Home Health Apakah Kepala Anda Terasa Bergetar, Ketahui Penyebabnya

Apakah Kepala Anda Terasa Bergetar, Ketahui Penyebabnya

13
Apakah Kepala Anda Terasa Bergetar

Apakah kepala anda terasa bergetar? Mungkin anda pernah melihat seseorang mengalami getaran secara tidak normal di bagian tangannya, ini di sebut dengan tremor. Namun bagaimana jika yang bergetar itu adalah kepalanya? Apakah ini gejala yang sama dengan tangan bergetar atau ini adalah kondisi medis lainnya. Mari kita lihat penjelasan tentang kepala bergetar termasuk apa penyebab kepala bergetar.

Penyebab Kepala Bergetar

Jika anda mengalami kepala bergetar, ini tentu sangat tidak nyaman dan cukup tidak enak bagi anda. Biasanya dalam kondisi tertentu seseorang mengalami kepala bergetar yang tidak bisa di kendalikan, ini sangat aneh dan terasa tidak nyaman. Apaka sebenarnya kepala bergetar itu dan apa penyebabnya.

Kadang bagi orang yang merasakan kepala bergetar, ia juga merasakan getaran lainnya seperti getaran pada bagian tubuh lainnya. Kepala bergetar seperti ke kanan, ke kiri atau mengangguk yang tidak bisa di kendalikan sering kali membuat anda tidak bisa makan atau minum, ini sangat tidak nyaman.

Apakah Kepala Anda Terasa Bergetar, Ketahui Penyebabnya

Apa sebanarnya penyebab kepala bergetar seperti itu, tidak mungkin ini tidak ada penyebabnya, tentu hal-hal seperti ini di latarbelakangi oleh berbagai penyebab.

Diantara penyebab yang sangat mungkin terjadi adalah tremor esensial. Ini adalah jenis tremor yang umum terjadi dan sangat mungkin ia menyebabkan kepala bergetar dan tidak bisa di kendalikan.

Getar atau gemetar secara tidak sengaja seperti ini adalah akibat dari saraf yang tidak bekerja normal, ketidak fungsian saraf ini bisa menyebabkan gemetar pada berbagai anggota tubuh. Biasanya tremor esensial ini terjadi pada tangan, badan, tungkai kaki, bahkan pada bagian kepala.

Saat anda mengalami gemetar seperti ini kadang suara anda saat berbicara juga ikut gemetar atau tidak beraturan. Hellosehat menyebutkan jika kondisi ini terjadi bukanlah masalah kesehatan yang berbahaya. Tetapi kondisi seperti ini juga bukan masalah yang bisa di biarkan seperti itu terus menerus. Dalam beberapa kasus kondisi ini kadang bisa semakin parah dari waktu ke waktu.

Kondisi ini kadang juga bisa mempengaruhi kehidupan anda, anda tidak akan bisa beraktivitas dengan nyaman, tidak bisa berbicara dengan baik dan sebagainya sehingga kehdiupan anda akan terasa kurang. Kadang gemetar akibat tremor esensial ini juga menyebabkan anda malas bersosialisasi dengan orang lain, bahkan mengganggu anda makan, minum dan berpakaian sekalipun. Kadang ini juga bisa menyebabkan seseorang stres, dan cepat marah.

Penyebab Tremor Esensial

Jika kondisi ini kita katakan sebagai tremor esensial, maka apa saja penyebabnya?

Penyebab tremor esensial tidak di ketahui secara pasti, namun yang di ketahui adalah kondisi ini terjadi akibat serebelum dan bagian otak lainnya tidak bisa berkomunikasi dengan baik.

Komunikasi yang rusak pada penderita tremor esensial adalah akibat otak tidak bisa mengontrol otot sehingga kepala, mulut dan bagian tubuh lainnya ikut bergetar. Memang penyebab pastinya tidak di ketahui, namun di sebutkan bahwa lebih dari setengah kasus tremor esensial ini terjadi karena genetika atau di turunkan dari orang tua.

Tetapi dalam beberapa kasus tremor esensial ini bisa semakin parah. Beberapa faktor yang bisa membuat tremor esensial ini semakin parah adalah sebagai berikut:

  • Minuman berkafein, beralkohol
  • Stres
  • Aktivitas fisik
  • Kurang tidur dan
  • Kelelahan

Penyebab lain dari Kepala bergetar

Selain tremor esensial, ada penyebab lain dari tubuh bergetar atau kepala bergetar. Diantara penyebab lain dari kepala bergetar adalah sebagai berikut:

1. Cervical dystonia

Cervical dystonia juga di kenal dengan nama spasmodic torticollis, ini adalah gangguan neurologis langka yang membuat seseorang mengalami gemetar pada bagian tubuh seperti leher, ini terjadi dengan tidak bisa di kontrol dan tidak bisa di kendalikan.

Akibatnya, gemetar ini menyebabkan kondisi kepala dan leger nampak tidak normal. Kontraksi otot yang tidak bisa di kendalikan ini kadang juga menyebabkan penderita kejang, kepala bergetar yang serupa dengan tremor esensial.

Penderita juga mengalami rasa sakit dan tidak nyaman selama terjadi gemetar tersebut. Parah ahli kesehatan juga tidak paham betul tentang kenapa kondisi gemetar ini terjadi. Tetapi mereka memperkirakan bahwa kondisi tersebut terjadi akibat mutasi genetika, ini kemudian menyebabkan kondisi yang di sebut cervical dystonia.

