Home Business Peluang Usaha Sampingan di Desa, Mudah dan Menguntungkan!

Peluang Usaha Sampingan di Desa, Mudah dan Menguntungkan!

16
Peluang Usaha Sampingan di Desa

Usaha sampingan di desa – Apakah anda ingin membuka bisnis di desa namun khawatir dengan keuntungannya? Jangan khawatir, semua ada pasar tersendiri. Membuka bisnis di pinggiran kota memang kedengaran mainstream dan ini sudah biasa. Bagaimana jika anda membuka usaha sampingan di desa, mudah mengelolanya dan untungnya besar. Percaya atau tidak, mari kita lihat bagaimana peluang usaha rumahan di desa itu masih sangat menguntungkan.

Membuka usaha dan bisnis di desa persaingannya masih rendah karena masih sedikit masyarakat yang mengeluarkan modalnya untuk berbisnis di desa. Sebagian orang melihat kalau didesa sulit untuk laku dan lahan bisnis masih sulit, dan sebagian lagi kadang enggan berbisnis di desa karena pendapatan masyarakat kecil dan tentu keuntungan dari pasar juga kecil karena masih kecilnya kemampuan masyarakat untuk menjadi pelanggan.

Namun, jangan khawatir kalau anda lihai dan jago melihat peluang bisnis di desa, sebenarnya di desa juga masih profitable untuk dikembangkan. Hanya saja anda harus tahu bisnis apa yang akan anda buka, bentuk usaha seperti apa yang anda kembangkan dan mudah di terima masyarakat sehingga anda tetap menguntungkan.

Nah, sebaiknya anda lihat saja 20 peluang usaha sampingan atau usaha rumahan di desa yang mungkin anda jalankan dan tentu dengan keuntungan besar serta mudah anda jalan dan kelola.

20 Usaha Sampingan di Desa yang Mudah dan Menguntungkan

1. Bertani

Sekarang menjadi petani bukan lagi pekerjaan memalukan bahkan banyak anak muda mulai mengemabnagkan perkebunan baik yang menggunakan lahan kebun atau menggunakan sistem hydroponik yang lebih modern.

Baca juga: Do’a Ketika Hujan [Bacaan Do’a Ketika Turun Hujan]

Bertani adalah salah satu bentuk usaha sampingan di desa yang cukup menguntungkan, ini bisa jadi bisnis menguntungkan dengan laba berlipat-lipat. Hanya saja kamu perlu menyesuaikan dengan tempat kamu atau iklim di daerah kamu. Kamu bisa menanam cabai, bawang, menanam kangkung atau sayuran lainnya yang cepat panen dan bisa di jadikan sebagai komodisi yang selalu di butuhkan oleh masyarakat.

Misalnya bertani bayam, ini sangat cepat panennya, sesuai dengan lokasi lahan, semakin besar lahan untuk sayuran akan semakin banyak penghasilan kami. Demikan juga dengan menanam jagung, hanya 3 bulan kamu sudah bisa panen dan harganya sangat menggiurkan, terutama jika lahan kamu luas.

2. Menjadi distributor hasil pertanian

Hasil pertanian di desa akan di bawa ke kota atau pinggiran kota untuk di jual dan di distribusikan. Jika pendistribusiannya terhambat maka penghasilan masyarakat didesa juga akan terhambat. Maka, menjadi distributor sayuran dari desa adalah sebuah peluang usaha sampingan di desa yang bisa kamu jalankan. Kamu akan menjadi bagian penting dalam laju tidaknya ekonomi masyarakat desa.

Jika pendistribusian sayuran dan hasil pertanian ini lancar, maka tidak hanya kamu saja yang mengutungkan namun juga masyarakat desa semuanya akan menguntungkan karena mereka tahu harus menjual kemana hasil perkebunannya.

Jadi, hasil dan keutnungan dari mendistribusikan hasil perkebunan ini sangat beragam, kalau kamu bisa bekerja sama dengan petani maka kamu sangat menguntungkan. Pendistribusian bisa di lakukan dengan membeli hasil pertanian dan kemudian kamu membawanya ke kota atau dengan bekerja sama dengan petani. Kamu mengambil hasil pertanian dan menjualnya ke kota dan hanya membayar yang laku saja ke petani dengan sebagian keuntungan bagi kamu sebagai pendistribusian hasil panen petani.

