Shalawat Nabi untuk Tercapai Semua Hajat
islam.nu.or.id

Ini Shalawat Nabi untuk Tercapai Semua Hajat

Posted on

Shalawat untuk Tercapai Semua Hajat

Membaca shalawat sangat banyak faedahnya, salah satu faedah membaca shalawat kepada Nabi dan keluarganya adalah tercepat semua hajat, keinginan dan cita-cita. Untuk tercapai semua hajat, Syaikh Yusuf bin Ismail Al-Nabhani dalam kitab Afdalus Shalawat ‘ala Sayyidis Sadat menyebutkan ada lafadh shalawat tertentu kepada Rasulullah SAW agar semua hajat dan kebutuhan tercapai. Bunyi shalawatnya adalah sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَهْلِ بَيْتِهِ

Artinya: Ya Allah sampaikan rahmat atas penghulu kami, dan atas keluarga penghulu kami Nabi Muhammad SAW. dan atas penghuni rumah (ahli bait).

Tentang pengertian hadis di atas, Syaikh Yusuf bin Ismail menjelaskan sebagai berikut:

قال ابن حجر في كتاب الصواعق روي عن جعفر مرفوعا : من صلى على محمد وعلى اهل بيته مائة مرة قضى الله مائة حاجة سبعين منها في اخرته قال الشيخ السجاعي في حاشيته عليه ولفظها اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَهْلِ بَيْتِهِ

Artinya:

Ibnu hajar dalam kitab Shawa’iq menyebutkan sebuah hadist yang di riwayatkan dari Ja’far yang hadist tersebut memiliki derajat marfu’. “siapa saja yang bershalawat atas Nabi Muhammad SAW dan keluarganya, sebanyak seratus kali, maka Allah akan menunaikan seratus hajatnya. 70 hajat adalah hajat akhiratnya, berkata syeikh as-Saja’i dalam hasyiahnya atas kita shawa’iq, “lafadh shalawat adalah ALLAHUMMA SHALLI ‘ALA SAYYIDINA MUHAMMAD WA ‘ALA ALI SAYYIDINA MUHAMMAD WA ‘ALA AHLI BAITIHI”.

Itulah lafadh shalawat yang keberkahannya bisa membuat semua hajat tercapai baik dunia maupun akhirat. Maka mari kita perbanyak shalawat atas Junjungan ‘alam nabi besar Muhammad SAW. Shalawat itu akan bermanfaat untuk Rasulullah SAW dan terutama kepada kita yang membacanya, karena tujuan utama membaca shalawat adalah agar manfaatnya kembali kepada kita termasuk mendapatkan syafa’at dari Rasulullah SAW.