keutamaan surat al waqiah

Keutamaan Baca Surat Al Waqiah Tiap Malam, Mendatangkan Kekayaan

Posted on

Ayat al-Quran tidak terlepas dari banyaknya faedah dan keutamaannya. Salah satu surat dalam al-Quran yang mengandung banyak faedah adalah surat al-Waqiah. Sahabat Rasul yang bernama Abdullah bin Ma’sd mengatakan bahwa orang yang membaca surat waqiah tiap malam akan terhindar dari kemiskinan, artinya ia akan memiliki kekayaanya.

Keutamaan Baca Surat Al Waqiah

Pernah suatu ketika, Khalifah Usman bin Affan ingin memberikan sebahagian hartanya kepada Abdullah bin Mas’ud agar harta itu bisa di berikan kepada putra-putranya. Namun, Abdullah bin Mas’ud menolak pemberian tersebut karena dirinya sama sekali tidak khawatir dengan kemiskinan.

Baca juga: 99 Asmaul Husna, Arab, Latin Beserta Keutamaan

Padahal, Abdullah bin Mas’ud memiliki suatu amalan yang di ajarkan kepada putranya agar tidak mengalami kepapaan. Ini adalah amalan yang di ajarkan Rasulullah SAW kepadanya, beliau berkata kepada khalifah sebagai berikut:

“Apakah Amirul Mukminin takut putraku miskin? Mereka sudah kusuruh membaca Surat Al Waqiah setiap malam,” kata Abdullah bin Mas’ud ketika sakit menjelang wafatnya.

Hadist tentang kelebihan surat al-Waqiah

Kemudian, Abdullah bin Mas’ud mengabarkan kepada khalifah bunyi Hadist Rasulullah tentang alwaqiah ini. Dalam sebuah hadiost beliau bersabda sebb:

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْواقِعَةِ كُلَّ لَيْلَةٍ لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ أَبَدًا

“Siapa saja yang membaca surat al waqiah pada tiap malam, niscaya ia tidak akan di timba kemiskinan selama-lamanya”

Tentang kelebihan surat al waqiah, syeikh Wahbah Zuhaili menyebutkan sebuah hadist yang berkenaan dengan ini سُوْرَةُ الْواقِعَةِ سُوْرَةُ الْغِنَى فَاقْرَؤُوْهَا وَعَلَّمُوْهَا أَوْلَادَكُمْ, artinya: Surat waqiah itu adalah surat kaya, maka bacalah surat al-waqiah tersebut dan ajarkan ia kepada anak-anak kamu. HR. Ibnu Murdawaih.

Sementara dalam hadist lain yang di riwayatkan oleh HR. Ad Dailami, Rasulullah SAW. bersabda: عَلِّمُوْا نِسَاءَكُمْ سُوْرَةَ الْواقِعَةِ فَإِنَّهَا سُوْرَةُ الْغِنَى yang artinya: Ajarilah perempuan-perempuan kamu akan surat al waqiah karena ia adalah surat kekayaan.

Jadi, sangat banyak hadist nabi yang menjelaskan pentingnya surat al-waqiah. Maka sudah sepantasnya kita menghafalnya dan membacanya setiap malam agar jauh dari kefakiran. Namun, ada juga yang menafsirkan kekayaan disini adalah kekayaan jiwa, jiwa yang kokoh dan tetap serta kaya.