Home Info Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Apa Pengertiannya?

Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Apa Pengertiannya?

42
Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Apa pengertian dari Teknologi Informasi dan Komunikasi? Dalam artikel ini kita akan melihat tentang teknologi kekinian yang berhubungan dengan penyampaian informasi.

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi Informasi dan Komunikasi di singkat dengan TIK adalah payung besar dari terminologi yang mencakupi keseluruhan peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. Dalam istilah TIK ada dua aspek yang tak lekang, ini adalahteknologi informasi dan teknologi komunikasi. Bagaimana penjelasan keduanya, mari kita lihat ulasannya secara detail berikut ini.

Pengertian TIK

Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses penggunaan sebagai alat bantu, proses manipulasid an pengelolaan informasi. Pengertian teknologi informasi dalam kamus Oxford (1995) adalah study penggunaan poeralatan elektronik terutama komputer untuk menyimpan, mengalisa, mendistribusikan informasi apa saja, termasuk diantaranya adalah bilangan, dan gambar.

Rusman, dkk. (2012) menyatakan “Teknologi Informasi adalah serangkaian tahapan penanganan informasi, yang meliputi penciptaan sumber-sumber informasi, pemeliharaan saluran informasi, seleksi dan transmisi informasi, penerimaan informasi secara selektif, penyimpanan & penelusuran informasi, dan penggunaan informasi”.

Sementara Teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang ada kaitannya dengan penggunaan alat bantu untuk memproses, dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke perangkat lainnya. Teknologi informasi ini adalah teknologi yang berkaitan dengan perangkat-perangkat baik keras maupun lunak serta proses dan sistem yang digunakan untuk membantu jalannya komunikasi.

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah segala kegiatan yang berkaitan dengan pemrosesan, pengelolaan, penyampaian, atau pemindahan informasi yang bersifat multimedia dari satu sarana ke sarana lain (media ke media lainnya).

Beberapa Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Selain pengertian secara umum, ada juga pengertian TIK menurut beberapa ahli yang membidangi teknologi ini. Yuk kisa simak satu persatu.

1. Menurut UNESCO

UNESCO mengatakan bahwa TIK adalah perangkat teknologi dan sumber daya yang bervariasi yang di gunakan untuk mengirimkan, menyimpan, membuat, membagikan, dan untuk bertukar informasi.

2. Bambang Warsita (2008:135)

Menurut Bambang Warsita (2008:135), TIK adalah sarana dan prasarana baik berupa sistem hardware, useware atau software untuk memperoleh, mengirimkan, mengolah, menafsirkan, mengorganisir, menyimpan dan menggunakan data secara berarti dan bermakna.

Pengertian TIK secara terpisah bias di klasifikasikan kepada dua sisi yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi.

  • Teknologi informasi: Digunakan untuk mengolah informasi, contohnya komputer
  • Teknologi Komunikasi: Digunakan untuk memindahkan informasi dari sumber ke penerima informasi. Contoh Teknologi Komunikasi adalah TV dan Telepon.

Teknologi Informasi Vs Teknologi Komunikasi

Jadi, teknologi informasi adalah segala hal yang berkaitan dengan pengolahan dan manipulasi data, serta pengelolaan data tersebut. Sementara Teknologi Komunikasi adalah segala hal yang berhubungan dengan proses penyampaian atau pengiriman informasi dari sumber atau pengirim ke penerima.

Dari pengertian Keduanya, kita tahu bahwa TIK adalah teknologi padanan yang tidak bisa di pisahkan karena keduanya saling berhungan erat antara satu dengan yang lain. Jadi, TIK merupakan segala bentuk kegiatan yang berhubungan dengan manipulasi, pengelolaan, serta pemindahan informasi dari sumber ke penerima.

Istilah teknologi informasi mulai terangkat kepermukaan atau populer di tengah masyarakat sejak tahun 1970-an. Sebelumnya tidka demikian, Teknolgi ini sebelumnya lebih dikenal dengan nama Teknolog Komputer atau dengan mama pengolahan data elektronik atau EDP (Electronic Data Processing).

