Home Health 10 Manfaat Bunga Bougenville bagi Kesehatan

10 Manfaat Bunga Bougenville bagi Kesehatan

32
Manfaat Bunga Bougenville

Kali ini kita akan menjelasakan tenga manfaat tanaman yaitu Bunga Bougenville. Tahukah kamu bahwa tanaman Bougenville tidak hanya bermanfaat sebagai tanaman hias saja. Namun kandungan zat dan nutrisinya ternyata memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Maka, disini kita akan jelaskan beberapa manfaat bunga Bougenville untuk kesehatan sebagaimana yang kami kutip dari berbagai sumber terpercaya.

Manfaat Bunga Bougenville tak hanya bagi kesehatan semata, namun banyak di tanam sebagai penghias jalan-jalan. Kadang tanaman Bougenville di jadikan sebagai penghias trotoar dan warna warni bunganya mengundang daya tarik tersendiri. Namun pada kesempatan ini kami akan menjelaskan Bougenville dari sisi lain, bukan manfaat untuk menghiasi taman tetapi manfaat Bougenville untuk kesehatan. Yuk kita lihat apa saja manfaat kesehatan dari bunga Bougenville ini.

Manfaat Bunga Bougenville sebagai penghias jalan

Top 10 Manfaat Bunga Bougenville untuk kesehatan

Tanaman Bougenville mengandung cukup banyak zat penting untuk kesehatan. Ini awalnya adalah tanaman dari Filipina dan kemudian di budidayakan di Asia dan Amerika. Ok, sekarang langsung kita lihat terlebih dahulu apa saja zat dan nutris dalam bunga Bougenville berikut ini.

Beberapa senyawa dalam Bougenville adalah tanin, alkaloid, flavonoid, asam oksalat (bagian daun), betasianin, senyawa fenolik, pinitol, antrakuinon, glikosida, saponin, terpenoid, minyak esensial, steroid, protein dan lemak.

Dari berbagai jenis zat tersebut memberitahukan kita bahwa tanaman Bougenville terutama bunganya memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa manfaat bunga Bougenville.

Manfaat Bunga Bougenville

1. Mengobati resistensi insulin

Masalah resistensi insulin berkaitan dengan gula darah. Ketika mengalami resistensi insulin maka tubuh tidak akan bisa mengubah gula menjadi energi secara maksimal sehingga lama kelamaan gula menumpuk dalam darah.

Pada jumlah tertentu, darah yang menumpuk dalam aliran darah ini menyebabkan diabetes. Ketika seseorang mengalami diabetes maka akan sangat sulit di obati dan berbagai penyakit lainnya dengan mudah bisa muncul dan bisa terjadi komplikasi.

Bunga Bougenville mengandung senyawa yang kita sebut dengan Pinitol dan ini di kabarkan berguna untuk mengatasi resistensi insluin.

Untuk mengkonsumsi bunga Bougenville kita perlu mengeringkannya terlebih dahulu sehingga seperti teh kering. Kemudian Bougenville kering ini kita seduh sebagai teh Bougenville dan di minum sebagai teh.

2. Manfaat Bougenville untuk kolesterol

Kolesterol penting bagi tubuh untuk melakukan berbagai bentuk metabolsime namun kelebihna kolesterol akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Kolesterol yang berlebihan akan masuk dalam darah dan menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi. Bahkan bisa menyebabkan plak yang akan menyumbat aliran darah dan ini bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan stroke atau pecahnya pembuluh darah.

Untuk itu, takaran kolesterol harus bisa di kontrol agar tetap stabil. Ketabilan kolesterol dalam tubuh akan menyeimbangkan kesehatan dan memberikan kesegaran tubuh yang bagus.

Di kabarkan bahwa ekstrak teh Bougenville dari daunnya dan bunga berguna untuk menstabilkan kolesterol tubuh. Ini pada gilirannya bisa mencegah serangan jantung, penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan stroke.

3. Manfaat Bougenville untuk obati batuk

Manfaat lain dari bunga Bougenville adalah sebagai obat batuk yang ampuh. batuk terjadi adanya reaksi dalam saluran pernapasan dan biasanya diseratai dengan flu dan kelelahan tubuh.

Jika anda akan mengalami batuk dengan adanya tanda sakit atau gatal di kerongkongan, maka segera cari solusinya dari bahan alami terlebih dahulu. Salah satu obat alami batuk adalah tanaman Bougenville. Namun yang di gunakan sebagai bukanlah bunganya melainkan kulit batangnya.

Cara membuat obat batuk dari kulit batang Bougenville adalah:

  • Ambil beberapa kulit batang Bougenville
  • Keringkan dan tumbuk halus menjadi bubuk
  • Selanjutnya, bubuk kulit Bougenville di campur dengan segelas air hangat

Gunakan air ini untuk berkumur-kumur agar mulut anda menjadi lega dan tenggorokan menjadi oke.

