Home Health 7 Manfaat Kesehatan daun Ketapang, Salah Satunya Melawan Diabetes

7 Manfaat Kesehatan daun Ketapang, Salah Satunya Melawan Diabetes

72
manfaat daun ketapang

Manfaat daun ketapang untuk kesehatan sangat besar sekali. Namun, kini daun ketapang tidak hanya di manfaatkan dalam dunia kesehatan tradisional saja tetapi sudah banyak dimanfaatkan oleh peternak ikan cupang. Disebutkan kalau daun ketapang bisa mengubah atau menurunkan pH air sehingga tidak menumbuhkan bakteri dan jamur yang berbahaya bagi ikan cupang.

Namun siapa sangka kalau manfaat daun ketapang tidak hanya di rasakan oleh ikan cupang saja, daun ini juga memiliki banyak manfaat kesehatan untuk manusia. Nah, sebelum kita melihat apa saja manfaat daun ketapang untuk kesehatan, mari kita kenal terlebih dahulu apa itu daun ketapang.

Apa itu Daun ketapang

Daun ketapang sebagaimana yang kita ketahui di atas sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan, namun sebelum kita melangkah lebih jauh, apa sih daun ketapang itu?

Pohon ketapang adalah pohon yang bisa tumbuh hingga ketinggian 30 bahkan 35 meter. Pertama kalai pohon ketapang di temukan di Kamboja, Jepang, Laos, India, Malaysia, Vietnam, Australia dan Thailand. Daunnya besar-besar dengan kebar 24 cm, dn warnanya hijau tua. Namun ketika musim kemarau atau ketika musim rontok, daunnya menguning atau memerah dan jatuh. Pohon ketapang juga memiliki buah namun kecil-kecil hampir mirip dengan buah pinang namun bentuknya gaak pipih dan buah jarak. Dibagian buah ketapang ada serat seperti sabut dan di tengahnya didalam batoknya ada daging yang sangat enak di makan.

Pohon ketapang, Manfaat Kesehatan daun Ketapang

Daun ketapang mengandung flavonoid yang sangat tinggi sehingga manfaat kesehatan daun ketapang sangat besar untuk kesehatan bahkan bagus dalam mencegah kanker.

Pohon ketapang lurus dan setiap percabangannya membentuk seperti gundukan yang rimbun sehingga pohon ketapang bayak ditanam sebagai tempat untuk istirahat atau tempat bernaung. Kebanyakan orang, memotong bagian pucuk dari tanaman ini agar tidak tumbuh meninggi, namun cukup sekitar 10 meter atau 15 meter saja untuk memberikan naungan.

Itu sekilas tentang pohon ketapang, sekarang kita lihat apa saja manfaat daun ketapang untuk kesehatan!

Manfaat daun Ketapang untuk Kesehatan

Mengkonsumsi daun ketapang memiliki nilai obat dan di sebtukan dari beberapa sumber terpercaya bahwa mengkonsumsi daun ketapang bisa memperoleh banyak khasiat kesehatan, diantaranya:

1. Melawan kanker

Daun ketapang mengandung anti karsenogenik yang manfaatnya adalah sebagai obat untuk melawan kanker. Dilansir dari orami.co.id bahwa mengkonsumsi daun yang kaya antikarsenogenik seperti daun ketapang bagus untuk melawan kanker. Zat tersebut di katakan sebagai penting yang bisa melawan pembentuk sel kanker.

Mengkonsumsi saripati dari daun ketapang bermanfaat dalam menekan pertumbuhan kanker. Namun hal ini masih butuh penelitian lebih lanjut untuk diketahui dengan jelas.

Dalam sebuah penelitian terhadap tikus yang sudah di paparkan dengan sel tumor. Kemudian di berikan ekstrak daun ketapang selama 30 hari, apa yang terjadi? Diketahui tikus tersebut mengalami penurunan dari penyakit tumor hingga 2,6 kali lipat.

2. Manfaat daun ketapang untuk ibu hamil

Ibu hamil juga bisa mendapatkan manfaat dari daun ketapang. Mengkonsumsi daun ketapang di kabarkan bisa meningkatkan pertumbuhan janin dalam kandungan. Ini di sebabkan daun ketapang mengandung asam folat yang tinggi, dan janin sangat memerlukan asam folat.

Dilansir dari orami.co.id bahwa asam folat adalah bentuk sintesis dari vitamin B9 yang gunanya adalahuntuk replikasi DNA dan juga sebagai subtrat untuk berbagai reaksi enzim dalam tubuh untuk menghasilkan asam amino dan untuk memetabolisme vitamin.

Jadi, mengkonsumsi daun ketapang sangat penting untuk perkembangan bayi seperti mendukung pendengarannya, kesehatan organ-organ penting lainnya. Kandungan asam folat yang kaya juga bagus untuk kesehatan otak bayi dan mencegah bayi dari cacat lahir. Namun demikian, ibu hamil juga harus berhati-hati dalam mengkonsumsi herbal termasuk daun ketapang, untuk lebih aman, ibu hamil harus berkonsultasi dulu dengan dokter yang berkompeten.

Selain berkonsultasi dengan dokter, dalam mengkonsumsi herbal (apapun jenisnya) tidak boleh di konsumsi dalam jumlah berlebihan.

3. Manfaat daun ketapang untuk hepatitis

Hepatitis adalah penyakit yang di sebabkan oleh virus hepatitis, penderita penyakit ini bisanya akan mengalami beberapa gejala seperti lemas, bagian tubuhnya berwarna kuning seperti bola mata putihnya menguning, urin berwarna kuning, dan ketika capek akan mengeluarkan keringat bnerwarna kuning dan ini terlihat dari baju kaus putih yagn di pakainya.

