Penemu Internet, Teknologi yang Mengubah Kehidupan Manusia

Posted on

Penemu internet – Internet bisa di katakan sebagai sebuah perubahan hari ini yang sangat signifikan bahkan telah membuat kehidupan manusia berubah total. Sudah sangat banyak sekali manfaat internet yang di rasakan hari ini bahkan sudah tidak bisa di hitung lagi. Hampir semua bagian dari kehidupan kita hari ini menggunakan internet mulai dari urusan bangun tidur hingga tidur kembali.

Lantas siapakah penemu internet? Dalam artikel ini kita akan mengulas tentang penemuan internet yang telah memberikan banyak kontribusi bagi perkembangan hidup manusia saat ini. Jadi ada sosok penting di balik munculnya teknologi jaringan ini, tanpa dia mungkin kita masih hidup seperti masa lalu. Ia adalah sosok ilmuwan yang bernama Leonard Kleinrock, jasanya telah di rasakan oleh semua manusia di dunia ini yang saat ini merasakan kemudahan dalam berkomunikasi, mendapatkan informasi dan berbagai hal lainnya yang berkenaan dengan kemudahan online.

Leonard Kleinrock adalah seorang ilmuwan teknologi yang lahir tanggal 13 Juni 1934 di kota New York, Amerika Serikat. Ia dari dulu sudah sangat tertarik dengan yang namanya teknologi dan hobby nya ini telah membawa ia kepada sebuah sekolah di Amerika yaitu Bronx High School of Science pada tahun 1951.

Lewat teori-teori dari sekolah tersebut ia sering mengasah kemampuannya di bidang teknologi, percobaan- demi percobaan di buatnya terutama yang mengenai jaringan komputer ada di sekolahnya.

Kemudian, ketika sudah lulus di sekolah tersebut ia Leonard Klienrock melanjutkan sekolahnya ke City College of New York. Disini ia mempertajam pengetahuannya tentang Teknik Elektro dan Ilmu Komputer. Di sekolah ini tahun 1957, ia menerima gelar Sarjana Teknik Elektro dan Ilmu Komputer.

Selanjutnya, pada tahun 1959 dan tahun 1961, Leonard Klienrock membuat sebuah makalah teknologi yang berkaitan dengan teknologi. Berikutnya, setelah lulus dari sekolahnya yang di new York ia kembali melanjutkan studynya di bidang teknologi di jenjang master yaitu di Institut Teknologi Massachusetts dan lulus pada tahun 1963, ia lulus dan menerima dua gelas pendidikan teknolgo yaitu gelas master dan Ph.D.

Setelah lulus didunia pendidikannya, Leonard Klienrock kemudian menggabungkan dirinya di Universitas California Los Angeles (UCLA) dan menjadi salah satu tenaga pengajar. Dan di sini muncul ketertarikan-nya pada jaringan komputer serta di sini juga ia menjadi salah satu profesor di bidang teknologi yaitu bidang Teknik dan Sains Terapan.

Ketika ia masih kuliah di Institut Teknologi Massachusetts, ia sudah mulai mencari dan belajar bagaimana merakit jaringan. Lewat makalah inilah ia kemudian mengembangkan kemampuannya dalam mengembangkan jaringan komputer dan akhirnya, ini menjadi konsep dasar bagi jaringan internet.

Dalam makalah yang di buatnya itu sudah pernah menyinggung tentang adanya kemungkinan untuk transfer data internet dari satu perangkat ke perangkat lainnya lewat sebuah jaringan besar. Namun pada saat itu ia belum tahu bagaimana cara nya memecahkan masalah tersebut untuk bisa menjadi rangkaian jaringan komputer. Kemudian ketika ia masuk ke sekolah UCLA, baru ia bisa menemukan cara pemecahan paket digital yang bisa di kirimkan lewat sebuah paket jaringan komputer.

Advanced Research Project Agency (ARPA), membuat sebuah jaringan komputer yang di sebut Arpanet. Ini difungsikan sebagai sarana percobaan untuk jaringan komputer pada tahun 1969.

Pertama kalinya pesan Arpanet di kirm oleh mahasiswa programer UCLA Charley Kline tanggal 29 Oktober 1969. Ia di bimbing oleh sang mastro Leonard klienrock, dan ia menamakan jaringan tersebut tidak lagi sebagai jaringan komputer namun di sebut jaringan internet.

Saat itu sedang di lakukan uji coba jaringan di UCLA ke Stanford Research Institute yang juga termasuk tempat uji coba Arpanet. Awalnya ia mencoba mengirim sebuah transmisi berupada kata “LOGIN”, namun sambungan ini hilang tepat sebelum huruf “G”, jadi hanya 2 huruf yang terkirim, yaitu “LO”, itu yang muncul di layar yang ada di Standord Research Institute, dengan jarak 314 mil.

Memang transmisi pertama ini gagal namun Leonard Kleinrock sangat senang bahwa memang benar jaringan komputer ini bisa untuk saling memberikan informasi secara jarak jauh. Dari kata Login yang dikirim dan terkirim kata LO. Inilah transmisi jarak jauh.

Sejak percobaan pertama di lakukan, kemudian muncul tanggapan yang luar biasa dari banyak kalangan. Bahkan pemerintah Amerika Serikat memberikan apresiasi dengan meluncurkan lembaga National Center for Supercomputing Applications (NCSA). Kemudian Pada tahun 1988, Leonard Kleinrock di angkat sebagai ketua kelompok jaringan Penelitian Nasional untuk Kongres AS.

Demikianlah secara singkat sejarah penemu internet perkembangan internet dari awal masanya di buat. Kini internet sudah berjalan dengan cukup bagus bahkan bisa di akses dengan cukup cepat di berbagai daerah baik menggunakan komputer atau menggunakan ponsel dan perangkat lainnya. Semakin memberikan banyak manfaat dan memudahkan kehidupan manusia, selain itu juga muncul berbagai media sosial dan wahana bisnis besar-besaran di internet.