Home Info Multimedia Adalah: Pengertian Menurut Para Ahli, Manfaat, Jenis dan Komponen

Multimedia Adalah: Pengertian Menurut Para Ahli, Manfaat, Jenis dan Komponen

67
Multimedia Adalah: Pengertian Menurut Para Ahli, Manfaat, Jenis dan Komponen

Apa pengertian Multimedia, apa manfaat dan jenis-jenisnya. Semua yang berkaitan dengan multimedia akan kita bahas disini dan pastikan anda membacanya secara menyeluruh artikel ini.

Pernahkah anda membayangkan sejak kapan sudah terjadi proses digitalisasi serta perkembangan perangkat media seperti yang kita gunakan hari ini. Atau kamu penasaran juga dengan apa itu multimedia, manfaat dan apa jenisnya. Kata-kata Multimedia sering kali kita dengar dalam setiap pembahasan tentang Teknologi. Ok kalau anda belum tahu apaitu multimedia, jenis-jenis dan manfaatnya, maka simaklah ulasan kami di artikel ini hingga selesai.

The elsholat.com Contents

Definisi Multimedia Adalah

Definisi Multimedia Adalah

Berdasarkan Merriam-webster, multimedia di artikan dengan penggunaan beberapa media atau pelibatan beberapa media dalam suatu hal. Ini juga di sebut dengan metode penggabungan suara/audio, video dan teks yang tujuannya untuk bisa mengekspresikan ide, atau berkomunikasi dengan fasilitas teknis.

Kalau anda merujuk kepada Kamus Besar Bahasa Indoensia, multimedia adalah penyediaan informasi pada media komputer yang melibatkan suara, grafik, animasi, dan teks. Pengertian yang senada juga di sampaikan oleh Cambridge Dictionary yang menyebutkan bahwa multimedia adalah penggunaan kombinasi gambar bergerak, kata-kata, suara, dan musik terutama dalam komputer dan hiburan.

Itu beberapa pengertian multimedia berdasarkan beberapa kamus penting. Sekarang kita lihat bagaimana pengertian dan definis multimedia menurut para ahli.

Pengertian Multimedia Menurut Para Ahli

1. Dave Marshall

Dave Marshall dari Cardiff School of Computer Science & Informatics menyebutkan bahwa Multimedia adalah informasi komputer yang di representasikan via audio, video, dan animasi selain media tradisional seperti gambar, teks, dan grafik. Jadi, multimedia ini adalah sesuatu yang ada hubungannya dengan integrasi gambar, audia, teks, gambar bergerak dan diam, animasi, dan di kendalikan oleh komputer lewat proses di gital.

2. Manish Joon

Sementara pengertian multimedia menurut Manish Joon sebagaimana di sebutkan dalam risalahnya adalah multi media terdiri dari dua kata yaitu “multi” dan “media”. Multi adalah mengacu kepada lebih dari satu atau mengacu kepada kuantitas yang lebih dari satu, sementara Media adalah bentuk jamak dari medium, penyimpanan, transmisi, representasi, komunikasi, interaksi, dan persepsi. Maka kita bisa mengetahui bahwa multimedia adalah sebagai integrasi dari banyak media dari teks, grafik, gambar, video, animasi, audio dalam satu media dalam unit informasi yang sama.

3. Lagasse

Lagasse dalam The Columbia Encyclopedia menyebutkan bahwa pengertian Multimedia adalah hal yang menyangkut dengan komputasi pribadi, perangkat lunak dan aplikasi yang menggabungkan teks, suara, grafik, dalam dua atau tiga dimensi gambar serta video bergerak.

4. Vaughan (2008)

Dalam Multimedia, ia menyebutkan Making it Work, dimana ia mengartikan multimedia sebagai kombinasi animasi, teks, suara, dan video apapun yang di sampaikan oleh komputer atau sarana elektronik atau oleh manipulasi digital lainnya.

5. H. Newton (1998)

Ia menyebutkan dalam Newton’s Telecom Dictionary, multimedia adalah kombinasi berbagai media dalam komunikasi dan informasi antara dua pengguna dengan komputer mereka. Multimedia berformat informasi untuk hal-hal yang mencakupi pemrosesan suara, komunikasi suara, dan pemrosesan gambar.

