Home Indonesia 10 Pemandangan Alam Indonesia yang Menakjubkan

10 Pemandangan Alam Indonesia yang Menakjubkan

31
Pemandangan Alam Indonesia yang Menakjubkan

Indonesia adalah sebuah negara yang terdiri dari gunung, lautan, hutan dan air terjun sehingga menyimpan cukup banyak keindahan alam yang patut di abadikan dengan kamera. Jika kalian belum tahu bagaimana keindahan alam Indonesia, kami akan mengeksplorenya disini untuk kalian. Disini kami memuat 10 Keindahan alam Indonesia yang mengagumkan.

Keindahan alam ini tidak terlepas dari letak geografis Indonesia sehingga negara ini terkenal dengan julukan negara hijau yang terdiri dari banyak pulau, lautan, pantai, air terjun, gunung dan lain-lain sehingga menarik berbagai wisatawan baik lokal maupun manca negara.

Indonesia kaya keindahan, dalam Undang-Undang nomor 6 tahun 1996 tentang perairan, disebutkan bahwa pulau-pulau Indonesia terdiri dari 17.508 pulau. Pulau paling barat adalah pulau Weh yang termasuk kota Sabang, Aceh dan di sebelah timur ada pulau Liki, yaitu sebuah pulau di bagian timur di kabupaten Sarmi, Papua.

Lokasi dan letak geografis ini menjadikan Indonesia sebagai negara yang kaya dengan keindahan alam. Disini kami akan menyajikan setidaknya 10 keindahan pemandangan alam Indonesia yang menakjubkan dan mengagumkan dunia.

Keindahan Alam Indonesia yang Mengagumkan

1. Raja Ampat

Raja Ampat, keindahan alam Indonesia

Salah satu keindahan pemandangan alam Indonesia yang sangat menaggumkan adalah Raja Ampat di Bagian Barat Pulau papua. Lokasinya tepatnya adalah semenanjung Doberai atau dikenal sebagai Semenanjung Kepala Burung (Bird’s Head Peninsula).

Raja ampat adalah gugusan pulau kecil dengan air lautan yang terhampar biru dan di hiasi dengan karang-karang yang menjadi tempat tumbuhnya pohon-pohon nan hijau. Pulau-pulau kecil yang terletak bersusun ini sangat indah karena di sajikan dengan pemandangan lautan yang biru.

Pantainya berpasir putih dengan rimbunan pohon yang sangat menarik dan di sajikan dengan hawa yang segar, lengkap sudah sebagai destinasi wisata yang mengagumkan. Raja Ampat menjadi tempat yang sangat bagus untuk mereka yang suka snorkeling dan menyelam. Keindahan bawah lautnya yang mempesona dan ini menjadi kekayaan alam indonesia yang luar biasa.

Cara menuju ke Raja Ampat adalah dengan menuju pertama kali ke pulau Waisan lewat penerbangan dari jakarta atau dari Makasar. kemudian dari pulau Waisan kita menuju ke lokasi pulau-pulau Raja Ampat dengan menggunakan kapal Feri.

2. Pulau Padar

Pulau Padar

Selain Raja Ampat ada pemandangan alam lainnya yang sangat mempesona. Keindahan alam indonesia ini adalah pulau Padar. Pulau Padar adalah terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur, yang menarik disini adalah keindahan alamnya yang menggugah selera para pemburu pemandangan. Anda bisa menemukan keindahan itu di atas bukit yang membenatang menghadap ke lautan.

Hamparan alam dari atas bukit inilah yang menjadi tujuan wisatawan ke pulau padar. Anda bisa mendaki bukit pulau padar untuk bisa sampai di atasnya dan menikmati keindahan alam yang terhampar menghadap ke arah lautan.

Bagaimana cara menuju ke pulau padar? Untuk bisa sampai ke pUlau padar anda harus naik perahu dari labuhan Bajo. Perjalanan dengan kapal lambat memakan waktu selama 3 jam dan jaraknya sekitar 40 km. Namun hanya memakan setengahnya waktu jika menempuh dengan kapal cepat.

3. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Keindahan pemandangan alam Indonesia lainnya adalah berada di Bromo tengger Semeru atau di taman nasional. Ini adalah kawasan konservasi yang terletak di jawa timur. Ini disebut dengan tengger dimana ada 4 kerucut Gunung Berapi muncul di sana. Uniknya lagi di kawasan Bromo tersebut ada lautan pasir yang terhampar hingga 10 km jauhnya.