Secara Umum, Lucas dan Munir (2008) menjelasakan pengertian dan definisi Teknologi Informasi sebagai berikut:

“Teknologi Informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis, micro komputer, komputer mainframe, pembaca barcode, perangkat lunak, pemproses transaksi, perangkat lunak lembar kerja (worksheet) dan peralatan komunikasi dan jaringan merupakan contoh Teknologi Informasi”.

TIK adalah segala bentuk teknologi yang membantu penyampaian informasi dan pelaksaan komunikasi searah, dua arah atau bahkan lebih. Dengan istilah lain pengertian Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah Ilmu pengetahuan yang digunakan untuk mengelola informasi agar informasi yang di sediakan bisa cari dengan akurat. Kalau kita lihat sisi akademis, TIK ini adalah sistem informasi yang komponennya terdiri dari hardware, software, dan peralatan lainnya yang berkaitan.

Media Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Multimedia yang kita jelaskan di belakang pada post sebelumnya juga merupakan bagian penting dari perkembangan teknologi komunikasi ini. Sekarang, teknologi informasi komunikasi (TIK) sudah sangat berkembang dengan di temukannya internet dan proses komunikasi sudah sangat cepat dan akurat bahkan berbagai informasi bisa di proses dengan cukup cepat dalam ruang yang seluas-luasnya.

Perkembangan komunikasi hari ini baik searah atau dua arah telah memberikan kemudahan kepada semua user untuk cepat menemukan informasi yang dibutuhkan serta memudahkan proses belajar mengajar antara siswa dan guru. Perkembangan dunia Informasi dan komunikasi juga sangat memudahkan kita untuk mendapatkan informasi kapan saja, dan dimana saja kita berada.

Menurut Alessi dan Trollip et al dalam Sutrisno (2012) Teknologi yang di kenal dengan TIK ini bukan hanya sebatas mengoperasikan komputer saja, namun juga tentang bagaimana menggunakan teknologi untuk berkolaborasi, melakukan penelitian, berkomunikasi, serta menyelesaikan berbagai persoalan yang semakin komplek dan yang berkembang secara dinamis.

Keunggulan Media Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi

Berdasarkan Sadiman dkk (2012), perkembangan TIK memiliki keunggulan sebagai berikut:

  1. Memperjelas pengiriman pesan agar tidak terlalu verbalis (tidak hanya dalam bentuk kata-kata semata)
  2. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera
  3. Penggunaan media yang beragam untuk belajar bisa mencegah pasif pada anak didik, media atau multimedia bisa menggairahkan anak dalam proses belajar.
  4. Dengan sifat yang unik dan beda-beda antara setiap anak didik, kemampuan yang berbeda, sementara pelajar yang di sajikan adalah sama bagi semua anak didik, tentu guru mendapatkan banyak kesulitan jika di atasi sendiri. Namun dengan keterbukaan media informasi dan komunikasi ini maka hal ini bisa di atasi melalui media.

Selain itu, Faizi (2013) mengemukakan fungsi dan peran media pembelajaran, sebagai berikut:

  1. Menangkap suatu objek dan peristiwa, peristiwa penting dan langka bisa di abadikan dengan video, photo, dan direkam sebagai film dan selanjutnya di simpan untuk digunakan di masa depan.
  2. Memanipulasi keadaan, peristiwa, dan objek. Melalui media pembelajaran, seorang guru bisa menyajikan pelajaran yang sifatnya abstrak kepada anak didik menjadi hal yang konkrit. Ini akan mudah bagi siswa dan bisa menghilangkan verbalisme.
  3. Peran media pembelajaran lainnya adalah sebagai pembais atau motivator belajar. Media akan menjadi motivasi belajar bagi anak-anak, ini akan meningkatkan fokus dan perhatian siswa terhadap materi dan kurikulum pembelajran.
Previous articleMultimedia Adalah: Pengertian Menurut Para Ahli, Manfaat, Jenis dan Komponen
Next article10 Karakteristik Wirausaha Agar Mudah Mencapai Kesuksesan Bisnis