Home Health 8 Manfaat Buah Pisang yang Jarang di Ketahui

8 Manfaat Buah Pisang yang Jarang di Ketahui

23
Manfaat Buah Pisang

Manfaat Buah Pisang – Pisang adalah makanan enak yang selalu disiapkan setelah makan nasi. Buah pisang termasuk makanan sehat yang penting ditambahkan dalam menu diat harian.

Pisang ada banyak jenis dan modelnya, mulai dari pisang ambon, pisang tuasa, pisang mas, pisang ambon lumut, pisang raja, raja sereh, dll.

Walaupun banyak jenis pisang di Indonesia ini, tetapi secara umum manfaatnya sama saja. Pisang mengandung banyak energi yang membuat seseorang bisa menghilangkan keletihannya seketika.

Manfaat Buah Pisang yang luar biasa

Mengkonsumsi buah pisang dikonsumsi secara langsung atau dimakan setelah dibuat jus pisang yang segar menyegarkan :).

Manfaat Buah Pisang bagi Kesehatan

1. Meningkatkan konsentrasi

Dengan mengkonsumsi pisang secara teratur setiap hari sebanyak 3 kali sebagai obat pencuci mulut, maka pisang bisa memberikan kemampuan konsentrasi pada otak untuk berpikir lebih akurat.

Ini bagus untuk kamu yang lagi sedang fokus belajar atau sedang menyelesaikan sebuah tugas. Tingkatkan fokus dan konsentrasi dengan menutrisi tubuh dengan nutrisi pisang.

2. Mengatasi penyakit usus dan perut

Penyakit usus bisa dijinakkan dengan mengkonsumsi buah pisang yang dicampurkan dengan susu cair. Pisang mengandung zat anti imflamasi.

Caranya yaitu dengan mencampuri pisang dengan susu cair untuk mengobati usus, apalagi banyaknya kandungan serat pada buah pisang ini.

3. Mengobati anemia

Anemia atau kurang darah adalah penyakit yang sering di alami oleh ibu hamil, orang dengan kecelakaan berat dan lain-lain. Mengkonsumsi pisang bisa menjadi salah satu cara untuk memasukkan kebutuhan tubuh terhadap zat besi.

Maka dengan mengkonsumsi pisang yang banyak kandungan zat besi bisa mengatasi penyakit anemia. Cukup mengkonsumsi 2 pisang setiap harinya dan lihat hasilnya.

4. Mengobati gigitan nyamuk

Gigitan nyamuk yang kecil sering kali membuat seseorang geram dan sakit serta gatal yang ditimbulkan. Dengan adanya buah pisang anda tidak perlu takut akan gatal gigitan nyamuk.

Caranya yaitu dengan mengolesi kulit pisang bagian dalam pada gatal akibat gigitan nyamuk dan lihat hasilnya. Cara ini akan menghilangkan rasa gatal dan meredam rasa sakit.

5. Mengatasi luka bakar

Luka bakar yang sering terjadi pada seseoerang bisa diredam dengan pisang. Tetapi disini bukan buah pisang yang digunakan melainkan daun pisang yang dibakar dan ambil abu daun pisang.

Kemudian campurkan abu daun pisang tersebut dengan minyak kelapa, dan oleskan pada luka akibat terbakar.

6. Menghilangkan lelah

Lelah dan capek akibat aktivitas seharian, misalnya pulang dari kantor atau capek akibat bekerja seharian. Buah pisang diketahui mengandung gula yang sangat mudah di ubah oleh tubuh menjadi energi secara cepat.

Kalau anda capek, konsumsilah buah pisang satu hingga dua buah, insya Allah lelah dan capek akan hilang seketika.

Lihat juga:

7. Menambah nafsu makan

Manfaat buah pisang selanjunya yaitu menambah nafsu makan, ini sama dengan manfaat buah sirsak yang juga mampu menjadi penambah nafsu makan, hanya saja pisang dicampur dengan satu sendok madu.

Ini cocok untuk kamu yang tidak nafsu terhadap makanan, tidak ingin makan dan serasa ingin puasa saja. Coba kendalikan nafsu makan kamu dengan makan buah pisang. Paksakan diri kamu untuk makan pisang, nanti kamu akan tergerak nafsu terhadap makanan lainnya.

8. Melancarkan peredaran darah

Kalium dan potasium dalam buah pisang menjadi bahan alami yang baik untuk melancarkan darah. Sehingga aliran darah ke otak menjadi lancar.

Selain manfaat dan khasiat buah pisang seperti di atas masih banyak lagi manfaat buah pisang untuk kesehatan. Secara umum buah pisang adalah buah sehat dikonsumsi kapan saja.

Jadi, salah satu cara menjalankan program diet adalah mengkonsumsi pisang secara teratur. Ia kaya energi dan menyegarkan.

Previous article5 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan (Obat Liver)
Next article8 Cara Alami Mencegah Timbulnya Jerawat