Empat puncak gunugn berapi di Bromo adalah Puncak gunung Batok (2.470 m), Gunung Watangan (2.661 m), Gunung Kursi (2.581 m), dan puncak satu lagi di sebut dengan Gunung Widodaren (2.650 m). Anda akan melihat ada hamparan Savana yang sangat laus dan asap atau kabut yang keluar dari kawah gunung berapi menyajikan pemandangan yang sangat indah dan menggoda.

Jika andza berkunjung kesini ada pemandangan yang sangat luar biasa yang tidak boleh kalian lewatkan, ini adalah pemandangan sun rise atau Pemandangan Indah Matahari Terbit di Ufuk Timur dari Ranu Kumbolo. Anda akan melihat disini matahari yang terbit perlahan dari lembah yang di apit oleh dua gunung.

4. Pantai kelingking

Pantai kelingking keindahan alam indonesia

Pantai kelingking juga termasuk dalam keindahan alam Indonesia yang tiada tara indahnya, tidak hanya menyita perhatiakn wisatawan domestik namun juga menyita perhatian wisatawan manca negara.

Pantai Nan Indah ini terletak di desa Bunga Mekar yaitu di sebelah barat daya pulau Nusa Penida, Bali. Disini yang sangat terkenal keindahan alamnya adalah tanjung kapur yang banyak tanaman tumbuh dan ombak besar yang menerjangnya.

Bagaimana cara menuju ke Pulau nusa penida? Untuk mencapai pulau Nusa Penida, anda pertama kali harus sampai di pelabuhan Sanur dan membeli tiket untuk naik kapal cepat menuju ke pulau Nusa Penida. Lamanya perjalanan anda naik Feri adalah 30 menit.

ketika sampai di Pulau Penida, ada tangga yang harus anda lewati dan anda harus berhati-hti karena sangat curam sekali. Bisa di katakan untuk mencapai lokasi wisata Pulau Nusa Penida sangat sulit, namun kesulitan anda akan terbayarkan dengan terjadinya kekayaan alam indonesia yang berupa keindahan alam Indonesia yang luarbiasa di depan mata.

5. Kepulauan Widi

Kepulauan Widi

Satu lagi lokasi keindahan pemandangan alam indonesia yang terkenal hingga seluruh penjuru Indonesia. Ini adalah Kepulauan Widi di Maluku Utara. Anda disini akan menemukan keindahan lautan biru dengan bibir pantai dihiasi dengan pasir putih bersih.

Anda bisa berjemur di pasir putih sambil menikmati birunya lautan yang terhampar di depan mata. Kalau lagi beruntung anda bisa menyaksikan lumba-lumba yang melompat-lompat dia tas lautan biru.

Bagaimana cara menuju ke kepulauan Widi? Untuk sampai di Widi anda harus menumpang pesawat ke Ternate, sesampai diternate anda kemudian membeli tiket untuk naik kapal menuju Labuha, anda juga bisa menggunakan pesawat kecil untuk sampai di sana.

Kemudian, anda harus naik kapal untuk sampai di pulau Halmahera Selatan, Maluku Utara.

6. Kepulauan Gili

Kepulauan Gili

Gili yang terletak di lautan lombak adalah hamparan surga hijau yang memukau. Gili terdiri dari tiga pulau yang terkenal dengan masing-masing namanya adalah: Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air yang kesemuanya terletak di pesisir barat pulau Lombok. Salah satu keindahan disini adalah terumbu karang lautan tropis yang sangat indah.

Mengunjungi Gili adalah sebuah pengalaman yang indah tak terlupakan anda bisa mengunjungi salah satu gili atau kesemuanya dengan keindahan alam Indonesia yang tak terbatas.

Untuk bisa sampai di Gili atau kepulauan Gili anda bisa menggunakan kapal cepat dari Bali. Di Bali ada dua layanan kapal untuk sampai ke Gili Lombok dan anda bisa memilihnya. Anda bisa naik kalap di Padang Bai atau di Ahmed. perjalanan menuju Gili bisa memakan waktu hingga 2,5 jam atau 3 jam tergantung pada cuaca di lautan.

7. Teras Sawah Tegalalang

Teras Sawah Tegalalang adalah sawah yang berada di perbukitan dan teratat dengan rapi sesuai dengan sistem irigasi tradisional Bali yang di sebut dengan SUBAK. Ini adalah hamparan sawah yang begitu cantik tertata dengan rapi dari atas hingga bawah dan ini mengundang perhatian banyak orang sehingga lokasi ini menjadi salah satu destinasi wisata nan indah.