Itulah beberapa pengertian dari multimedia menurut para ahli, dari semua pengertian tersebut semuanya memiliki inti dan tujaun yang sama untuk memaknai multimedia. Mungkin kita bisa menyimpulkan atau menurut analisan penulis pengertian multimedia adalah penggunaan beberapa media untuk menyampaikan pesan tertentu. Beberapa media tersebut adalah suara, teks, gambar, grafik, animasi dan video.

Sejarah Singkat Multimedia

Multimedia tidak bisa di lepas dari penemuan banyak komponen dan perangkat elektronik di masa lalu, demikian di katakan Manish Joon dan ia mengutip dari catatan G. R. Taylor (1982) lewat bukunya “The Inventions That Changed The World”. Nah, kalau kita ingin jjur menarik kebelakang maka multimedia ini berawal dari penemuan meisn cetak oleh Gutenberg pada tahun 1450.

Penemuan ini kemudian memunculkan berbagai penemuan lainnya yang menunjukkan perkembangan media sata itu. Kemudian di temukan media cetak gambar dan teks. Setelah itu, G. Marconi menemukan radio bertransmisi pada tahun 1885. Ini juga menunjukkan ada perkembangan yang luar biasa dari media dan sudah mengarah kepada multimedia. Radio bertransmisi itu kemudian menjadi wahana komunikasi yang menyebrangi samudra Atlantik di tahun 1901. Pada masa ini sudah mulai adanya perkembangan media audia secara luas.

Baca juga: Penemu Internet, Teknologi yang Mengubah Kehidupan Manusia

Kemudian, perkembangan multimedia berkembang lagi dengan ditemukannya media gambar dan fotografi. Perkembangan media gamabr di temukan sejak evolusi mikrofilm pada tahun 1839, dan kemduian munculnya negatif film pada tahun 1841. Kemudian di susul dengan di temukannya media bergerak yang di sebut dengan gambar bergerak atau sinematografi pada 1870.

Penggabungan berbagai media tersebut baik gambar, teks dan audio di lakukan lewat rekaman suara tahun 1899. Perkembangan teknologi media ini disusul dengan rekaman video dan televisi pada tahun 1899. Kemudian, perkembangan mikrokomputer berkembang pada masa perang dunia ke II sekitar tahun 1945.

Kemudian di tambahkan dengan sistem penyimpanan optik 1985 dan berujung pada pesatnya pertumbuhan Tv sebagai media komunikasi saat itu. Bahkan sudah dianggap sebagai media massa terbesar di dunia modern.

Kemudian, perkembangan multimedia tdak hanya berhenti disitu saja, pemrograman komputer makin canggih sejak ditemukannya hypertext pada tahun 1965 oleh Theodor Nelson. Penemuan hypertext ini berevolusi secara besar-besaran terhadap penemuan internet. Tim Berner Lee adalah pengembangan proyek hypertext menjadi apa yang sekarang kita kenal dengan WWW (world wide web) dan HTML (hypertext markup language) pada tahun 1991.

Itulah proses atau sejarah perkembangan dunia multimedia hingga sudah sangat canggih sebagaimana yang kita alami hari ini.

Manfaat Multimedia

Multimedia memiliki banyak manfaat secara umum, sementara secara khusus adalah sesuai dengan penggunaannya masing-masing individu. Diantara manfaat multimedia secara umum adalah:

1. Manfaat untuk pendidikan

Diantara manfaat multimedia adalah untuk pendidikan, manakala ini di gunakan untuk arah pengembangan diri anak atau pendidikan anak maka multimedia akan memberikan manfaat besar kepada anak didik. Misalnya proses pembelajaran menggunakan email, menggunakan infokus yang menampilkan layar komputer di media yang lebih besar, atau proses belajar secara online sebagaimana yang banyak di aplikasikan sekarang.

2. Manfaat untuk hiburan

Untuk hiburan juga memiliki manfaat multimedia yang sangat besar. Sebelumnya menggunakan audio sebagai media hiburan seperti pada lagu-lagu yang di dengar di radio. Kemudian audio ini di visualisasi lewat gambar sehingga tidak hanya bisa didengar namun juga bisa di lihat oleh mata dan ini telah membuat yang mendengar dan menonton semakin menyenangkan. Anda bisa melihatnya di klip lagu atau film-film.

