Home Info Mengenal Kitab Ta’lim al-Muta’allim: Kitab Adab Menuntut Ilmu

Mengenal Kitab Ta’lim al-Muta’allim: Kitab Adab Menuntut Ilmu

30
Kitab Ta'lim al-Muta'allim

Mengenail kitab Ta’lim al-Muta’allim – Ini adalah kitab yang mengajarkan kita tentang etika dan adab dalam mencari ilmu agama. Dalam dunia pesantren dan dalam Syariat Islam itu sendiri, Ilmu adalah sesuatu yang sangat tinggi serajatnya karena dengan ilmu seseorang mengeanl Tuhannya dan bisa mengerjakan Ibadah yang di perintahkan.

Namun, ternyata ada yang lebih penting dari ilmu, ini adalah adab atau etika.

Adab atau akhlak adalah sesuatu yang lebih tinggi bahkan jika di bandingkan dengan ilmu sekalipun. Maka, kita perlu mengenal adan dan mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari. Kitab Ta’lim al-Muta’allim adalah kitab yang mengajarkan tentang akhlak dan adab dalam menuntut ilmu. Juga menjelaskan tentang adab murid dengan guru, adab guru dengan murid dan sebagainya.

Mengenal Kitab Ta'lim al-Muta'allim

Mengenal Kitab Ta’lim al-Muta’allim

Maka, kitab Ta’lim al-Muta’allim adalah kitab penting di pesantren dan dayah-dayah tradisoinal Aceh. Dengan mempelajari kitab Ta’lim al-Muta’allim diharapkan santri mampu mempraktekkan adab dan sopan santun dalam kehidupan sehari-hari.

Pentingnya adab sudah jauh-jauh di jelaskan dalam hadits yang artinya: Adab di atas Ilmu. Ini menunjukkan bahwa seseorang yang tak beradab akan hina di pandangan Allah dan manusia sekalipun ia tinggi ilmunya. Demikian juga seseorang kaya adab dan akhlak, ia akan mulia pada pandangan Allah dan hamba-Nya sekalipun ia tidak tinggi ilmunya.

Kitab Ta’lim al-Muta’allim adalah kitab yang menjelaskan tentang semua adab-adab tersebut. Maka, untuk memasukkan adab dan akhlak dalam diri anak didik, kitab Ta’lim al-Muta’allim adalah kitab yang tepat untuk di ajarkan, tidak hanya ringkas namun juga mudah di pahami.

Selain kitab Ta’lim al-Muta’allim, ada beberapa akhlak lainnya yang di ajarkan di pesantren untuk menggembleng santri dengan adab terpuji. Diantara kita yang mengajarkan adab adalah l-Akhlâq lil Banîn karya Syekh Umar bin Ahmad Baraja, Bidâyatul Hidâyah karya Imam al-Ghazali, Adabul ‘Âlim wal Muta‘allim karya Hadratussyekh Muhammad Hasyim Asy’ari, dan yang sangat terkenal di setiap pesantren yaitu kitab Ta’lim al-Muta’allim Tharîq at-Ta’allum karya Imam al-Zarnûji.

Kitab Ta’lîm al-Muta’allim Tharîq at-Ta’allum adalah tutunan belajar adab dan akhlak terpuji di kalangan santri dan merupakan kitab yang sangat terkenal di kalangan pesantren di Indonesia.

Nama lengkap pengarang kita Ta’lim Mutga’allim adalah Burhânuddîn Ibrâhim al-Zarnûji al-Hanafi, dimana beliau di nisbatkan kepada Hanafi yang menunjukkan bahwa beliau adalah salah satu ulama di kalangan mazhab Hanafi.

Sementara kata al-Zarnûj adalah penamaan terhadap sebuah kota di dekat sungai Oxus, Turky.

Kapan Syeikh Burhanuddin Ibrahim al_zarnuji lahir? Tentang kelahiran beliau adalah perbedaan pendapat di kalangan ahli sejarah. Bahakn demikian juga dengan tahun wafatnya beliau. Namun sebagian ahli tarikh (sejarah) menyebutkan bawha Burhanuddin Ibrahim al-Zarnuji wafat pada tahun 591 H, namun ada juga yang menyebutkan wafat pada 640 H (Imam al-Zarnûji, Ta’lîm al-Muta’allim Tharîq at-Ta’allum, Beirut: al-Maktab al-Islami, cetakan pertama, 1981, halaman 18).

Pengarang kitab Ta’lim al-Muta’allim ini berguru kepada banyak para ulama besar di masanya. Diantara gurunya syeikh Burhanuddin Ibrahim al-Zarnuji adalah Ruknul Islam Muhammad bin Abi Bakr (573 H), Fakhruddin al-Kâsyâni, Hammad bin Ibrahim, Fakhruddin Qâdhi Khan al-Awz Jundi, dan Ruknuddin al-Farghâni.

Karena beliau bermazhab Hanafi, maka di temukan kalam mutiara dan kalam hikmah dalam kitab Ta’lim Muta’allim yang bersumber dari kalam mazhab Hanafi.

Syeikh zarnuji dalam kitanya Ta’lim Muta’allim menyebutkan sara belajar hingga 13 fasal atau perincian.

Diantara kalam Hikmah al-Zarnuji dalam kitab Ta’lim Muta’allim adalah sebuah syair tentang cara menuntut ilmu pengetahuan agama. Berikut bunyi syairnya!

تعلم فإن العلم زين لأهله # وفضل وعنوان لكل المحامد وكن مستفيدا كل يوم زيادة # من العلم واسبح في بحور الفوئد

Artinya: Belajarlah, karena ilmu adalah perhiasan bagi pemiliknya, juga keutamaan dan tanda bagi setiap sesuatu yang terpuji. Jadilah dirimu dapat mengambil faedah dari ilmu setiap harinya, dan berenanglah engkau dalam lautan kemanfatan. Sumber!

Lihat juga:

Previous articleKitab Aqidatul Awam: Syair Ringkas Ilmu Tauhid
Next article10 Hadits Tentang Pendidikan