3. Membuka jasa pengiriman atau transfer uang

Membuka jasa pengiriman atau transfer uang

Orang desa kalau mengambil uang ke bank sangat jauh, demikian juga dengan ATM. Kamu bisa mengambil kesempatan ini untuk membuka saja pengiriman uang. Sangat banyak penduduk desa yang suka menggunakan jasa kamu untuk mengirim uang ke anak-anaknya yang sekolah atau kuliah di luar kota atau mengirim uang untuk keluarganya di tempat jauh.

Kamu bisa mengambil keuntungan misalnya 6000 rupiah saja setiap transaksi dan ini sudah sangat menguntungkan bagi kamu. Kamu hanya butuh persiaan uang sekitar 10 juta di ATM kamu yang siap kamu kirim ke semua tujaun pelanggan dengan bayaran tunai langsung peroleh dari pengguna jasa kamu.

Bisnis ini sangat mudah dan sekarang sudah banyak yang mencobanya mengingat banyak keuntungan dari hal sederhan ini.

Baca juga: Lowongan kerja lulusan SMA gaji tinggi

4. Membuka warung makan

Salah satu peluang usaha di desa yang mudah di jalan dan menguntungkan adalah membuka warung makan. Bisnis ini sangat cocok bagi kamu yang bisa memasak dan suka dengan aneka kuliner, kamu bisa berinovasu dengan masakan kamu dan ini sangat laku di desa mengingat di desa belum banyak yang mencoba bisnis seperti ini. Namun kamu harus membaca situasi pasar di desa. Warung makan cocok di desa yang rumah penduduknya padat atau banyak sehingga kamu setiap hari ada pelanggan, kalau bukan membeli nasi, mereka membeli lauknya saja.

Selain nasi dan lauknya, kamu juga bisa mencoba menjual makanan khas tempat kamu sehingga ada banyak orang yang ingin mencoba mencicipinya. Kalau enak, tentu ini menjadi ladang bisnis yang sangat menguntungkan, mereka akan kembali lagi dan lagi untuk merasakan makanan kamu.

5. Jualan sayuran

Menjual aneka jenis sayuran tidak hanya bagus di jalan di komplek atau perumahan saja. Kamu yang tinggal di desa juga bisa mencoba peluang usaha samping menjual sayuran di desa. Selama ada penduduknya, akan selalu ada pelanggan yang akan datang dan membeli dagangan kamu.

Desa yang kauh dari kota menjadi lahan menguntungkan untuk anda membuka bisnis jualan sayuran. Penduduk setempat kadang malas untuk pergi ke kota demi membelanjakan sayuran, maka mereka lebih memilih untuk membeli sayuran di tempat kamu atau di kedai kamu. Ini mengutungkan karena bisa memudahkan masyarakat mendapatkan sayuran. Ini juga termasuk solusi yang anda berikan kepada masyarakat, maka mereka tentu mau membeli sayur di desa daripada harus ke kota hanya untuk membeli sedikit sayuran.

6. Beternak hewan

Bentuk peluang usaha samping di desa seperti beternak juga sangat menguntungkan. Misalnya kami beternak sapi, kambing, ayam dan bebek. Untuk pemula kamu bisa menggunakan lahan di samping rumah atau halaman sebagai lahan untuk beternak. Ketika sudah ada modal kamu bisa membuka lahan sendiri yang lebih besar untuk tempat perfternakan.

Kambing sangat mudah di pelihara, apalagi sekarang sudah ada pakan kambing khusus yang bisa membuat mereka cepat berkembang dan besar.

7. Membuka SPBU mini

Di desa masih tidak ada yang membuka SPBU seperti di kota, dan laju serta mobilitas masyarakat yang menggunakan motor semakin hari semakin banyak. Kamu bisa membuka tempat pengisian bahan bakar mini, dan ini akan banyak menguntungkan karena tidak mungkin masyarakat pergi kekota hanya untuk mengisi bahan bakar motornya.

