Home Health 16 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Kaya Antioksidan, Bagus untuk Kulit

16 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Kaya Antioksidan, Bagus untuk Kulit

18
Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Manfaat daun kelor sangat besar bagi kesehatan. Kelor atau daun yang di sebut dengan Moringa oleifera adalah tanaman herbal yang banyak juga di konsumsi sebagai sayuran. Daun yang kaya antioksidan ini bermanfaat untuk berbagai macam penyakit, maka tak heran jika daun kelor saat ini sedang booming, bahkan banyak kapsul daun kelor yang di jual.

Diantara manfaat daun kelor adalah bagus untuk mencegah penuaan dini, mencerahkan wajah, baik untuk kesehatan dan masih banyak lagi. Kita akan jelaskan tentang apa saja manfaat daun kelor dibawah ini.

The elsholat.com Contents

Mengenal Pohon Kelor

Pohon Kelor adalah berasal dari India Utara, namun pohon dengan nama Moringa oleifera ini banyak di tumbuh di Asia, Amerika Selatan dan Afrika. Daun kelor mengandung banyak nutrisi sehingga keberadannya sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Daun herbal kelor mengandung protein, vitamin dan mineral.

Kalau memang manfaat kesehatannya sangat banyak, apa saja itu, dan apakah daun kelor bisa mengobati kanker? Nah, jika sudah berbicara tentang kanker, sepertinya pembahasan tentang manfaat daun kelor ini semakin menarik untuk di kupas. Mari kita lihat apa saja manfaatnya, namun sebelum kita beranjak lebih jauh mtentang manfaat daun Moringa oleifera, kita lebih baik melihat dulu apa saja nutrisi yang ada didalamnya.

Nutrisi Daun kelor

Kekayaan dari daun kelor adalah karena kandungan aneka nutrisinya, untuk itu penting bagi kita mengetahuai apa saja kandungan nutrisi dalam daun serbaguna ini.

Sebagaimana yang di lansir dari Food Data Center USDA, dalam satu porsi atau 100 gram daun kelor mengandung nutrisi sebagai berikut:

  • Protein 9,4 g
  • Kalsium: 185 mg
  • Karbohidrat 8,28 g
  • Zat besi: 4 mg
  • Magnesium 42 mg
  • Serat: 2 g
  • Fosfor: 112 mg
  • Zink: 0,6 mg
  • Potasium: 337 mg
  • Selenium: 0,9 mcg
  • Sodium: 9 mg
  • Mangan: 1,06 mg
  • Vitamin B3: 2,22 mg
  • Vitamin C: 51,7 mg
  • Vitamin B2: 0,66 mg
  • Vitamin B5: 0,125 mg
  • Folat: 40 mcg
  • Vitamin B6: 1,2 mg
  • Vitamin B1: 0,257 mg
  • Vitamin A: 7560 IU

Selain kaya nutrisi seperti di atas, daun kelor juga sangat rendah lemak dan bebas dari kolesterol berbahaya. Maka, jika anda mengkonsumsinya dalam takaran atau porsi yang medium, maka yang anda dapatkan adalah manfaat semua tanpa efek samping.

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Langsung saja kita jelaskan beberapa manfaat daun kelor atau moringa untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

1. Kaya antioksidan

Daun kelor kaya antioksidan yang bermanfaat dalam menangkal radikal bebas. Radikal bebas adalah racun dari polusi dan menyebabkan kerusakan sel tubuh yang bisa memicu berbagai penyakit seperti kanker, dan aneka penyakti peradangan lainnya seperti jantung dan diabetes.

Antioksidan bertugas dalam melawan radikal bebas ini sehingga ia bisa mencegah berbagai potensi penyakit kronis. Ketika radikal bebas terlalu banyak dalam tubhu maka terjadi oksidasi stres yang menyebabkan berbagai macam peradangan tadi.

Namun demikian, dengan mengkonsumsi makanan dan sayuran yang kaya antioksidan, kita bisa meminimalisir kerusakan oksidasi dalam tubuh yang pada gilirannya bisa mencegah penyakit akibat radikal bebas.

2. Menurunkan kadar gula darah

Gula darah yang tinggi bisa menyebabkan masalah besar bagi tubuh seperti diabetes. Ketika gula tidak dicerna denga baik, maka ia akan keluar sebagai butiran gula dalam darah dan ini menyebabkan darah tidak berfungsi secara normal. Efek dari gula rah tinggi adalah lemas, loyo, sering kencing, sering ngantuk, dan lain sebagainya.

