Home Berkebun 11 Tanaman Hias Puring Berdaun Cantik dan Harganya

11 Tanaman Hias Puring Berdaun Cantik dan Harganya [+Gambar]

55
Tanaman Hias Puring Berdaun Cantik dan Harganya

Tanaman hias sangat laku di pasaran, salah satunya adalah tanaman hias puring berdaun cantik dan ada yang keriting indah. Disini kami akan membahas aneka ragam tanaman puring cantik serta harganya.

Tanaman puring bernama latin Codiaeum variegatum, ia tidk hanya populer sebagai tanaman hias mempercantik halaman, namun puring adalah tanaman yang juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

Cukup terkenal di Indonesia dan negara tropis lainnya serta sub tropis. Tanaman ini cukup banyak varian nya bahkan ada ratusan jenis dengan warna daun yang beragam. Ada puring berwarna ungu, hijau, orange, jingga, merah, kuning dan lain-lain.

Tanaman hias puring juga memiliki bentuk daun yang beragam sehingga keindahannya seakan tidak akan habis-habis. Maka, pada kesempatan ini, kami akan membeberkan 11 varian puring berdaun cantik serta harganya di pasaran.

Jenis-Jenis Tanaman Hias Puring Berdaun Cantik

1. Puring worten

Puring worten, tanaman hias puring berdaun cantik

Ini adalah puring dengan daun lebat berbentuk lancip dan besar atau hampir bulat. Warna daunnya juga beragam ada yang hijau, merah, kuning dan ungu. Tidak hanya memberikan keindahan, namun tanaman hias puring juga bermanfaat untuk kesehatan.

Tanaman hias puring biasa di jadikan sebagai obat untuk menyerap timbal akibat pencemaran udara dan sebagai sakit perut.

Tanaman hias ini juga termasuk memiliki harga yang bagus yaitu berkisar antara 60.000 hingga 100.000 tergantung ukurannya.

2. Puring Kirana

Puring Kirana tanaman hias puring cantik

Selanjutnya, jenis tanaman hias puring adalah puring kirana. Tanaman ini berdaun agak panjang-panjang dan bergelombang. Ia tumbuh tegak dan biasanya di jadikan sebagai tanaman hias di dalam ruangan. Namun untuk daun yang berwarna cerah, tanaman ini sebaiknya di tanam di tempat yang terkena sinar matahari.

Kalau anda harus memasukkanya kedalam ruangan, maka letakkan di samping jendela untuk mendapatkan sinar matahari.

Puring kirana biasanya di hargai 25000 hingga 35000 per pot atau tanaman sesuai dengan ukurannya.

3. Puring jet

Tanaman hias puring jet

Ada juga puring jet, tanaman hias puring jet adalah tanaman yang mudah di jumpai.

Ciri-ciri puring jet adalah daunnya berlobus 3 (tri-lobed), dan bentuknya bervariasi seperti burgundy, hijau, jingga dan kuning.

Tanaman puring jet bisa tumbuh dengan ketinggian hingga 3 meter. Maka, biasanya tanaman hias puring jet menjadi tanaman untuk mempercantik halaman rumah, atau di kenal sebagai tanaman ourdoor cantik.

Cara perawatannya adalah disirami hanya jika tanah sudah kering. Tanaman ini tidak boleh di sirami terlalu sering karena tidak menyukai tanah basah.

Tanaman hias puring jet di hargai 25.000 per pot.

4. Puring Bali

Puring Bali

Varian ke-empat adalah jenis puring bali. Tanaman puring Bali memiliki warna daun merah gelap, kuning dan hijau.

Ukuran daun puring Bali besar-besar sehingga jika di letakkan diantara puring lainnya, ia nampak beda dan lebih menonjol.

Tanaman hias ini juga termasuk tanaman outdoor di mana pertumbuhannya bisa 3 meter. Untuk bisa mendapatkan daun yang berwarna cerah, anda harus menanam di tempat yang mengenai sinar matahari.

Puring Bali di harga 20.000 hingga 30.000 per bibit.

5. Puring Havana White

Puring Havana White

Puring Havana White memiliki daun dengan warna hijau dan putih di bagian pinggirnya. Warna putih membuatnya kelihatan cantik dan tak biasa.

Tanaman hias puring havana whote cocok untuk anda tanam di ruangan atau di luar ruangan.

Puring Havana White di jual dengan harga 20.000 hingga 30.000

6. Puring Havana Golden

Puring Havana Golden

Ada juga jenis tanaman hias puring havana golden yang bentuknya serupa dengan puring havana white. Hanya saja yang membedakannya adalah bagian tengah daunnya berwarna golden atau kuning ke emasan.

Ia tumbuh dengan daun rimbun dan bentuknya lonjong.

Untuk perawatannya sangat mudah, anda hanya perlu menyirami sedikit air setiap harinya.

Harganya puring havana golden berkisar antara 25.000 hingga 35.000 per bibit.

7. Puring Apel

Tanaman hias puring apel

Puring apel memiliki bentuk yang mirip dengan buah apel, bentuk daunnya lebar dan bulat dengan corak hijau bercampur kuning.

Untuk bisa tumbuh dengan baik, puring apel membutuhkan sinar matahari yang cukup. Sinar matahari juga penting agar daunnya tumbuh dengan warna cerah dan indah.

Harga puring apel berkisar antara 30.000 hingga 60.000 sesuai dengan ukuran dan keindahannya.

Lihat juga:

8. Puring Teri

Tanaman hias Puring Teri

Tanaman hias puring teri memiliki bentuk daun seperti ikan teri. Daunnya panjang-panjang dan kecil-kecil dengan perpaduan warna kuning dan hijau.

Tanaman hias ini cocok di jadikan sebagai tanaman hias di tanam, namun akan lebih indah jika di tanam dalam jumlah yang banyak.

Puring teri di jual dengan harga murah yaitu 25.000 hingga 30.000 per pot.

9. Puring kura

Puring kura

Puring kura memiliki bentuk daun besar dan mirip tempurung kura-kura. Perpaduan warna merah, kuning hijau menjadikannya kelihatan sangat indah.

Unutk memperoleh daun yang indah dan warna warni, anda harus menanam tanaman hias puring kura ini di tempat yang terkena sinar matahari secara penuh.

Harganya agak mahal yaitu di banderol 60.000-70.000 per batang.

10. Puring Tissue

Tanaman hias puring tissue

Ada jenis puring tissue yang bentuk daunnya agak mirip dengan kertas tissue. Ukuran tanaman hias puring ini sangat pendek, maka ia cocok di jadikan sebagai tanaman penghias ruangan.

Daunnya adalah putih varigata dan krem, daunnya lebar dan rimbun.

Harga tanaman hias puring tissue adalah berkisar antara 50.000 hingga 70.000 per batang.

11. Puring Timun

Puring Timun

Satu lagi jenis yang unik dan populer di Indonesia adalah tanaman hias puring timun.

Bentuk daunnya agak panjang dan ujungnya lancip sehingga agak mirip buah timun. Daun tanaman ini bercampur antara kuning dan hijau dan ini memberikan keindahan tersendiri.

Jenis timun bisa tumbuh hingga 4 meter dan termasuk yang paling besar pertumbuhanya. Maka, tanaman hias ini cocok di tanam di luar ruangan sebagai tanaman hias out door.

Ia juga membutuhkan sinar matahari penuh untuk bisa memberikan warna daun yang bagus.

Harga tanaman puring timun sangat mudah yaitu 25000 hingga 30.000.

Itulah beberapa jenis tanaman hias puring yang sering menjadi tanaman penghias halaman rumah dan ruangan. Di INdonesia tanaman ini juga di kenal dengan tanaman tepung tawar karena sering di gunakan dalam acara tepung tawar seperti menempati rumah baru, kendaraan baru atau pengantin di usia hamil 7 bulan.

Previous articleKalori Makaroni Pedas, Goreng: Camilan Favorit Semuanya!
Next article16 Macam Macam Bunga Langka di Indonesia [+Gambar]