Jadi, salah satu obat herbal unutk penyakit hepatitis adalah mengkonsumsi rebusan temu lawak, selain itu daun ketapang di katakan juga termasuk herbal untuk mengobati hepatitis. Dau ketapang yang di kenal dengan nama Cerminalia Catappa kaya dengan kandungan flavonoid terutama daunnya yang sudah gugur.

4. Melawan diabetes

Kemduian, manfaat kesehatan daun ketapang adalah melawan diabetes. Ini adalah penyakit berbahaya yang terjadi karena gaya hidup tidak sehat. Diabetes adalah penyakit yang terjadi karena kelebihan gula dalam darah yang tidak dapat di ubah menjadi energi karena ada masalah yang berkaitan dengan pangreas. Ketika pangkreas tidak bisa menghasilkan insulin dengan benar, maka gula dalam tubuh tidak akan bisa di gunakan sebagaimana keperluan misalnya unutk sumber tenaga. Akibat dari gula yang tidak bisa di convert menjadi energi ini maka gula tersebut akan bercampur dalam aliran darah. Diabetes di sebut juga dengan penyakit gula darah karena kelebihan kadar gula dalam darah.

Diantara gejalanya adalah meningkatnya frekuensi buang air kecil, sering lapar, lemas, sering merasa kantuk dna lain-lain. Jika anda mengalami penyakit diabetes anda bisa mengkonsumsi rebusan daun ketapang untuk mengatasi lonjakan gula darah. Selain daun ketapang, anda juga bisa mengkonsumsi rebusan daun sambung nyawa, dan daun insulin.

Sebuah penelitian yang di lakukan pada tikus, setelah di berikan ekstrak daun ketapang, tikus yang menderita dibetes kemudian mengalami penurunan hingga beberapa kali lipat setelah di berikan ekstrak daun tersebut.

5. Manfaat daun ketapang untuk sakit perut

Masyarakat Filipina sering menggunakan daun ketapang untuk mengobati sakit perut. Di sebutkan bahwa daun ketapang yang di jus atau di ambil saripatinya bisa membunuh bakteri jahat dalam usus sehingga bisa mengatasi sakit perut.

Namun demikian, anda tetap harus menjaga tidak mengkonsumsinya secara berlebihan karena herbal tidak ada takarannya sehingga kita yang mengkonsumsinya harus berhati-hati. Sebaiknya minum saja satu gelas dalam seminggu atau seminggu dua kali.

Namun demikian, demiki kenyamanan anda dalam kesehatan anda, kami mengharapkan anda untuk berkonsultasi demgan dokter ahli.

6. Mengobati sariawan

Sariawan adalah kondisi kesehatan yang di tandai dengan bibir pecah-pecah atau luka pada bagian gusi atau area dalam mulut. Kondisi ini sangat menjengkelkan, anda pasti sangat sulit untuk minum apalagi untuk makan. Maka, segera beri pengobatan untuk menyembuhkan sariawan.

Selain mengkonsumsi lasegar (sebagaimana yang sudah biasa di lakukan masyarakat), anda juga bisa mencoba bahan alami untuk mengobati sariawan. Ada herbal dari daun ketapang yang bisa di jadikan sebagai obat untuk menyembuhkan sariawan.

Sariawan pada bayi dan orang dewasa, sebagaimana di lansir dari National Health Service, disebutkan terjadi karena adanya infeksi dari jamur yang bernama canadida albicans. Jika kondisi seseorang baik, biasanya jamur tidak bisa menyebabkan masalah, namun saat kondisi seseorang sedang lemah imunitasnya, kadang jamur dengan mudah bisa menginfeksi.

Secara umum, sariawan yang terjadi seringkali berupa thrush seperti munculnya bercak putih pada area lidah, bibir, gusi, dan langit-langit dan tentu ini sangat sulit di bersihkan.

Salah satu obat alami untuk menyembuhkan sariawan adalah daun ketapang, daun ketapang kaya dengan anti-septik yang bagus untuk membunuh jamur penyebab sariawan.

7. Menyembuhkan nyeri haid

Ketika wanita menstruasi atau haid, sering kali terasa sakit pada bagian pinggang. Seperti di kutip dari Journal of exercise of rehabilitation, rasa sakit ini terjadi karena di sebabkan oleh prostaglandin. Ini terjadi saat rahim mengalami konstraksi kuat dan kemudian memutuskan pasokan oksigen ke otot di sekitarannya.

Penelitian mengatakan bahwa prostaglandin bisa menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan seperti mual, sakit kepala, dan diare dan termasuk sakit pada bagian rahim, dan perut.

Dalam beberapa kasus di laporkan bahwa rasa sakit saat haid kadang juga tidak hanya di bagian rahim saja, namun juga terasa sakit hingga payudara dan bahu.

Nah, bagi yang mengalami hal tersebut, merasa nyeri saat haid, anda bisa memanfaatkan daun ketapang. Manfaat daun ketapang untuk mengatasi nyeri haid sudah terbukti dan caranya adalah dengan mengkonsumsi air rebusan daun ketapang itu sendiri. Walaupun manfaat kesehatan daun ketapang sangat banyak hingga bisa meredakan nyeri haid, namun tetap jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter ahli tentang semua keputusan anda mengenai kesehatan anda.

Previous article10 Cara Menjaga Hafalan al-Quran dengan Mudah
Next articleIni Arti Mimpi Hamil Secara Umum dan Menurut Ajaran Islam