3. Manfaat multimedia untuk bisnis

Ada juga manfaat besar dari multimedia untuk bidang bisnis. Sekarang dengan multimedia berupa video yang menggabungkan suara, gambar, dan grafik serta teks pelaku bisnis dengan mudah bisa mendemo produknya, mengiklankannya, mempresentasikan bisnis, mempromosikan dan komunikasi secara jaringan dan lain-lain.

4. Manfaat multimedia untuk teknologi dan sains

Dalam perkembangannya, multimedia memberikan manfaat besar untuk prosedur operasi otak dan bedah tubuh dengan memanfaatkan media visualisasi audio. Manfaatnya bisa mendukung teknologi dan sains.

Lihat juga: Penemu Internet, Teknologi yang Mengubah Kehidupan Manusia

5. Manfaat bagi dunia seni

Ada juga manfaat multimedia untuk dunia seni, seni yang dulunya hanya menggunakan tangan secara manual, sekarang perkembangan seni musik misalnya sudah didukung oleh penggunaan alat-alat digital bahkan sudah ada piano digital di berbagai aplikasi.

Komponen-Komponen Multimedia

Komponen adalah unsur-unsur yang terlibat dalam sebuah multimedia atau sesuatu yang menjadi bagian dari multimedia, ini juga sudah kita sebutkan di bagian pengertian artikel tadi.

1. Teks

Tek adalah bagian penting dari multimedia, dan ini bisa berupa teks, paragraf, dan frasa. Teks adalah salah satu model dari komponen multimedia yang sangat mendasar.

2. Grafis

Ini adalah graphic yang disebut juga media non-teks dan non audio. Graphic tugasnya menampilkan gambar sebgaik mungkin. Dalam perkembangannya, komponen grafik juga termasuk unsur dasar dari multimedia.

3. Animasi

Animasi adalah komponen multimedia yang sangat baru atau modern, ia menggabungkan antara grafis dan gambar bergerak. Ini juga bisa di gunakan untuk berbagai tujuan dari multimedia agar lebih menarik.

4. Video

Video termasuk komponen multimedia yang juga terbilang sudah tua, ini di karena penemuan video ini muncul dalam sejarah perkembangan multimedia itu sendiri. Video adalah entitas gambar bergerak dan bisa di jalankan dengan kecepatan frame tertentu.

5. Audio

Ada juga komponennya berupa audio. Audio adalah komponen yang muncul setelah teks. Ini berhubungan erat dengan proses rekaman, baik itu musik , dialog, dan semua hal yang berupa suara.

Jenis-Jenis Multimedia

Setelah kita tahu komponen-komponen multimedia, sekarang mari lihat apa saja jenis multimedia tersebut. Para prosesnya jenis multimedia terdiri dari dua jenis.

Lihat juga: Seni Rupa 3 Dimensi: Jenis, Teknik, Unsur, dan Contohnya

1. Multimedia linear

Apa itu multimedia linear? Ini adalah jenis media yang sifatnya non-interaktif> Multimeida ini di cirikan kepada sesuatu yang tidak ada kontrol pada satu konten penggunanya.

Ini merupakan jenis multimedia yang bersifat satu arah dan berbasis pada pembuatnya.

2. Multimedia non-linear

Ini adalah multimedia end-user, multimedia ini memiliki ikatan interaktif dengan penggunanya, jadi satu arah saja namun fokus pada dua arah. Ini bisa lewat penggunaan komputer atau game, aplikasi, jejaring sosial, restoran cepat saji, melalui aplikasi ponsel dan sebagainya.

Itulah pengertian dari multimedia, manfaat multimedai, jenis-jenis dan komponen atau unsur dari media tersebut. Semoga dengan adanya artikel ini bisa mencerahkan dan memberikan informasi penting tentang multi media.

Previous article10 Pemandangan Alam Indonesia yang Menakjubkan
Next articleTeknologi Informasi Dan Komunikasi, Apa Pengertiannya?