Home Puasa Puasa Senin Kamis, Niat, Tata Cara, dan Keutamaan Puasa Senin Kamis

Puasa Senin Kamis, Niat, Tata Cara, dan Keutamaan Puasa Senin Kamis

Niat Puasa Senin Kamis, kelebihan puasa
sharingkali.com

Puasa senin dan puasa kamis adalah puasa sunnat yang dilakukan untuk menambahkan amalan seorang hamba di sisi Allah SWT. Sangat banyak bentuk amalan sunnat yang bisa di dilakukan dalam rangka menambahkan amalan seorang hamba di sela-sela rutinitasnya sehari-hari. Puasa sunnat kamis dan senin adalah salah satunya. Maka dalam kesempatan ini elsholat.com mencoba mengulas tentang puasa sunnat ini, sehingga menjadi rujukan dan pedoman bagi setiap orang mukmin yang ingin beribadah kepada Allah SWT.

Puasa Senin Kamis

Kami akan menjelaskan tata cara puasa senin kami termasuk didalamnya niat puasa senin kamis, waktu berbuka puasa dan lafadh niatnya. Dua jenis puasa ini sangat populer di tengah-tengah kehidupan orang mukmin karena bahkan puasa senin kamis serignkali di kaitkan dengan kesehatan dan kemudahan rezeki seorang hamba. Ini ada benarnya, karena manakala seorang hamba beribadah sunnat dengan ikhlas maka Allah akan mencinatainya sehingga berbagai pintu rezeki termasuk kesehatannya di buka lebar oleh ALLAH. Disamping itu, puasa sunnat senin kami juga menjadi bentuk kita ummat Nabi dalam mengikuti jejak Beliau. Rasulullah SAW. selalu melakukan ibadah puasa sunnat ini maka seyogyanya bagi ummat untuk mengikuti jejak beliau terlepas dari hikmat luarbiasa dibalik puasa senin kamis.

Salah satu alasan yang membuat kita merasa harus melakukan puasa sunnat ini adalah ada pemeriksaan amal hamba di setiap hari senin dan kamis. Sebagaimana yang termaktub dalam sebuah hadist yang artinya. “Amalan-amalan hamba diperiksa setiap senin dan kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa.” (HR.Turmizi). Jadi, ada keistimewaan pada hari senin dan kamis sehingga amal perbuatan hamba pun diperiksa pada hari tersebut. Tentu, kita yang ingin tampil sempurna di hadapan Allah, sangat menginginkan ketika diperika amalan kita padahal kita sedang dalam keadaan berpuasa. Jadi, melakukan puasa senin dan puasa kamis adalah salah saut bentuk kita cinta dan mengikuti Rasulullah SAW.

Baca juga: Sholat istikkharah

Tata Cara Puasa Senin Kamis

Niat Puasa Senin Kamis

Niat adalah amalan hati, jadi tidak ada seorangpun tahu kecuali dia yang meniatkan dan Allah SWT. Maka dalam proses belajar kita tentu menulis lafadh niat dan menghafal lafadh niat puasa senin dan kamis, namun dalam pengaplikasiannya kita niat itu di lakukan dengan hati. Berikut lafadh niat puasa senin dengan bahasa Arab dan tulisan Latin.

Setelah niat puasa senin, kami juga menampilkan niat puasa kamis dengan bahasa Arab, dengan tulisan Arab dan tulisan Latin untuk memudahkan bagi mereka yang tidak biasa membaca tulisan Arab. Namun, bagi muslim yang tidak membaca arab, kami menganjurkan agar belajar sedikit demi sedikit sehingga memudahkan kita beribadah kepada Allah.

Niat Puasa Senin Kamis
online-nu.blogspot.com

Waktu Niat Puasa Senin Kamis

Waktu niat puasa secara umum adalah di malam hari mulai terbenam matahari hingga sebelum masuk waktu subuh. Namun bagi puasa sunnat ada keringanan, seseorang yang ingin melakukan puasa sunnat dibolehkan meniatkan puasa sunnat tersebut termasuk puasa senin dan puasa kamis pada di waktu pagi.

Namun, ada syaratnya yaitu selama seseorang yang ingin berpuasa tersebut belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa. Jadi, bila anda ingin puasa senin kamis, tapi lupa melakukan niat di malam hari, anda bisa berniat di pagi hari sebelum melakukan hal yang membuat puasa anda batal.

Baca juga kelebihan: Sholat dhuha

Sementara kaifiyat dan tata cara puasa sama seperti puasa wajib yaitu menahan diri dari makan dan minum sereta segala hal yang menyebabkan batal puasa termasuk onani dan masturbasi. Menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa dimulai dari masuknya waktu subuh hingga masuknya waktu maghrib. Jadi, apabila waktu maghrib sudah masuk, maka orang berpuasa sudah bisa berbuka.