Prospek bisnis ini semakin hari semakin baik dan menjanjikan seiring dengan bertambahnya pergerakan masyarakat yang menggunakan kendaraan bermesin.

Baca juga: 10 Usaha Rumahan Modal 50 Ribu, Untung Besar!

8. Membuka warung kopi

Sebagai pelengkap warung makan kamu juga bisa menambah bisnis lain seperti warung kopi. Sediakan aneka jenis kopi termasuk espresso jika kamu punya modal untuk membeli mesin kopi. Namun jika tidak, kamu bisa membukan warung kopi kecil-kecilan yang memnyediakan banyak jenis minuman. Lengkapi juga dengan aneka gorengan yang membuat banyak warga bisa menikmati secangkir kopi dan gorengan. Ini adalah salah satu cara mudah untuk membuka usaha rumahan di desa.

Untuk sebuah warung kopi mini, kamu tidak perlu menghabiskan banyak modal untuk itu. Cukup beli dispender untuk memanaskan air, aneka kopi sanset dan siap untuk di sajikan.

9. Menjadi Youtuber desa

Menjadi youtuber sekarang sedang marak dan hasilnya juga menggiurkan. Sebagai seorang yang hidup didesa kamu bisa membuat aneka video tentang kehidupan di desa. Misalnya tentang berkebun, bertani dan aneka cara pergi kesawah. Peminat video klasik dan kehidupan di desa sangat banyak bahkan bisa ribuan setiap harinya. Ini bisa menjadi usaha sampingan di desa bahkan bisa menjadi usaha pokok, dan tidak sedikit sekarang youtuber yang penghasilannya ratusan juta setiap bulannya.

Kami bisa sesekali mengunjungi tempat rekreasi di desa dan mencerikan tentang keidahannya dan sejarahnya jika memungkinkan. Video desa seperti ini biasanya banyak penontonnya dan seiring waktu subsriber channel youtube kamu akan terus bertambah.

10. Membuka warung sembako atau kelontong

Di desa masih sedikit moinimarket apalagi supermarket. Satu-satunya tempat masyarakat membeli sembako dan bahan makanan sehari-hari adalah dengan mengunjungi kedai atau toko kelantong. Ambil kesempatan ini dan sediakan banyak bahan makanan terutama sembilan bahan makanan pokok (Sembako) yang selalu di butuhkan oleh masyarakat setempat.

Usaha kedai runcit atau kedai kelontong seperti ini akan terus hidup karena di desa selalu ada yang membutuhkan. Ingatm ini satu-satunya tempat untuk memenuhi bahan makanan sehari-hari di desa.

11. Membuka tempat pengrajin kayu

Usaha rumahan dan sampingan di desa yang menguntung termasuk pengrajin kayu. Kamu yang memiliki ketrampilan dalam mengolah kayu menjadi aneka bahan atau kerajinan tangan bahkan produk rumahan. Ini menjadi lahan basah untuk kamu. Memang kamu butuh sedikit banyak uang untuk membeli kayu dan peralatan sederhana untuk pengolahannya. namun sedikit demi sedikit kamu bisa berkembang dengan menggunakan tips pengelolaan keuangan.

Produk kayu seperti lemari, meja dan kursi adalah produk yang banyak di butuhkan dan selalu ada konsumennya, selain itu produk ini tidak mudah rusak. Jadi, anda bisa menyimpannya untuk sementara waktu sambil menunggu datangnya pembeli.

Beberapa bentuk usaha rumahan lainnya yang memungkinkan untuk di kembangkan di desa adalah kedai foto copy, dropshipper, desain grafis, jasa mengetik, kelas private, bengkel motor, dan masih banyak lagi bentuk usaha menjanjikan yang bisa anda kerjakan.

Itulah serangkaian bisnis kecil-kecilan dan usaha sampingan di desa yang mudah di kerjakan dan menguntungkan. Selalu semangat untuk bekerja dan kreatif serta selalu berpikir untuk bisa menghasilkan bukan bisa menghabiskan. Salam sukses!

Previous article11 Lowongan Kerja Lulusan SMA Gaji Tinggi Bahkan 10 Juta
Next articleCara Memperbesar Alat Vital Pria dengan Minyak Kayu Putih, Efektifkah?