Home Shalawat Shalawat Nariyah dan Keutamaannya: Teks Arab, Latin dan Terjemahannya

Shalawat Nariyah dan Keutamaannya: Teks Arab, Latin dan Terjemahannya

102
shalawat nariyah dan keutamaan shalawat nariyyah

Membaca shalawat nariyah adalah salah satu bentuk kecintaan kepada Rasulullah SAW. Ada beragam teks shalawat yang bisa kita bacakan dan semuanya bisa membuat Rasulullah Senang sehingga kita yang membacanya akan mendapatkan keberkahan dan keutamaan serta faedahnya.

Misalnya shalawat nariyah, ini adalah salah satu shawalat yang sangat populer di kalangan ummat Islam Indonesia. shalawat nariyah memiliki banyak keutamaan bagi yang membacanya. Salah satu manfaat yang masyhur adalah memudahkan rezeki. Merutinkan membacakan shalawat ini bisa memberikan kemudahan rezeki bagi yang membacanya. Kita bisa berniat agar rasulullah SAW senang, itu saja. Bisa juga meniatkan bacaan Shalawat tersebut agar Allah ridha dengan kita karena kita senang dengan Rasulullah dan cinta kepada Rasulullah sehingga bibir kita selalu basah dengan shalawat-shalawat.

Demikian juga sama halnya dengan shalawat munjiyat yang sudah kita pelajari pada postingan sebelumnya. Semua shalawat sangat besar keutamaannya jika kita merutinkan membacanya. Jadi, zikir atau shalawat dan ratib, akan banyak manfaat dan keutamaan yang di dapat manakala kita bisa merutinkannya dan membaca dengan penuh tadabbur dan meresapi maknya. Memang, membaca shalawat ini tetap ada manfaatnya sekalipun kita tidak mengetahui maknanya atau artinya, namun akan lebih bagus lagi manakala kita bisa mentadabburi maknanya.

Shalawat Nariyah dan Keutamaannya
Shalawat Nariyah dan Keutamaannya

Ada banyak hadist yang bisa meningkatkan semangat kita dalam membaca shalawat, seperti hadist tentang kemudahan rezeki, dan hadist tentang berlipat gandanya pahala bagi pembaca. Dalam sebuah hadist Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Siapa membaca shalawat untukku, Allah akan membalasnya 10 kebaikan, diampuni 10 dosanya, dan ditambah 10 derajat baginya”. Ini bisa menjadi pembangkit dan pembais bagi kita untuk bisa semangat dalam bershalawat kepada Rasulullah SAW.

Lihat juga: Doa Penutup Majelis (Doa Kafaratul Majelis)

Bacaan Shalawat Nariyah

Ok, pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang bacaan shalawat nariyah serta keutamaan dan faedahnya. Tentang keutamaan shalawat kita sudah biacarakan diatas dan sekarang kita langsung saja menyimak bagaimana bacaan shalawat nariyah. Kami akan menulis dalam bahasa Arab, latin dan terjemahannya sehingga kita semua bisa memahami dengan baik dan gemar dalam bershalawat kepada Rasulullah SAW.

Shalawat Nariyah Tulisan Arab

اَللّٰهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَآمًّا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِي تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضٰى بِهِ الْحَوَآئِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَآئِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلٰى اٰلِهٖ وَصَحْبِهٖ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَّكَ

Shalawat nariyah tulisan latin

Allaahumma sholli sholaatan kaamilatan wa sallim salaaman taamman ‘alaa sayyidina Muhammadinilladzii tanhallu bihil-‘uqadu wa tanfariju bihil-kurobu wa tuqdhoo bihil-hawaa’iju wa tunaalu bihir-raghooibu wa khusnul-khawaatimi wa yustasqal-gamaamu bi wajhihil-kariimi wa ‘alaa aalihii wa shohbihii fii kulli lamhatiw wa nafasim bi ‘adadi kulli ma’luumil lak.

Baca juga: Lirik atau Teks Sholawat Badar Arab dan Latin Serta Sejarahnya

Terjemahannya Shalawat Nariyah Bahasa Indonesia

“Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang melaluinya semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta khusnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia awan menurunkan hujannya, dan semoga pula terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau”.

Keutamaan Shalawat Nariyah

Ada beberapa keutamaan yang populer dalam membacakan shalawat Nariyah, walau sebenarnya sangat banyak manfaat bagi yang membacanya.

Dalam kitab Khaziinatul Asraar, Al-Arif Muhammad Haqqi Afandi An-Nazili menyebutkan dan dinukilkan dari Imam Al-Qurthubi, bahwa siapa saja yang menjadikan Shalawat Nariyyah sebagai wirid hariannya sebanyak 141 kali setiap harinya atau lebih banyak dari itu, maka ia akan memperoleh keutamaan sebagai berikut:

  1. Allah akan menghilangkan kesedihannya dan menghapuskan dukanya serta menghapus kesulitan dan bahaya yang menimpanya.
  2. Allah akan memudahkan segala urusannya, membuat hatinya bercahaya, dan meninggikan martabatnya disi-Nya
  3. Allah akan memperbaiki keadaanya, Allah akan meluaskan rezekinya, dan membuka semua pintu kebaikan baginya secara berlimpah.
  4. Suaranya di dengar oleh para pemimpin
  5. Allah akan mengamankannya dari berbagai bencana, menyelamatkannya dari berbagai malapetaka kelaparan, serta menuhkan kemiskinan darinya.
  6. Allah akan menjadikan ia sebagai orang yang dicintai oleh semua orang
  7. Allah akan mengabulkan permintaannya, tidak sekali-kali ia meminta dan memohon kepada Allah kecuali Allah memberikanyna.

Baca juga: Hadist Hadist Tentang Keutamaan Shalawat kepada Nabi Saw

Itulah bacaan dan teks shalawat Nariyah, keutamaan shalawat nariyah baik dengan tulisan Arab, latin dan artinya. Semoiag bermanfaat dan Allah memberikan kepada kita taufiq sehingga kita bisa dan mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Previous articleShalawat Munjiyat: Faedah dan Keutamaan, Arab, Latin dan Artinya
Next article11 Lowongan Kerja Lulusan SMA Gaji Tinggi Bahkan 10 Juta