Home Health 7 Manfaat Daun Saga: Tanaman Herbal untuk Banyak Penyakit

7 Manfaat Daun Saga: Tanaman Herbal untuk Banyak Penyakit

50
Manfaat Daun Saga

Manfaat daun saga mampu obati banyak penyakit. Saga adalah tanaman sejenis polongan yang memiliki daun kecil seperti daun asam jawa. Rasa daunnya tanaman dengan nama latin Abrus precatorius L ini adalah agak manis. Tanaman saga banyak tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Bagi kalian yang hidup di pedesaan, tanaman ini sangat mudah di temukan. Kadang tumbuh secara liar di antara pagar, di kebun, di pinggir sungai, rawsa dan sebagainya.

Tanaman saga termasuk dalam jenis tanaman berbunga dan berbuah atau di sebut dengan nama plantae. Kenapa manfaat daun saga sangat dahsyat untuk penyakit, ini di sebabkan daun ini kaya kandungan antioksidan seperti flavonoid (antioksidan), triterpene glycosides, abrin, dan alkaloids. Daun tanaman ini juga mengandung anti bakteri, dan ia bisa mengontrol gula darah dan meningkatkan imunitas tubuh.

Diantara penyakit yang populer disembuhkan dengan daun saga adalah batuk. Daun saga adalah obat mujarab didunia tradisional untuk mengobati masalah suara. Bahkan salah satu manfaat daun saga adalah membuat suara merdu, banyak para qari dan qariah yang menggunakan daun saga sebagai herbal untuk memperbaiki suaranya.

Untuk mengkonsumsi daun saga, biasanya di rebus atau di blender dan di saring untuk di minum airnya. Berikut kita lihat apa saja manfaat daun saga untuk kesehatan.

Manfaat Daun Saga bagi Kesehatan

1. Sebagai obat batuk

Salah satu manfaat daun saga adalah mengobati batuk. Daun saga ternyata mengandung sigat antitusif yang bekerja pada batang otak dalam menghilangkan reflek batuk.

Cara menggunakan daun saga untuk mengobati batuk adalah dengan meminum air rebusan daun saga. Air ini terasa agak manis dan bisa membersihkan rongga atau kerongkongan termasuk menghilangkan berbagai bentuk dahak yang melekat pada kerongkongan.

2. Sebagai obat sariawan

Manfaat daun saga yang populer adalah sebagai herbal untuk mengobati sariawan. Sariawan adalah kondisi mulut yang kering, luka tau bagian lidah yang terluka akibat berbagai hal termasuk karena salah menggosok gigi. Luka pada skeitaran bibir, mulut dan lidah sangat menjengkelkan, tidak hanya menyulitkan anda dalam makan, namun juga berbicara.

Jika anda mengalami masalah sariawan, sebelum anda membeli lasegar, coba konsumsi herbal daun saga. cara mengkonsumsi daun saga untuk obat sariawan adalah dengan mengeringkan daun saga dan kemudian mengunyahnya sedikti demi sedikit. namun jangan menelan kunyahan anda, cukup anda menelan air atau ekstrak daun saja.

Selain mengnyah daun saga kering, anda juga bisa mengambil sekitar 10 gram daun saga, dan rebus dengan air sekitar 1/2 liter. Rebus sampai mendidih dan kemudian saat hangat anda bisa menggunakannya sebagai air untuk berkumur. Namun kalau anda ingin membersihkan kerongkongan juga, anda bisa meminum airnya.

3. Obat panas dalam

Manfaat daun saga selanjutnya adalah sebagai obat herbal untuk panas dalam. Panas dalam bukanlah penyakit serius namun sudah cukup membuat aktivitas sehari-hari terganggu.

Jika anda panas dalam, anda bisa mencoba herbal daun saga. Untuk mengobati panas dalam anda harus meminum air rebusan daun saga. Ambil sekitar 15 helai daun saga, rebusa dengan sua gelas air dan biarkan mendidih, tunggu hangat dan minum sebagai obat herbal untuk menyembuhkan panas dalam.

4. Obat alami untuk nafsu makan

Salah satu cara menambah nafsu makan adalah dengan meminum rebusan daun saga. Kandungan vitamin B dalam daun saga bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan.

Selain untuk orang dewasa, anda juga bisa memberikan rebusan daun saga untuk anak-anak yang malas makan. Ini penting agar anak tercukupi nutrisinya dan tidak mengganggu pertumbuhannya.

