Cara merebus telur

Cara Merebus Telur Sesuai Hukum Islam dan Manfaat Telur Rebus

Posted on

Merebus telur adalah hal yang biasa saja dan dipastikan hampir semua orang tahu bagaimana merebus telur hingga matang. Namun, hanya sedikit yang paham tentang cara merebus telur yang benar sesuai dengan syara’ atau agama. Ini adalah hal yang sepele namun sangat penting di ketahui agar apa yang kita makan tidak najis.

Cara Merebus Telur Sesuai Syari’at

Tata cara merebus telur adalah dengan mencuci telur terlebih dahulu pada air yang mengalir seperti pada kran. Telur ayam atau telur bebek yang belum di cuci tentu kotor dan bernajis, untuk itu perlu bagi kita untuk mencucinya hingga suci baru kemudian simasukkan kedalam kuali atau periuk untuk di rebus. Cara mencuci telur yang bernajis adalah dengan mencucinya hingga bersih pada air mengalir atau dengan mengaliri air di atas telur tersebut.

Jika anda mencuci telur dengan memasukkan telur kedalam bejana dan membersihkannya didalamnya, ini belum suci melain bernajis, telur yang kulitnya bernajis jika dimasukkan kedalam bejana yang berisi air maka air tersebut akan bernajis semuanya. Jadi, jika anda mencuci telur dengan memasukkan telur kedalam bejana atau wadah, maka pada kali terakhir harus mencucinya dengan mengaliri air di atas telur seperti mencucinya dengan menggunakan kran atau mengaliri aior ke atas telur tersebut.

Baca juga: Puasa Senin Kamis

Jika telur sudah di cuci dengan bersih dan suci, sekarang anda bisa merebus telur tersebut dengan memasukkan sedikit air suci kedalam periuk. Kenapa harus mencuci kulit telur hingga bersih dan suci, karena ketika merebusnya, sebahagian telur akan retak kulitnya dan pecah, tentu telur bagian dalam (putih telur) terkena dengan air rebusan. Jika telur tidak di cuci dengan bersih dan suci maka tentu akan bernajis semuanya.

Itulah cara merebus telur yang benar sesuai dengan hukum agama. Hal-hal kecil seperti ini sangat penting di perhatikan karena ini menyangkut dengan makanan kita sehingga kita tidak mengkonsumsi yang haram.

Durasi Memasak Telur Agar Matang Sempurna

Untuk mendapatkan telur rebus yang matang sempurna, anda harus belajar. Kelihatannya memang simple namun banyak mereka yang merebus telur dan hasilnya malah setengah matang. Berikut beberapa tips merebus telur untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

  • Masukkan air kedalam panci (periuk)
  • Masukkan telur yang sudah di cuci bersih dan suci seperti di atas,
  • Nyalakan kompor dan tutup panci,
  • Begitu air mendidih, matikan kompor dan angkat pancinya, Jangan biarkan panci terlalu lama diatas kompor karena bisa menyebabkan telur terlalu matang.
  • Diamkan telur dalam air panas, berapa lama durasinya? Ini tergantung apakah anda ingin telur matang atau setengah matang. Lihat berikut waktu yang perlu anda tunggu setelah mengangkat panci dari kompor.

Jika anda ingin telur setengah matang yang masih berair, tunggu: 3 menit.
Untuk telur setengah matang yang masih sedikit berair, tunggu: 4 menit
Jika anda ingin telur setengah matang yang bagian kuningnya masih lembek, tunggu: 6 menit
Untuk kuning telur yang lembut dan masih kreamy, tunggu: 10 menit
Jika ingin mendapatkan kuing matang sempurna, tunggu: 15 menit

  • Jika sudah menunggu sesuai dengan waktu yang anda inginkan, angkat telur dengan sendok dam tekan sedikit untuk memecahkan cangkangnya,
  • Letakkan dalam mangkok berisi air es, dan diamkan selama 1 menit, kupas dan siap diamkan.

Itulah cara merebus telur sesuai dengan hukum agama dan sesuai dengan tingkat kematangannya. Selamat menikmati telur rebus anda.

Manfaat Telur Rebus untuk Kesehatan

1. Baik untuk mata

Telur rebus mengandung vitamin A yang memainkan peranan dalam menjaga kesehatan mata dari rabun baik rabun jauh atau dekat. jadi, tidak hanya wortel saja yang baik untuk mata namun juga telur.

2. Manfaat telur rebus untuk otak

Dalam telur rebus ada zat yang disebut cholin yang berfungsi sebagai otak. Otak mengalami degradasi seiring dengan bertambah usia, untuk itu mengkonsumsi telur rebus secara teratur baik untuk menjaga kesehatan otak tersebut.

3. Baik untuk kuku

Manfaat telur rebus juga baik untuk kuku karena mengandung antioksidan. Antioksidan berguna untuk menjaga kuku tetap sehat bersinar dan cantik.

4. Mencegah anemia

Anemia adalah penyakit atau keadaan kesehatan yang terjadi akibat dari kurangnya sel darah merah atau kurangnya oksigen dalam darah. Orang yang mengalami anemia biasanya di tandai dengan wajah pucat dan cepat lelah. Salah satu cara mencegah anemia adalah dengan mengkonsumsi makanan kaya zat besi, telur rebus adalah makanan sehat yang mengandung zat besi. Maka, tidak salah jika anda memasukkan telur rebus sebagai makanan dalam daftar menu harian anda.

5. Menstabilkan hormon

Manfaat telur rebus selanjutnya adalah menstabilkan hormon. Kita tahu bahwa telur mengandung lipoprotein densitas tinggi (HDL) dan ini sangat penting untuk kesehatan otak dan tubuh. Fungsi HDL adalah memberikan suplay kepada setiap sel dalam tubuh dan membantu produksi hormon testosteron, kortisol dan estrogen.