Home Hukum Niat Mandi Jumat dan Tata Caranya Lengkap

Niat Mandi Jumat dan Tata Caranya Lengkap

32
Niat Mandi Jumat dan Tata Caranya Lengkap

Bagaimana niat mandi jumat? Mandi jumat adalah ibadah sunnat yang di anjurkan untuk mereka yang menghadiri jum’at. Jadi, hari jumat adalah salah satu hari istimewa khusus untuk ummat Nabi Muhammad SAW, dan ini tidak ada bagi ummat sebelumnya.

Hari jumat memiliki banyak sejarah, dimana masa lalu Allah menciptakan Nabi Ada As. pada hari jum’at, dan kemudian di bumi ini ADAM as. dan Hawa bertemu di hari jum’at. Maka, jum;at disebut dengan hari berkumpul Nabi Adam dan hawa.

bagi kita ummat Islam atau Ummat nabi Muhammad SAW, jumat tidak hanya sekedar hari, namun hari yang afdhal diantara hari-hyari lainnya.

Niat Mandi Jumat dan Tata Caranya Lengkap

Ada cukup banyak amal ibadah di hari jum’at. Selain mandi jum’at ada ibadah sunnat lainnya misalnya di sunnatkan membacakan surat Kahfi di pagi hari jum’at atau setelah sholat subuh. Disunnat membacakan Surat yasin di malam atau hari jum’at.

Sunnat Mandi Jumat bagi yang Menghadiri

Ada masih banyak lagi ibadah hari jum’at selain mandi. Pada kesempatan ini kita akan melihat bagaimana ibadah mandi jum’at di kerjakan. Maka, disini kita akan berbicara tentang niat mandi jumat dan tata caranya secara lengkap.

Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ أَتَى الْجُمُعَةَ مِنَ الرِّجَالِ أَوِ النِّسَاءِ فَلْيَغْتَسِلْ وَمَنْ لَمْ يَأْتِهَا فَلَيْسَ عَلَيْهِ غُسْلٌ

Artinya: “Siapa saja yang ingin mendatangi jum’at dari kalangan laki-laki atau perempuan, maka hendak mandi ia. Dan Siapa saja yang tidak berencana datang melaksanakan jumat maka tidak ada anjuran mandi atasnya.”

Jadi, siapa saja yang ingin mengerjakan sholat jum’at bagi laki-laki atau perempuan maka ia disunnatkan untuk mandi jumat.

Kita tahu bahwa sholat jum’at adalah merupakan kewajiban atas setiap muslim yang baligh berakal, sekalipun ia musafir di hari jum’at. Di sebutkan dalam kitab turast bahwa haram melakukan perjalanan di pagi hari jumat kecuali ia sempat mengerjakan sholat jumat di perjalanannya.

Sementara bagi orang perempuan tidak wajib atasnya mengerjakan sholat jum’at namun jika ia pergi ketempat sholat jum’at untuk mengerjakannya, maka ia sudah terlepas dari kewajiban sholat Dhuhurnya.

Jadi, disunnatkan mandi jumat bagi orang yang hendak mengerjakan sholat jumat sekalipun ia tidak di wajibkan atasnya seperti wanita dan anak-anak. Lantas bagaimana niat mandi jumat dan tata cara mandi jumat, yuk kita baca terus hingga selesai.

Niat Mandi Jumat dan Tata Caranya

Ketika masuk ke kamar mandi, basuhlah tangan anda hingga tiga kali

Kemudian, basuh tubuh untuk menghilangkan segala jenis najis jika ada pada tubuh

Ketiga, guyurkan air di kepala anda sambil meniatkan dalam hati. Jadi niatnya dalam hati dan kita lihat bagaimana lafadh niatnya berikut ini.

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِحُضُوْرِ صَلاَةِ الْجُمْعَةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Aku berniat mandi untuk menghadiri sholat jumat sunnat karena Allah SWT

Lafadh niat mandi jumat dengan latin: “Nawaitul Ghusla Lihudhuuri Sholaatil Jum’ati Sunnatan Lillaahi Ta’aalaa”.

Ketika membasuhkan tubuh dengan air, usahakan air meratai dan mengenai seluruh badan. Sunnat menyela-nyela bagian tubuh baik depan atau belakang.

Demikian juga dengan rambut, dan jenggot anda, sunnat bagi anda untuk menyela-nyela keduanya hingga air masuk kebagian kulit kecuali jika jenggot anda sangat tebal.

Kapan Waktu Mandi Jumat

Waktu mandi jumat adalah saat di mulainya hari jumat yaitu ketika terbit fajar. Namun yang terbaik adalah saat kita hendak berangkat ke mesjid.

bagi yang jauh rumahnya dengan masjid dan ia harus berjalan ke mesjid sejak subuh hari (seperti kasus si masa lalu), maka ia sudah sunnat baginya untuk mandi jumat di subuh hari tatkala fajar terbit.

Ok, sekarang anda sudah tahu bagaimana niat mandi jumat dan tata caranya, jangan lupa di praktekkan untuk mendapatkan pahala serta menghadiri sholat jumat dengan khusyu dalam keadaan bersih dan badan yang segar.

Bahkan mandi jumat ada banyak sekali keutamaan dan kelebihannya. Bayangkan ketika kita hadir di kumpulan orang lain dan kita tidak mandi. tentu bau badan kita akan sangat mengganggu orang lain. Namun dengan adanya ibadah mandi kita akan merasa wangi dan bebas dari bau menyengat.

Keutamaan mandi jumat selanjutnya adalah badan segar, fresh dan kita bisa menghadiri sholat jumat dengan nyaman dan tenang tanpa ingin buru-buru.

Previous articleArti Qadarullah dan Contohnya
Next articleKitab Jurumiyah Bab Kalam (الكلام) – Ayo Ngaji Nahwu