Home Manfaat Manfaat Nanas untuk Menurunkan Kolesterol Jahat

Manfaat Nanas untuk Menurunkan Kolesterol Jahat

Manfaat Nanas untuk Menurunkan Kolesterol Jahat

Manfaat nanas untuk kolesterol. Nanas adalah buah yang kaya nutrisi dan ini penting untuk kesejahteraan tubuh. Buah nanas memiliki karakteristik dengan bentuk buah bulat panjang dan kulitnya yang bersisik. Manakala sudah matang, buah nanas akan berub ah warna menjadi kuning, dan kulitnya berduri kecil dan keras membuat kita harus hati-hati memegangnya. Walaupun tak seperti duri durian, namun ini bisa menyebabkan gatal.

Buah nanas memiliki rasa manis asam dan sangat menyegarkan di nikmati di tengah terik mentari. Nanas, tidak hanya kaya antioksidan, vitamin dan air, namun juga menjadi sumber vitamin A dan vitamin C yang keduanya juga bertindak sebagai antioksidan dalam mencegah dan melawan radikal bebas.

Sebagai buah sehat untuk di konsumsi setiap hari, nanas pada dasarnya adalah buah yang kaya kandungan nutrisi penting bagi kesehatan. Diantara nutrisi yang ada adalah: kalium, fosfor, fosfor, thiamin, kalsium, sukrosa, mangan, dan juga enzim bromelain. Kandungan aneka mineral dan vitamin menjadikan nanas sebagai buah segar yang bagus untuk menurunkan kolesterol. Bagaimana nanas bisa menurunkan kolesterol di dalam tubuh, mari kita lihat lebih lanjut tentang manfaat nanas utuk kolesterol.

Manfaat Nanas untuk Menurunkan Kolesterol

Ada beberapa manfaat besar dari mengkonsumsi nanas. Sebagai buah kaya nutrisi ia juga di golongkan dalam daftar makanan yang bisa menurunkan kolesterol. Langsung saja, kita lihat apa saja manfaat nanas untuk menurunkan kolesterol.

1. Mengandung tinggi vitamin C dan mangan

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam nanas menjadikannya sebagai buah yang sangat bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat. Nanas tidak hanya mengandung vitamin C saja, tetapi juga mengandung mineral mangan yang bermanfaat dalam pemecahan protein dan asam amino.

Manfaat mangan diantaranya adalah menurunkan kadar gula darah, dan berbagai masalah yang berkaitan dengan kinerja metabolisme tubuh.

2. Kaya enzim

Nanas juga termasuk buah segar yang kaya dengan enzim. Nama enzim dalam nanas adalah bromelain yang manfaatnya adalah untuk mencegah peradangan dan mengobati peradangan itu sendiri. Anti peradangan ini bekerja seperti pada obat steroid yang anda minum. Bisa di katakan bahwa kegunaan enzim bromelain adalah untuk membersihkan racun dari dalam tubuh.

Jus nanas yang di minum setelah makan seafood atau di campurkan dalam seafood bermanfaat dalam memecah lemak sehingga tidak menyebabkan penumpukan kolesterol. Enzim bromelain dalam nanas berguna untuk mencegah kolesterol dan mencegah peradangan tubuh serta dapat menurunkan tekanan darah akibat dari kestabilan kolesterol.

Lihat juga: 6 Manfaat Bunga Bangkai yang Langka Itu

3. Kaya serat

Kenapa nanas bagus untuk menurunkan kolesterol? Manfaat nanas juga tidak terlepas dari kandungan seratnya yang tinggi. Manfaat daripada serat ini adalah sebagai bahan untuk mencegah kolesterol jahat serta tidak mempengaruhi terhadap keberadaan kolesterol baik atau HDL.

Manfaat serat juga penting dalam menurunkan berat badan karena serat juga merangsang rasa kenyang yang lebih lama. Serat juga bisa mengikat lemak dalam usus dan mengeluarkannya sebagai limbah.

4. Menghancurkan lemak dalam pembuluh darah

Manfaat nanas untuk menurunkan kolesterol juga tidak terlepas dari kandungan asam malat dan asam sitrat yang keduanya berguna dalam menghancurkan lemak yang ada dalam pembuluh darah sehingga tidak menyebabkan penumpukan kolesterol.

Nah, manfaat ini menunjukkan bahwa buah nanas sangat bagus sebagai buah kesehatan yang patut di konsumsi secara rutin. Anda bisa mengkonsumsi buah nanas secara langsung, membuat jus atau menambahkannya dalam saus.

5. Menurunkan kadar trigliserida

Trigliserida adalah sejenis lemak dalam aliran darah dan dalam jaringan, atau bisa di katakan ini adalah konversi dari sebagian besar lemak tubuh.

Nanas adalah buah dengan kandungan zat yang bisa menurunkan jumlah trigliserida dalam darah. Maka, mengkonsumsi buah nanas termasuk upaya dalam menjaga kesehatan tubuh. Kelebihan trigliserida sama seperti kelebihan kolesterol yang memberikan risiko terhadap penyakit jantung.

Maka, bagi anda yang ingin menjaga kesehatan jantung, tidak cukup hanya menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah saja, namun kadar trigliserida juga harus stabil.

Baca juga: Manfaat Fermentasi Kulit Nanas untuk Pertanian

6. Nanas bagus untuk menurunkan trigliserida

Kandungan kalium dari nanas bisa mengendalikan tekanan darah tinggi dan kelebihan lemak sehingga tidak menyebabkan lemak tersebut masuk dalam aliran darah. Jika lemak tersebut masuk ke darah maka akan terjadi tekanan darah tinggi akibat dari tidak lancarnya aliran darah yang di sebabkan oleh penumpukan lemak dalam pembuluh darah.

Nah, dengan mengetahui beberapa manfaat nanas untuk kolesterol, di harapkan kita bisa mencintai buah tropis nan segar ini. Mengkonsumsi nanas secara teratur bisa membantu menurunkan kolesterol dan menjaganya tetap stabil.