Tetapi kepala bergetar juga terjadi karena cedera bahu, cedera kepala dan leher.

2. Penyakit Parkinson

Gemetar pada bagian kepala yang tidak bisa di kendalikan itu juga bisa terjadi karena penyakit lanjut usia seperti Penyakit Parkinson. Ini sebenarnya memang salah satu gejala pada penderita Penyakit Parkinson.

Biasanya gemetar pada penderita penyakit parkinson terjadi pada tangan, tetapi ada juga yang sampai menyebabkan gemetar pada bagian kepala.

Tremor parkinson dan tremor esensial adalah lain-lain atau berbeda, dimana kepala gemetar pada penderita tremor esensial tidak di dasari penyakit. Beda halnya dengan tremor parkinson yang di sebabkan oleh penyakit Parkinson.

Namun antara penyakit parkinson dan tremor esensial juga mempunyai sisi kesamaan dimana keduanya belum di ketahui penyebab pastinya.

Namun para ahli hanya tahu kalau tremor dan kepala bergetar ini bisa terjadi akibat dari mutasi genetika atau faktor lingkungan yang tidak baik seperti lingkungan yang terpapar racun, lingkungan yang beracun bisa menyebabkan penyakit ini.

Tremor kadang juga di sebabkan oleh penyebab lain, dinatara kondisi medis lainnya yang bisa menyebabkan tremor adalah:

  • Stroke
  • Cedera kepala
  • Multiple sclerosis

Tetapi ketiga jenis penyakit ini jarang menyebabkan kepala bergetar, jadi potensinya tetap ada sekalipun kecil.

Apakah Penyakit Kepala Bergetar bisa di Sembuhkan?

Jika getaran di kepala ringan saja, mungkin ini tidak perlu pengobatan. Tetapi jika gemetar di kepala anda sudah pada tahap menjadi gangguan bagi aktivitas anda, maka dalam kondisi ini anda harus mencari perawatan medis untuk mendapatkan kesembuhan.

Pengobatan anda terkait dengan kepala bergetar tentu sesuai dengan penyebabnya. Maka dokter terlebih dahulu mencari apa penyebab dari kondisi tersebut, kemudian baru berlanjut ke tahap pengobatan dengan cara yang tepat.

Kalau di sebabkan oleh kondisi cervical dystonia, maka untuk mengobatinya mungkin perlu mendapatkan suntikan botulinum toxin (botox), ini gunanya mengurangi kepala bergetar. Kalau kepala bergetar di sebabkan oleh penyakit parkinson, maka untuk mengobatinya mungkin perlu menggunakan obat untuk parkinson.

Selain itu, kalau kondisi kepala bergetar terjadi karena tremor esensial sebagaimana pembahasan kita, maka beberapa pengobatan yang bisa di lakukan adalah sebagai berikut:

1. Minum obat secara teratur

Untuk mengurangi kepala bergetar akibat tremor esensial, maka penderita perlu meminum obat secara teratur. Diantara obat-obatan untuk mengobati tremor esensial adalah obat beta-blocker (propranolol), obat antikejang (primidone, gabapentin, dan topiramate), obat penenang (clonazepam), atau suntik botox. (hellosehat.com)

2. Pembedahan

kadang untuk kondisi tremor yang sudah parah di perlukan pembedahan, ini di kenal dengan deep brain stimulation atau rangsangan otak dalam. Jika sudah pada kasus parah, maka pembedahan harus di lakukan.

Pembedahan ini di lakukan untuk menanam perangkat stimulasi kedalam otak yang menjadi akar permasalahan tremor.

3. Focused ultrasound thalamotomy

Ini adalah perawatan dengan menggunakan ultrasound untuk menghancurkan jaringan otask di thalamus atau otak yang menyebabkan gemetar tanpa kontrol. Untuk menargetkan area otak yang bermasalah, maka dokter bisa menggunakan MRI. Kemudian alat tersebut akan menghasilan panas yang tepat dalam menghancurkan sel otak yang bermasalah.

Check out:

Jika Kepala Bergetar, Kapan Sebaiknya Mengunjungoi Dokter?

Bagi anda yang mengalami kondisi otak seperti ini, kapan sebaiknya anda melakukan perawatan atau berkunjung kedokter untuk mendapatkan pertolongan.

Kalau anda merasakan kepala bergetar, maka saran kami segera memeriksa ke dokter, apalagi kalau kepala bergetar terjadi secara terus menerus dan menyebabkan anda sulit atau bahkan tidak bisa beraktivitas sehari-hari.

Lebih lagi kalau ketika kepala bergetar di sertai dengan gejala lain seperti anda juga merasakan otot kaku, gerakan melambat, postur tubuh yang berubah atau sakit kepala. Jadi, kepala anda yang bergetar tanpa bisa di kontrol adalah kemungkinan dari penyakit parkinson, cervical dystonia atau kondisi medis lainnya.

Seoarang dokter tentu akan mencari apa penyebab kepala bergetar sebelum kemudian mencari solusi pengobatannya. Dalam mencari tahu penyebabnya, dokter akan melakukan cek up fisik dan neurologis.

Bisa juga dokter melakukan tes MRI, Ct Scan, tes darah atau rontgen sinar-X (cara menjadi ahli sinar-X). Jadi, penting bagi anda untuk berkonsultasi dengan dokter manakala anda telah merasakan atau mengalami gejala seperti di atas.

Previous articleTeks Negosiasi: Pengertian, Ciri, Struktur, Contoh dan Cara Membuat (kelas 10)
Next articleDeksametason: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping