Home Info Simak 8 Tahap Cara Memelihara Ikan Cupang di Rumah

Simak 8 Tahap Cara Memelihara Ikan Cupang di Rumah

24
Memelihara Ikan Cupang Hias

Cara Memelihara Ikan Cupang – Ikan cupang termasuk salah satu jenis ikan hias yang mudah dipelihara. Ikan cupang dikatakan juga dengan ikan siam, bagi anda yang ingin memeliharanya anda cukup mengikuti langkah-langkah mudah ini.

Biasanya ikan cupang cukup diletakkan dalam suatu wadah dan beri makanannya teratur serta ganti air secara rutin.

The elsholat.com Contents

Memelihara Ikan Cupang Hias

Ini Cara Memelihara Ikan Cupang Hias

Dalam ulasan ini kami akan memberikan sedikit tips dan cara memelihara ikan cupang dengan benar sehingga anda bisa sukses sebagai petani ikan hias.

Berikut beberapa tahap yang harus anda lakukan dalam memelihara ikan cupang.

1. Mempersipkan wadah

Ketika anda ingin memelihara ikan hias seperti ikan cupang, hal pertama adalah mempersiapkan wadah atau tempat.

Siapkan wadah atau tempat pemeliharaan ikan cupang, ambil ember kosong dan isi dengan air bersih, diamkan sebentar agar suhu air dalam ember sama dengan suhu kamar.

2. Tuangkan air ke tempat ikan cupang

Tuangkan air ember dalam wadah tempat pemeliharaa ikan cupang, anda bisa menambahkan beberapa batu didalamnya, atau dengan menempatkan tanaman atau bunga palsu.

Lihat juga:

Karang juga bisa menjadi alternatif dalam memperindah akuarium anda atau kolam ikan hias.

3. Perhatikan suhu air

Suhu air juga harus di perhatikan dengan baik agar sesuai dengan habitat ikan tersebut. Lain ikan biasanya akan lain suhu air yang digunakan.

Periksa suhu air selalu dengan termometer. Suhu air tempat pemeliharaan ikan cupang harus berada pada kisaran 22 derajat celcius dan 27 derajat.

4. Ukur suhu air saat beli

Kemudian tips memeliharan ikan cupang berikutnya adalah dengan melihat dan mengukur suhu air waktu pembelian ikan cupang dengan suhu air dirumah atau pada wadah anda. Usahakan suhu airnya tidak berbeda jauh.

Ini untuk menjaga agar ikan tidak stres saat berada di llingkungan barunya. Dengan suhu air yang sama seperti sebelumnya, maka ikan akan aman-aman saja.

5. Memindahkan ikan dengan perlahan

Ketika melakukan pemindahan, kita harus melakukannya dengan perlahan sehingga tidak mengganggu kondisi ikan.

Saat pemindahan ikan cupang, pindahkan dengan lembut, kalau tidak maka ikan cupang anda akan stress yang bisa berakibat mati. Untuk makanannya anda bisa memberikan makanan kering, atau makanan hidup seperti jentik, cacing kecil merah.

6. Jaga tempat selalu bersih

Bersihkan tempat ikan cupang minimal 1 minggu sekali, waktu memindahkan ikan gunakan jaring, jangan menggunakan tangan karena rentan terjadi stress ikan.

Gunakan jaring atau penangkap ikan saat melakukan pemindahan dari satu tempat ke tempat lkainnya.

7. Cuci tempat ikan cupang dengan air hangat

Ketika membersihkan tempat ikan, cuci tempatnya dengan air hangat, begitu juga bebatuan yang ada didalamnya atau tanaman palsunya, cuci dulu dengan air hangat dan lap dengan kain.

8. Mengatur kembali kolam

Setelah anda membersihkan kolam atau mengeringkan airnya, maka lakukan pengaturan atau perapian kolam kembali. Namun menurut prediksi kita, bahwa yang menang dalam Masukkan kembali batu dan tanaman palsu kedalam wadah pemeliharaan ikan cupang.

Sebaiknya jangan langsung memasukkan ikan, tetapi biarkan sebentar agar suhu air dalam wadah sama dengan suhu kamar.

Itulah tips dan cara memelihara ikan cupang nilai, perhatikan selalu caranya agar ikan hias cupang anda tidak stress dan mati. jadi, hanya itu saja yang perlu diperhatikan dalam perawatan ikan cupang. Semoga bermanfaat untuk anda.

Previous articleTips Memelihara Ikan Hias agar Tetap Sehat dan Indah
Next articleKitab Aqidatul Awam: Syair Ringkas Ilmu Tauhid