4. Menyehatkan pencernaan

Manfaat bunga Bougenville selanjutnya sebagai obat alami untuk pencernaan. Tanaman Bougenville di kenal mengandung senyawa yang bisa meredakan masalah perut seperti diare, perut kembung, gangguan pencernaan dan asam lambung.

Ambil daun Bougenville dan jadikan rebusan obat. Daun Bougenville di percaya mengandung anti peradangan atau inflamasi yang cukup bagus untuk menenangkan perut yang sedang bermasalah.

Cara membuat obat adalah:

  • Daun beberapa helai daun Bougenville
  • Rebus dengan tiga gelas air hingga tersisa setengah gelas saja
  • Campurkan dengan madu dan minum sebagai obat untuk atasi masalah perut

5. Melawan bakteri dengan Bougenville

Tanaman Bougenville mengandung banyak zat yang bisa membunuh bakteri yang ada dalam tubuh. Bakteri masuk kedalam tubuh menjadi penyebab rusaknya kesehatan tubuh kita. Ia bisa masuk dengan makanan yang kita makana, dengan air yang kita minum, atau dengan cara-cara lain.

Tanaman Bougenville terutama daun Bougenville bermanfaat untuk membunuh bakteri dan zat asing yang menyebabkan penyakit. Berbagai bakteri bakteri S typhi, Micrococcus luteus, Escheria Colli, P vulgaris, S flexneri akan segera musnah setelah anda mengkonsumsi rebusan daun Bougenville.

6. Manfaat Bougenville sebagai antioksidan

Tanaman Bougenville mempunyai manfaat besar untuk kesehatan. Bunga Bougenville mengandung banyak antioksidan yang berguna dalam melawan berbagai radikal bebas yang merusak sel tubuh.

Mengkonsumsi teh Bougenville sangat bagus untuk menghilangkan zat racun dan radikal bebas dalam tubuh. Ini bagus dalam mencegah kanker, penuaan dini, dan berbagai penyakit serius lainnya akibat radikal bebas dalam tubuh.

7. Mengatasi tekanan darah tinggi

Manfaat bunga Bougenville untuk kesehatan juga sering digunakan dalam mengatasi tekanan darah tinggi. Orang Meksiko biasanya menggunakan ekstrak dari bunga tanaman Bougenville untuk menurunkan tekanan darahnya.

Ekstrak dari bunga Bougenville di katakan bisa mencegah dan menghilangkan penumpukan plak dalam aliran darah atau kolesterol sehingga tekanan rah darah bisa di hilangkan atau diturunkan ke tekanan darah normal.

8. Membersihkan udara

bunga Bougenville untuk membersihkan udara

Salah satu manfaat besar dari bunga Bougenville adalah sebagai pembersih kualitas udara dari berbagai karbondioksida atau dari hal-hal lain yang menyebabkan udara menjadi kotor.

Manfaat bunga Bougenville seperti ini menyebabkan tanaman ini banyak di tanam di jalan-jalan dan daerah umum.

9. Manfaat bunga Bougenville sebagai antibiotik alami

Bunga Bougenville juga di manfaatkan sebagai bunga antibiotik yang manfaatnya adalah untuk menekan penyebaran bakteri dalam tubuh.

Dalam sebuah penelitian di Amerika menyebutkan bahwa bunga Bougenville mengandung metanol yang berperan sebagai antibiotik dan penelitian ini maish berlanjut hingga sekarang untuk mengetahui apa saja manfaat bunga Bougenville untuk kesehatan.

Artikel menarik lainnya:

Efek Samping Bunga Bougenville

Sekalipun manfaat bunga Bougenville sangat banyak untuk kesehatan, namun jika di konsumsi dalam porsi berlebihan bisa menyebabkan berbagai efek samping serius. Maka, jika anda mengkonsumsi teh atau ekstrak Bougenville, maka lakukan hanya secara moderasi saja.

Diantara efek samping mengkonsumsi terlalu sering atau kelebihan minum ekstrak Bougenville bisa menyebabkan masalah hati dan ginjal karena kelebihan kalium yang menghambat penyerapan nutrisi lain.

Efek samping bunga Bougenville lainnya adalah menurunkan kadar hemoblogin atau sel-sel darah merah tubuh sehingga tubuh menjadi lemas dan tak bertenaga dan ini juga bisa membahayakan tubuh.

Ada efek samping bunga Bougenville lainnya seperti menurunkan tingkat kesuburan baik pada laki-laki atau pada wanita. Kandungan zat dalam bunga Bougenville di katakan merusak hormon strogen dan testosteron.

Maka, jika anda ingin berobat dengan mengambil manfaat bunga Bougenville sebaiknya hanya sesekali saja dengan jumlah kecil. Namun cara terbaik adalah dengan melakukan perawatan kesehatan dengan bunga Bougenville dibawah pengawasan dokter.

Previous article5 Tahap Cara Menanam Kangkung di Polybag dengan Mudah
Next article2 Cara Menanam Kacang Hijau, Bisa Menggunakan Tanah atau Kapas