanan.

Anda juga menyukai:

Bukan hanya karena bentuknya mirip hantu, namun secara tiba-tiba anggrek ini muncul dan menempel pada batang pohon lainnya. Ini juga menjadi sebab kenapa ia di namai dengan anggrek hantu.

12. Bunga Jade Vine

Ini adalah tanaman bunga hutan tropis Filipina, ia masih di kaitakan dengan tanaman kacang.

Sebagai tanaman merambat, Bunga Jade Vine memiliki bunga yang menjuntai kebawah sehingga nampak sangat indah dan cantik. Proses penyerbukan tanaman ini di lakukan oleh kelelawar. Selai Bunga Jade Vine berwarna biru terang ada juga bunga jade yang berwarba merah dan di temukan di Irian Jaya.

13. Bunga Rafflesia Arnoldii

Rafflesia Arnoldii adalah salah satu jenis bunga langka di Indonesia dan kita masukkan dalam daftar macam macam bunga langka.

Namanya “Rafflesia Arnoldii” di ambil dari nama penemunya yang bernama “Thomas Stamford Raffles”. Tanaman langka ini tidak sendiri, dan di temukan sekitar 27 spesies berbeda.

Tanaman ini adalah tanaman bunga unik dan langka, sejatinya tanaman Rafflesia Arnoldii tidak memiliki batang, dan daun yang sebenarnya. Ia tumbuh hanya dengan bunganya yang bermahkota lima (5).

Rafflesia Arnoldii juga di kenal dengan nama bunga bangkai, karena saat mekar ia berbau busuk seperti daging busuk. Bau ini membuat serangga mendatanginya dan melakukan penyerbukan.