Alam Indonesia memang sangat indah dan penuh keberkahan, negeri hijau nan kaya sumber daya alamnya baik sumber daya alam lautan atau sumber daya alam daratan. Namun sayang hingga sekarang negeri kaya belum nampak kaya dan berkecukupan. Semoga negeri ini bisa melahirkan banyak SDM yang mampu mengelola SDA dengan ilmu dan kejujurannya serta hati nurani.

Jika anda ingin menikmati keindahan pemandangan alam Indonesia di Teras sawah Tegalalang, maka waktu terbaik untuk datang adalah di pagi hari atau di sore hari ketika matahari memunculkan wajahnya dengan indah dan bersinar.

Lokasi sawah indah ini adalah di sebelah utara pusat kota Ubud. Dari kota Ubud anda berjalan lurus ke arah timur sejauh mungkin dan lalu belok ke arah utara. kemudian lnajutkan perjalanan ke arah uatar sekitar 9 km. Disana ada tempat parkiran kendaraan yang sangat luas sehingga anda bisa memarkirkan kendaraan dengan bebas.

8. Danau Toba

Danau Toba adalah salah satu destinasi wisata yang menarik dan sangat indah bahkan sudah lama terkenal sebagai salah satu tempat wisata.

Danau Toba adalah tempat yang sangat indah dengan gunung di sekelilingnya yang hijau dan biru. Ini memberikan kesejukan kepada anda saat mengunjungi danau Toba. Jika anda ingin menikmati danau toba secara penuh, mungkin anda bisa menaiki gunung di sekelilingnya dan bisa melihat dengan bebas luasnya danau Toba.

Lokasi danau Toba adalah terletak di bukit barisan Sumatra Utara, untuk bisa sampai ke Danau Toba anda bisa menempuh jalur dari prapat. Jika dari Kota Medan, jarak yang harus anda tempuh adalah 176 km untuk sampai ke Danau Toba. Kalau menggunakan bus umum anda butuh waktu sekitar 6 jam. Biasanya bus umum menempuh jalur Medan – Prapat atau dari Medan – Berastagi.

9. Air Terjun Tumpak Sewu

Selain danau toba, sawah tegalalang dan lain-lain, ternyata ada lagi keindahan alam Indonesia yang mempesona jiwa, ini adalah air terjun tumpak Sewu. Air terjun ini terletak di Jawa Timur atau tepatnya di kabupaten Lumajang. Air terjun yang indah ini ada di jarak 2 jam dari Malang atau 3.5 jam dari Surabaya dan juga 3.5 jam dari Cemoro Lawang.

Keindahan air terjun ini tidak hanya satu saja, namun ada beberapa air yang jatuh berdekatan sehingga pesona air terjun tumpak sewu kelihatan begitu indah.

10. Gunung Rinjani

Satu lagi pesona Indonesia nan cantik yang kami masukkan dalam daftar 10 Keindahan pemandangan alam Indonesia yaitu Gunung Rinjani. Ini adalah gunung berapi aktif di Lombok, NTB, Indonesia. Di sekitaran pegunungan Rinjani anda akan menelusuri jalan dengan pemandangan yang indah, mulai dari hutannya, sabana, hutan gugur, dan pemandangan dari pegunungan bawah.

Lihat juga:

Sebelum mencapai puncak saja anda sudah bisa melihat indahnya pemandangan disekitaran Rinjani. Untuk bisa sampai ke Gunung Rinjani anda harus terbang dari Bandara International Lombok, dan setelah itu harus melalui perjalanan jauh nan panjang hingga sampai ke pegunungan Rinjani.

Perjalanan anda kadang menghabiskan sekitar 2,5 jam atau 3 jam. Di perjalanan anda melewati Mataram dan kemudian sampai di Rinjani. Kalau anda ingin mendaki gunung rinjani ini, maka anda harus menghabiskan waktu sekitar 2 hingga 4 hari.

Demikian sedikit cuplikan tentang Keindahan Alam Indonesia yang terkenal dengan si zamrud Khatulistiwa, negeri hijau di tengah-tengah bola dunia. Tak hanya itu saja, ada cukup banyak bahkan berjuta-juta keindahan pemandangan alam Indonesia lainnya yang tidak mungkin kita sebutkan disini. Semoga ada kesempatan lainnya untuk kita kembali menghadirkan keindahan bumi Indonesia.

Previous articleLirik Sholawat Hayyul Hadi: Arab, Latin dan Terjemahan
Next articleMultimedia Adalah: Pengertian Menurut Para Ahli, Manfaat, Jenis dan Komponen