Home Health 9 Manfaat Daun Balakacida untuk Kesehatan

9 Manfaat Daun Balakacida untuk Kesehatan

37
Manfaat Daun Balakacida untuk Kesehatan

Manfaat daun balakacida untuk kesehatan sangat besar sekali. Kita selama ini hanya menganggap tanaman balakacida sebagai tanaman pengganggu atau sebagai hama yang harus di basmi. Padahal, daun balakacida memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang sangat luar biasa. Diantaranya, daun ini bermanfaat dalam mencegah penyakit serius dan bahkan bisa mengobatinya.

Tanaman balakacida sangat mudah tumbuh, ia bisa tumbuh di mana saja, itulah sebabnya tanaman ini sering kali menjadi hutan dan sering kali di buang dan di bersihkan dari perkebunan warga.

Bahkan, tanaman ini bisa merusak tanaman budidaya sehingga sekarang-pun masih di perangi atau di basmi.

Manfaat Daun Balakacida

Manfaat Daun Balakacida untuk Kesehatan

Daun balakacida memang terkenal sebagai hama namun di balik itu ia menyimpan mutiara manfaat yang bisa menangkal berbagai penyakit dan meyembuhkan banyak penyakit.

Khasiat dan manfaatnya di dapat dari berbagai kandungan senyawanya, diantara senyawa dalam daun balakacida adalah sebagai berikut:

  • Senyawa fenolik
  • Triterenoid
  • Alkaloid
  • Tanin
  • Limonene
  • Flavonoid

Ok, sekarang lihat apa saja khasiat dan manfaat daun balakacida sehingga banyak orang mulai menyukainya dan menjadikannya sebagai obat alternatif.

1. Mengobati kista

Salah satu manfaat daun balakacida yang menarik di simak adalah mengobati kista. Hanya dengan merebus dan mengkonsumsi rebusannya, kita bisa mengobati penyakit tersebut.

Air rebusan di saring dan di minum secara rutin untuk menyembuhkan kista.

2. Mencegah diabetes

Manfaat daun balakacida Mencegah diabetes

Diabetes adalah penyakit kelebihan gula darah akibat gula tidak di ubah sebagai energi. Penyakit ini terjadi karena kerusakan pangkreas yang menyebabkan tubuh tidak bisa menghasilkan insulin untuk mengubah gula tersebut.

Salah satu cara mencegah penyakit gula adalah dengan mengkonsumsi ekstrak daun balakacida. Manfaat daun balakacida untuk diabetes sangat teruji, bahkan penderita diabetes sendiri bisa menurunkan kdar gulanya dengan daun tersebut.

Namun bagi penderita gula darah, penyakit ini belum bisa di sembuhkan tetapi anda bisa menjaga dan mengontrolnya agar gula darah tidak terus meningkat. Kandungan antioksidan, sitoproteksi, serta senyawa lainnya bagus dalam mencegah diabetes dan menurunkan kadar gula bagi yang sudah menderita penyakit ini.

3. Mencegah kanker serviks

Manfaat daun balakacida adalah mencegah kanker serviks yang kerap menyerang kaum hawa. Ini adalah penyakit ganas yang menakutkan. Untuk mencegah penyakit ini dan mengobati kanker serviks, seseorang harus racun mengkonsumsi ekstrak atau jus dari daun balakacida.

Konsumsilah ekstrak daun balakacida secara teratur untuk mengobati serviks secara perlahan.

4. Mengobati vertigo

Vertigo adalah penyakit yang di tandai dengan pusing kepala berat dan ringan. Penyakit vertigo harus segera di tangani agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.

Obat alami untuk penyakit vertigo adalah daun balakacida. Dengan mengkonsumsi rutin perasan daun balakacida, maka penyakit sakit kepala, vertigo, migrain akan segera sembuh.

5. Menjaga kesehatan alat reproduksi

Salah satu manfaat daun balakacida adalah menjaga kesehatan alat reproduksi. Ini adalah penting untuk di perhatikan, dimana alat reproduksi adalah organ penting bagi setiap manusia. Jika ini rusak dan tidak sehat, maka seseorang bisa mandul dan tidak memiliki keturunan.

Anda bisa minum air rebusan balakacida untuk menjaga kesehatan reproduksi anda.

6. Manfaat daun balakacida untuk luka

Ini sudah lumrah di lakukan di kampung, dimana daun balakacida di handurkan hingga mengeluarkan sarinya. Kemudian di peras air daun balakacida pada luka. Memang anda akan merasakan pedih, namun menggunakan daun balakacida luka anda segera sembuh.

Daun balakacida mengandung anti bakteri yang bisa memudahkan proses penyembuhan luka.

7. Manfaat daun balakacida untuk asam lambung

Apakah anda mengalami asam lambung? Jangan daun balakacida, ini adalah herbal alami yang sudah terbukti bisa atasi masalah lambung termasuk asam lambung.

Asam lambung adalah cairan yang di hasilkan dalam lambung untuk menghancurkan makanan. Namun jika kadarnya berlebihan, maka katup antara lambung dan kerongkongan akan berkurang fungsinya sehingga bisa menyebabkan asam lambung merembes ke kerongkongan dan ini akan sangat tidak enak.

Manfaat daun balakacida tidak hanya menyembuhkan asam lambung tetapi juga bisa menyembuhkan maag.

8. Melancarkan peredaran darah

Salah satu manfaat daun balakacida adalah melancarkan peredaran darah. Lancarnya peredaran akan sangat bagus untuk kesehatan. Salah satunya adalah menghilangkan kolesterol, dan darah tinggi.,

Dalam daun balakacida atau ekstrak daun balakacida ada kandungan zat yang bisa melebarkan pembuluh darah. Maka mengkonsumsi daun balakacida bisa melancarkan aliran darah.

9. Manfaat daun balakacida untuk jerawat

Daun balakacida mengandung anti biotik dan anti bakteri yang manfaatnya sangat banyak, tidak hanya menyembuhkan luka namun juga bisa dengan segera menyembuhkan jerawat.

Bagaimana menggunakan daun balakacida untuk menyembuhkan jerawat? Anda bisa menggunakannya dengan cara menumbuk kasar hingga keluar perasan daunnya. Air dari perasan daun balakacida di gunakan pada wajah yang berjerawat.

Anda juga menyukai:

Itulah beberapa manfaat balakacida untuk kesehatan. Jangan anggap remeh dengan daun ini, sekalipun dianggap sebagai hama dan gulma, namun manfaat kesehatan sangat besar bisa anda dapatkan. Coba gunakan daun ini mulai sekarang untuk keperluan kesehatan anda dan lihat manfaatnya.

Sumber:
https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-daun-balakacida
https://bungabunga.co.id/daun-balakacida/

Previous article6 Manfaat Bunga Bangkai yang Langka Itu
Next articleCara Menanam Bawang Bombay, Syarat Tumbuh Bawang Bombay