Home Health Kamu Menderita Gula Darah: Ini Makanan yang Wajib di Hindari Penderita Diabetes

Kamu Menderita Gula Darah: Ini Makanan yang Wajib di Hindari Penderita Diabetes

9

Makanan yang harus di hindari penderita diabetes cukup banyak mengingat sekarang banyaknya makanan manis-manis. Bagi penderita diabetes atau gula darah, nasehatnya adalah anda harus selektif dalam memilih makanan yang akan anda konsumsi. Jika tidak maka gula darah anda akan naik dan tidak stabil dan ini jika tidak di perhatikan bisa menyebabkan berbagai penyakit kronis lainnya atau menyebabkan tubuh drop dan fatal.

Diabetes atau gula darah adalah kondisi kesehatan di mana kadar gula banyak menumpuk dalam aliran darah akibat dari sel tubuh tidak bisa menyerap gula. Ketika gula menumpuk dalam sel darah, seseorang akan mengalami lemah, dan berbagai masalah kesehatan lain termasuk jantung, tensi darah tinggi bahkan bisa menyebabkan drop akibat tubuh kehilangan tenaga. Ini juga di sebabkan tubuh tidak bisa menghasilkan insulin yang berguna untuk mengubah gula menjadi energi.

Ketika gula banyak yang menumpuk dan tidak di ubah sebagai energi maka penderita akan lemas dan loyo bahkan berbagai penyakit dengan mudah bisa terjadi akibat dari lemahnya imunitas tubuh. Diabetes juga di sebut sebagai perangan yang yang terjadi dalam tubuh sehingga prangkreas tidak berfungsi sebagai mestinya dalam menghasilkan insulin.

Gejala-Gejala Diabetes

Diabetes bisa terjadi pada siapa saja terutama yang tidak menjaga pola makan, dan terutama lagi mereka yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit ini. Bisa juga di katakan karena genetika.

Ada beberapa gejala dan tanda penyakit diabetes. Coba cek ini, apakah kamu juga termasuk yang menderita diabetes atau tidak.

  1. Cepat merasa haus
  2. Sering buang air kecil di malam hari
  3. Cepat merasa lapar
  4. Berat badan menurun drastis
  5. Cepat lelah
  6. Pandangan kabur, buram dan tidak jelas
  7. Kulit terasa kering

Jika kamu mengalami salah satu dari tanda di atas, kamu berkemungkinan mengalami diabetes, namun tidak di pastikan juga. Maka sebaiknya jika kamu mengalami hal ini. Cepat-cepat melakukan cek-up darah anda di apotek atau depot. Jika kamu menderita diabetes dengan kadar gula darah tinggi, maka kamu harus mengontrol makanan dengan sebaik-baiknya. Ada banyak makanan yang harus di hindari agar gula darah tetap stabil.

Berikut beberapa daftar makanan yang wajib di hindari penderita diabetes agar darah tetap sehat dan selalu sehat.

Makanan Makanan yang Wajib di Hindari Penderita Diabetes

Kamu harus sangat jeli dalam memilih makanan kamu, semua makanan yang manis dan kaya gula sebaiknya di batasi jika tidak di hindari sepenuhnya. Ini dia makanan yang harus kamu hindari dari sekarang.

1. Jus buah

Makanan Makanan yang Wajib di Hindari Penderita Diabetes

Jus adalah makanan enak dan segar namun jika anda menambahkan gula atau susu, maka jus buah tersebut akan menjadi malapetaka untuk kesehatan anda. Kandungan fruktosa yang tinggi dalam jus buah membuatnya buruk untuk kesehatan penderita diabetes.

Juga, jus buah tidak ada seratnya dan yang banyak adalah fruktosanya. Jika anda ingin sehta, maka konsumsilah jus buah tanpa ada tambahan gula.

Namun, demikian cara terbaik mengkonsumsi buah adalah dengan memakan secara langsung atau menumbuknya menjadi jus tanpa harus menghancurkan seratnya. Nikmati alpukat atau buah naga hasil tumbuk kasar tanpa tambahan gula, ini akan lebih bagus untuk anda. Namun tetap harus dalam jumlah terbatas.

2. Yogurt

Selanjutnya, makanan yang wajib di hindari penderita diabetes adalah yogurt. Minuman probiotik ini ternyata juga menjadi lampu kuning bagi penderita diabetes.

Kenapa yogurt tidak bagus? Ini di sebabkan kandungan gula yang banyak, selain itu yogurt juga mengandung perasa buatan yang menyebabkannya tidak sesehat yang anda pikirkan.

3. Tepung olahan

Yang di maksud dengan tepung olahan adalah roti putih, nasi putih, dan pasta yang terbuat dari tepung adalah sedret makanan yang wajib di hindari penderita diabetes, jika anda harus membatasinya dengan sebaik-baiknya agar gula darah tetap terjaga pada batasan normalnya.

Makanan dari tepung olahan adalah serangkaian makanan yang memiliki indek glikemik tinggi. Artinya makanan tersebut di proses dan di cerna dengan cepat sehingga menghasilkan gula darah dengan cepat. Jika anda seorang penderita diabetes, maka anda akan mengalami lonjakan gula darah.

Artikel menarik lainnya:

4. Makanan gorengan

Makanan gorengan wajib di hindari penderita diabetes

Makanan gorengan adalah jenis makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi dan makanan tersebut juga mengandung lemak trans yang tidak baik bagi kesehatan darah.

Maka hindari makanan gorengan seperti pisang goreng, kentang goreng dan lain-lain.

5. Susu

Susu adalah minuman kaya lemak dengan sejumlah nutrisi lainnya. Bagi penderita diabetes, susu adalah makanan kaya lemak jahat yang bisa merusak produksi insulin akibat dari kerusakan pangkreas.

Jadi, makanan yang di sarankan untuk penderita diabetes adalah makanan tinggi serat seperti bijian, buah, kacang-kacangan.

Itulah daftar makanan yang wajib di hindari penderita diabetes, semoga dengan adanya iformasi ini bisa menambah pengetahuan tentang kesehatan dan bagi penderita gula darah bisa mewanti-wanti sejumlah makanan tersebut. Jika anda tidak sanggup menahan 100%, maka tugas anda adalah membatasinya dengan baik.

Previous articleCara Ampuh Menyembuhkan Sakit Gigi Berlubang
Next articleTips Memelihara Ikan Hias agar Tetap Sehat dan Indah