5. Sebagai obat sakit perut

Yang kelima, manfaat daun saga adalah sebagai obat alami untuk mengatasi sakit perut. Untuk mengobati sakit perut anda dengan mudahbisa mengolah daun saga dengan membuat jus atau mengunyah secara langsung. Ini adalah metode pengobatan sakit perut ala Afrika Timur.

Kandungan anti bakteri dan antioksidannya membuat daun saga bagus di jadikan sebagai obat alami untuk mengatasi masalah sakit perut. Diare adalah salah satu masalah yang berkaitan dengan perut, dan daun saga bisa mengatasi masalah diare. Untuk membuat ramuan dari daun saga, rebus daun dan akar tanaman saga dan begitu dingin atau hangat kuku, silahkan minum.

6. Melawan bakteri jahat

Manfaat daun saga untuk kesehatan juga berkaitan dengan bakteri jahat.

Daun ini dengan kandungan antioksidan dan anti bakterinya bisa memberikan perlawanan terhadap bakteri jahat yang masuk kedalam tubuh.

7. Mengobati gigitan ular

Ini adalah manfaat penting dari daun saga, dimana ia bisa di jadikan sebagai obat alami untuk mengatasi gigitan serangga dan ular berbisa.

Untuk menghentikan reaksi racun ular, daun saga dan akarnya di ekstrak dan di gunakan pada tempat gigitan. Ekstrak ini bagus dalam mengehentikan racun. Ini adalah sebagai pertolongan pertama dan kemudian anda bisa mengambil tindakan medis lebih lanjut terhadap pasein.

Oleh karena itu, kita sebaiknya sekali sekali meminum rebusan daun saga sebagai bentuk antisipasi terhadap berbagai benda asing atau bakteri yang masuk kedalam tubuh kita melalui makanan, minuman dan berbagai cara lainnya.

Anda juga menyukai:

Daun saga mnengandung antioksidan yang di sebut saponin, dan sekitar 1,19% kandungan ini dalam daun saga. Kandungan ini bisa di katakan sebagai zat anti bakteri yang bisa membersihkan tubuh dari serangan luar.

Efek samping daun saga

Apakah daun saga memiliki efek sampingnya? Daun saga mengandung abrin dan ini adalah bahankimia beracun yang berbahaya. Manakala seseorang mengkonsumsi daun saga secara berlebihan, di khawatirkan racun ini bereaksi dan bisa menyebabkan hal berbahaya.

Zat abrin hingga sekarang masih dianggap sebagai pembunuh virus namun jika berlebihan ia bisa menyebabkan hal fatal. Untuk itulah pengguna daun saga harus berhati-hati saat mengkonsumsi.

Ok, beberapa efek samping daun saga yang bisa terjadi adalah:

  1. Menyebabkan mual, muntah
  2. menjadi sebab diare
  3. Menimbulkan masalah kulit
  4. Iritasi
  5. Detak jantung meningkat
  6. Toksisitas hati atau ginjal

Gejala dari racun abrin biasanya bekerja dalam 3-4 hari. Biasanya seseorang yang mengalami gejala parah terkena racun abrin mengalami kematian. Jadi, efek yang di timbulkan oleh racun abrin tidak langsung ketika itu.

Peringatan Penggunaan Daun Saga

Daun saga mengandung zat abrin yang di kategorikan sebagai racun berbahaya, jika anda mengkonsumsi daun saga secara berlebihan, maka sangat mengkhawatirkan kesehatan anda. Selai itu, penggunaan daun saga di larang terhadap:

  • Ibu hamil dan menyusui
  • Penderita gangguan darah
  • Bayi dan anak-anak
  • Orang pasca operasi
  • Penderita diabetes

Sekalipun ini obat herbal namun anda harus meningkatkan kewaspadaan saat ingin mengkonsumsinya, jika ibu hamil dan menyusui, maka anda harus mematuhi aturan dan ini bukanlah obat aman untuk semuanya.

Ciri-Ciri Daun Saga

Apa ciri-ciri daun saga, bagi anda yang belum tahu bagaimana daun saga, maka sangat penting bagi anda untuk mengetahui bagaimana ciri daun saga sehingga anda bisa dengan mudah menemukannya saat mencari.

Beberapa ciri daun saga adalah sebagai berikut:

  • Daun saga majemuk,
  • Ukurannya kecil-kecil,
  • Berbentuk bulat telur,
  • Rasanya agak manis, dan
  • Memiliki sirip ganjil.

Ketika saya perhatikan, daunnya hampir mirip dengan daun asam jawa namun daun saga lebih lembut.

Previous articleZikir Hasbunallah Wanikmal Wakil: Arti dan Keutamaannya
Next articleIni 5 Pantangan Saraf Kejepit yang harus di Perhatikan