Hanya saja yang membedakan dengan puasa lain adalah dari sisi lafadh niatnya dan himah serta rahasia terjandung didalamnya. Puasa senin kamis sunnat dilakukan sebagaimana dalam hadist Rasulullah bersabda sebagai berikut:

تعرض الأعمال يوم الاثنين والخميس، فأحب أن يعرض عملي وأنا صائم

Artinya :” Pahala amalan diangkat pada hari senin dan kamis, maka aku menyukai jika ketika amalanku di angkat padahal aku dalam keadaan berpuasa.” (HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah). Untuk hari senin ada keistimewaan lain didalamnya sehingga Rasulullah SAW melakukan puasa didalam hari tersebut.

Ketika para sahabat bertanya tentang puasa senin kami, Rasulullah SAW menjawab:

ذاك يوم وُلدتُ فيه وأُنزلَ عليَّ فيه

Artinya : “Itu adalah hari aku di lahirkan dan hari diturnkan wahyu kepada ku” (HR Muslim)

Rasulullah SAW saja puasa di hari lahirnya, bagaimana dengan kita yang merupakan ummatnya, sebab ada Rasulullah SAW maka kita pun hari ini beriman dan menjadi Hamba yang di cintai Allah (Semoga kita menjadi hamba beriman dengan sebenarnya), sudah lebih pantas dan lebih harus untuk melakukan puasa tersebut sebagai bentuk syukur kita kepada Allah atas Rahmat kelahiran Rasulullah SAW.

Seorang yang berakal sehat pasti melihat ini adalah sebagai suatu yang mesti dilakukan. Karena kalau bukan karena Rasulullah SAW, sungguh Allah tidak menciptakan Falaq (alam semesta). Sebab ada Beliau maka kita ada, kita merasakan nikmat hidup ini untuk kemudian di berikan ganjaran surga di akhirat bagi orang-orang yang beriman dan memuliakan Rasulullah SAW.

Keutamaan Puasa Senin Kamis

Beberapa keutamaan dan manfaat menjalankan puasa senin kamis adalah sebagai berikut:

1. Menjadi perisai bagi kejiwaan seseorang

Maksudnya adalah melatih diri agar terhiindar dari dosa. Dalam sebuah hadist yang di riwayatkan oleh Ibnu Majah artinya: “Setiap sesuatu itu ada zakatnya dan zakat jiwa adalah puasa, dan puasa adalah setengah dari kesabaran”. Jika kita melaksanakan pausa setidaknya dua kali dalam seminggu maka jiwa akan terbiasa dengan ibadah dan akan jauh dari kejahatan dan dosa. Seseorang yang sanggup mebiasakan dirinya dengan puasa, maka ia akan terpelihara dari dosa karena dengan puasa nafsu seseorang akan tertkekang dan terikat sehnigga tidak terlalu selera dengan dosa.

Bahkan dalam hadist lain di sebutkan bahwa benteng bagi seseorang yang membentenginya dari neraka. Jadi, jika anda merasa susah meninggalkan maksiat, coba laksanakan puasa dan biasakan puasa senin kamis.

2. Menjaga kejiwaan yang stabil

Kalau ditinjau dari sisi kejiwaan puasa mempunyai banyak hikmah dan manfaatnya. Diantaranya adalah membiasakan kesabaran, menguatkan kemauan, belajar bagaimana menguasai diri, serta mewujudkan dan membentuk ketaqwaan dalam jiwa. Jadi, hikmah puasa untuk membentuk kejiwaan yang baik sangat luarbiasa.

3. Baik untuk meningkatkan kesehatan

Puasa dua hari dalam seminggu setidaknya bisa membatasi kalori dalam tubuh kita. Ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya pikir dan ingatan seseorang. Maka, berpuasa akan melatih dan melahirkan produktifitas kita.

4. Pintu pintu surga di bukakan

Dalam hadist riwayat muslim di sebutkan “maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan suatu apapun akan di ampuni dosa-dosanya, kecuali orang yang diantara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, tundalah pengampunan terhadap dua orang ini sampai keduanya berdamai. (HR Muslim)

5. Dibukakan pintu Ar_Rayyan di Surga

Sesungguhnya dalam surga ada satu pintu yang bernama Ar-Rayyan yang akan masuk kedalamnya oleh orang-orang yang sering berpuasa di hari kiamat kelak, tidak akan masuk melalui pintu itu kecuali mereka yang suka berpuasa. Ditanyakan, manakakah orang yang suka berpuasa? Maka mereka yang suka berpuasapun berdiri dan tidak masuk melalui pintu itu kecuali oleh mereka saja. Dan jika mereka sudah masuk semuanya, maka pintu itupun di tutup sehingga tidak ada yang masuk melalui pintu itu lagi. (HR Bukhari dan Muslim)

Beberapa Keutamaan Puasa Senin Kamis Lainnya

  • Terhindar dari godaan syaithan,
  • Melatih diri untuk disiplin,
  • Melembutkan hati dan meingkatkan rasa syukur kepada Allah,
  • Menguatkan diri dalam menahan nafsu,
  • Kunci sukses mencapai harapan dan asa,
  • Menurunkan kolesterol,
  • Mengencangkan kulit,
  • dan bisa cepat datang jodoh