Doa atau Permohonan Penting di Malam Nisfu sya'ban

3 Do’a atau Permohonan Penting di Malam Nisfu Sya’ban

Posted on

Malam nisfu sya’ban adalah malam penuh keberkahan dan salah satu hal penting adalah meminta permohonan kepada Allah dengan tiga hal. Sudah menjadi kebiasaan warga NU (Nahdhatul Ulama) untuk membacakan surat Yasin sebanyak tiga kali dimalam nisfu sya’ban yang di iringi dengan tiga permintaan kepada Allah.

Bacaan surat Yasin dilakukan secara berjamaah atau secara sendiri-sendiri setelah melakukan shalat maghrib dan sunnat ba’diah maghrib. Berikut doa untuk setiap bacaan yasin yang kita bacakan:

1. Do’a Yasin pertama

Ketika membaca yasin pertama kita niatkan untuk dipanjangkan umur dan di berikan keberkahan. Demikian juga do’a kita setelah membaca yasin ini. Do’akan sebagaimana Allah telah memanjangkan umur Nabiyullah Ilyas untuk ibadah kepada Mu, maka panjangkan umur saya untuk bisa beribadah kepada Mu.

Intinya, berdo’alah agar Allah memanjangkan umur kita dan di berikan keberkahan.

2. Do’a Yasin ke Dua

Ketika membaca yasin ke dua niatkan agar Allah memudahkan kita mendapatkan rezeki yang halal. Demikian juga dengan do’a setelah yasin yang kedua, berdo’alah kepada Allah SWT. agar Allah mudahkan kita mendapatkan rezeki yang halal sehingga kita jauh dari maksiat seperti merampok, mencuri, menipu, menerima sogok dll.

3. Do’a Yasin ke tiga

Ketika membacakan yasin yang ketiga, maka kita niatkan untuk keselamatan iman kita. Demikian juga do’a yang kita panjatkan setelah membaca yasin. Berdo’alah agar Allah menyelamatkan kita di dunia dan di akhirat. Selamat di dunia adalah dengan selamat Iman, selamat di akhirat juga dengan selamat iman.

Mintalah dengan penuh khusyu’ agar Allah tutupi usia kita dalam Iman, karena inilah keselamat yang sesungguhnya.

Baca juga: Amalan utama nisfu sya’ban, Syaikh Sayyid Muhammad bin ‘Alawi Al-MalikiĀ 

Malam nisfu sya’ban adalah malam luarbiasa mulia di sisi Allah, maka jangan sampai kita tidak sempat mendoakan tiga perkara tersebut. Jika tiga perkara itu sudah kita mohon pada Allah dengan ikhlas maka sudah bisa dikatakan kita sudah mendapatkan kemuliaan malam nisfu sya’ban.

Tiga permohonan dan doa itu sudah mencakup kebahagiaan kita di dunia dan akhirat. Semoga saja kita termasuk hamba Allah yang ikhlas beramal karenaNya dan ikhlas menjauhkan maksiat karenaNya. Amiin

Jika bermanfaat, silahkan share!