Sebenarnya, jika kondisi tubuh seseorang masih sehat, ia bisa mencerfna gula dan mengubahnya menjadi energi. Tetapi manakala tubuh kita sudah rusak seperti rusaknya pangkreas, maka gula yang masuk lewat makanan dan minuman akan bertebaran dalam darah. Ketika pangkreas rusak, ia tidak bisa lagi menghasilkan insulin dengan porsi pas (insulin bertugas mengubah gula menjadi energi), maka gula akan berlebihan dalam tubuh dan ini membahayakan tubuh.

Dengan mengkonsumsi daun kelor, maka kadar gula bisa di minimalisirkan sehingga bagi orang sehat ini akan menjadi pencegah diabetes. Sementara bagi orang yang sudah mengalami diabetes, makan daun kelor bisa mengontrol gula darahnya.

3. Mengurangi tingkat peradangan

Peradangan tubuh adalah respon alami tubuh terhadap adanya benda asing yang merusak tubuh seperti infeksi virus, bakteri, jamur dan infeksi akibat cedera.

Peradangan tubuh berbahaya jika terjadi dalam waktu yang lama. Peradangan yang terjadi secara kontinue bisa menyebabkan penyakit berbahaya seperti kanker dan jantung. Maka, dengan makan daun kelor secara rutin, kita bisa mencegah masalah peradangan ini atau bisa segera menurunkan tingkat keparahan dari peradangan tersebut.

Berbagai jenis sayruan dan buah yang kita makan juga mengandung anti peradangan namun kadarnya berbeda-beda. Jadi kemampuannya dalam mencegah dan mengobati peradangan juga tergantung pada berapa bayak kdar anti peradangan yang kita makan.

Bagaimana dengan daun kelor, berdasarkan penelitian dari Plant Food for Human Nutrition bahwa daun kelor mengandung zat yang disebut dengan isothiocyanate. Manfaat dari senyawa anti peradangan ini adalah mencegah beberapa penyakit kronis akibat peradangan.

4. Menurunkan kolesterol

Selanjutnya, manfaat daun kelor bagi kesehatan adalah bertindak sebagai herbal dalam mencegah kolesterol jahat. Kolesterol jahat yang tak terkontrol dalam tubuh bisa menimbulkan malapetaka yang berupa penyakit jantung.

Tetapi kita beruntung karena banyak makanan dari tumbuh-tumbuhan atau sumber nabati yang berguna untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Diantara tanaman yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol adalah daun pandan, gandum, almond, dan daun kelor atau Moringa.

5. Daun Kelor menyehatkan rambut

Daun kelor juga bermanfaat untuk kecantikan rambut, kayanya kandungan antioksidan dan nutrisi lainnya membuat daun ini berguna dalam menyehatkan rambut anda.

Di sebutkan oleh orami.co.id bahwa pasta dari daun kelor jika di oleskan ke kepala dan rambut, ia bermanfaat untuk menghilangkan ketombe dan menyehatkan kulit kepala.

Nutrisi daun kelor juga baik untuk menguatkan folikel rambut, dan mencegah kerontokannya.

6. Mencegah kanker

Ternyata benar seperti yagn di katakan kebanyakan orang, bahwa daun kelori mengandung anti kanker yaitu antioksidan tadi. Antioksidan mencegah tubuh atau sel tubuh teroksidasi sehingga sel tidka normal tidak akan muncul dari tubuh.

Jadi, sesuai dengan tes laboratorium, daun kelor memang kaya nati kanker. Ekstrak daun kelor melambatkan pertumbuhan sel kanker pangkreas dan sel kanker lainnya.

Daun kelor dengan kandungan vitamin C dan vitamin A juga berfungsi dalam menguatkan antioksidan, ia juga mengandung asam amino yang berfungsi sebagai bahan untuk menguatkan kekebalan tubuh.

7. Bagus untuk kesehatan mata

Kandungan vitamin A dalam daun kelor juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mata, dan ternyata daun kelor lebih bagus untuk mata ketimbang wortel yang umumnya orang kenal.

Manfaat daun kelor untuk mata ternyata mencegah kerusakan mata dan mengobatinya akibat dari adanya 18 asam amino esensial dalam daun kelor yang di kenal sebagai unsur penyusun protein.

Antioksidan yang ada bertindak dalam mencegah kerusakan dan menghentikan pelebaran pembuluh retina, menghambat disfungsi retina, mencegah kanker, dan mencegah penebalan kapiler.

8. Manfaat daun kelor untuk pencernaan

Daun kelor juga bagus untuk kesehatan pecernaan dengan kandungan serat yang tinggi ia dengan leluasa menggerakkan limbah yang mengeras didalam usus.

Daun kelor juga membantu tubuh mengolah makanan yang di makan menjadi sumber tenaga bukan menyimpannya sebagai lemak. Jika anda ingin memperoleh manfaat maksimal dari daun kelor, maka rebuslah daun kelokr secara teratur tanpa menambahkan bumbu apapun.

9. Melancarkan Air Susu Ibu (ASI)

Salah satu manfaat istimewa dari daun kelor adalah melancarkan ASI, daun ini di kenal sebagai ASI Booster sehingga mengkonsumsinya bagi ibu menyusui sangat membantu dalam menambah ASI.

Lihat juga: 8 Manfaat Buah Pisang yang Jarang di Ketahui

Kandungan asam amino juga membantu dalam memperbanyak ASI, jadi beberapa nutrisi dalam daun kelor memang bertindak dan berfungsi untuk melancarkan Air Susu Ibu.

10. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Daun kelor mengandung antioksidan dan kalium yang bisa mentralkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi jika berlangsung dalam waktu lama akan bermasalah bagi kesehatan yaitu terjadinya hipertensi.

Jadi, mengkonsumsi daun kelor bagus untuk menjaga tensi darah tetap stabil.

11. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat lain dari daun kelor adalah menambah stamina dan meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan beragam nutrisi dalam daun kelor sangat berguna dalam meningkatikan ketahanan tubuh terhadap penyakit.

Untuk memperoleh manfaat besar ini, rajinlah mengkonsumsi daun kelor secara rutin.

12. Mengatasi asam lambung

Makan daun kleor juag bermanfaat sebagai herbal untuk meredakan asam lambung. Daun kelor mengandung zat yang di sebut tanin dan flavonoid yang berguna untuk mencegah peradangan sehingga mengelola dan menyembuhkan maag, asam lambung, muntah dan mual.

Lihat juga: 7 Manfaat Daun Saga: Tanaman Herbal untuk Banyak Penyakit

Daun kelor mampu mengatasi masalah asam lambung sehingga sehingga ia bagus untuk dikonsumsi manakala anda merasakan kembung, nyeri seperti terbakar di dada dan lain-lain.

13. Obat cacing

Manfaat daun kelor untuk kesehatan juga di percaya sebagai obat cacingan. Untuk mengobati cacingan, rebuslah tiga tangkai daun kelor, daun meniran, dan daun cabai.

Rebusan tiga jenis daun tersebut kemudian di minumkan pada anak yang mengalami cacingan, obat ini akan membunuh cacing kremi, dan cacing pita.

14. Sumber vitamin C

Vitamin C sangat berguna untuk kesehatan, ia tidak hanya sebagai antioksidan namun juga memiliki manfaat penting dalam mencegah berbagai penyakit kronis.

Sebuah study di publikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa jika kadar vitamin C tinggi dalam darah, maka ini bisa menurunkan risiko terhadap stroke dan serangan jantung.

15. Mencegah penyakit ginjal

Dauk kelon juga bermanfaat untuk mencegah penyakit akibat peradangan seperti ginjal. Daun ini mengandung sifat anti racun yang tinggi, seingga jika di konsumsi secara teratur bisa mencegah seseorang dari serangan ginjal.

16. Meremajakan kulit

Satu lagi manfaat daun kelor untuk kesehatan dan kecantikan. Daun ini ternyata bagus dalam menurunkan efek buruk pada kulit, ia bisa meremajakan sel kulit sehingga kulit nampak kembali remaja dan sehat.

Mengkonsumsi daun kelor setiap hari bisa memberikan manfaat kecantikan kulit ini. Kandungan vitamin C, antioksidan dan aneka nutrisi lainnya membuat kulit kencang, sehat dan bersinar.

Efek Samping Daun Kelor

Di balik banyaknya manfaat daun kelor untuk kesehatan, ternyata daun moringa ini juga ada efek sampingnya. Di sebutkan orami, bahwa salah satu efek samping daun kelor adalah mengurangi kesuburan.

Jadi, bila anda sedang merencanakan kesuburan, sebaiknya anda tidak mengkonsumsi daun kelor. Tetapi jika hanya mengkonsumsi sedikit saja, sepertinya ini tidak ada efek apapun.

Previous articleMitos Pohon Beringin, Benarkah Tempat Hunian Makhluk Halus, Cek Faktanya!
Next articleDaun Bungkus Papua, Apakah Efektif Memperbesar Alat Vital [Cek Fakta]