Mengenal Apa Itu Penyakit Ain
islamkafah.com

Mengenal Apa Itu Penyakit Ain

Posted on

Apa itu penyakit ain? Mungkin kita sering mendengar tentang penyakit ain karena sering di bahas oleh ustaz-ustaz baik di telivisi atau di youtube dan lain-lain. Namun demikian, masih banyak diantara kita yang belum paham arti sesungguhnya dari penyakit ain ini. Maka, dalam artikel ini kami akan membahas tentang pengertian penyakit ain ini.

Penyakit ain adalah suatu penyakit ma’ani yang terjadi akibat dari pandangan mata seseorang yang kemudian muncul rasa dengki dan ta’jub terhadap apa yang di lihatnya. Dalam istilah kitab kuning orang yang memandang ini disebut dengan ناظر dan orang yang di pandang di sebut منظور. Pandangan sejenis ini muncul dari orang yang tidak baik hatinya dan memiliki rasa dengki, hasud dan jahat. Bisa juga penyakit ini terjadi akibat dari pandangan orang yang cinta, takjub dan orang baik.

Pengertian Penyakit Ain

Penyakit ini pernah di jelaskan oleh Ibnu Hajar al-Asqalani dalam kitabnya fathulbari sebagai berikut:

وَاْلعَيْنُ نَظْرٌ بِاسْتِحْسَانٍ مَشُوْبٍ بِحَسَدٍ مِنْ خَبِيْثِ الطَّبْعِ يَحْصُلُ لِلْمَنْظُوْرِ مِنْهُ ضَرَرٌ

Artinya: “penyakit Ain adalah penyakit akibat pandangan menyukai namun disertai dengan dengki, karena buruknya tabi’at orang yang melihat sehingga menghasilkan kemudharatan bagi yang di pandang.”

Selanjutnya, Syeikh Ibnu Hajar al-Ashqalani juga menjelaskan bahwa penyakit Ain tidak hanya datang dari pandangan orang yang penuh benci dan dengki, namun bisa juga dari pandangan orang baik, shaleh, tanpa disengaja.

Lebih lanjut, Ibnu Hajar al ashqalani mengatakan bahwa penyakit Ain sebagai berikut:

وَأَنَّ الْعَيْنَ تَكُونُ مَعَ الْإِعْجَابِ وَلَوْ بِغَيْرِ حَسَدٍ وَلَوْ مِنَ الرَّجُلِ الْمُحِبِّ وَمِنَ الرَّجُلِ الصَّالِحِ

Artinya: Sesungguhnya penyakit Ain bisa terjadi karena takjub sekalipun tidak di iringi dengan dengki, walaupun dari orang yang mencintai, dan dari orang yang shaleh.

Ibnu Hajar menyatakan hal ini bukan tanpa dalil, ada hadist yang berkenaan dengan penyakit Ain,berikut bunyinya;

اِذَا رَأَى اَحُدُكُمْ مَا يُعْجِبُهُ فِيْ نَفْسِهِ اَوْ مَالِهِ فَلْيُبَرِّكْ لَهُ فَأِنَّ اْلعَيْنَ حَقٌّ

Artinya: “Apabila melihat oleh seseorang kamu akan sesuatu yang membuat seseorang takjub pada dirinya, atau pada hartanya, maka berdo’alah agar perkara ini di berkahi oleh Allah baginya, karena sesungguhnya penyakit Ain itu nyata”.

Demikianlah penjelasan tentang penyakit Ain, semoga kita terhindari dari penyakit Ain dan menjadi hamba Allah yang selalu syukur dengan nikmat yang Allah berikan kepada kita. Semoga bermanfaat!