Home Berkebun Tips Agar Labu Berbuah Banyak, Ini Cara Budidaya Labu

Tips Agar Labu Berbuah Banyak, Ini Cara Budidaya Labu

118
Tips Agar Labu Berbuah Banyak

Menanam labu sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak perawatan, namun anda tetap harus tahu tips agar labu berbuah banyak sehingga tanaman labu menjadi penggerak ekonomi keluarga. Tanaman labu kuning adalah jenis tanaman pangan yang banyak di budidayakan dan pertumbuhannya juga mudah serta tidak membutuhkan banyak perawatan.

Dalam artikel ini kami akan menjelaskan cara menanam labu dan tips agar labu berbuah banyak. Sebagai tanaman yang tahan hama dan mudah tumbuh di mana saja, labu kuing juga perlu di tanam dengan metode khusus agar ia semakin banyak buahnya. Bagi anda yang ingin menanam labu, kami akan bagikan kepada anda caranya disini. Yuk kita lihat penjelasannya berikut ini.

The elsholat.com Contents

Tips Budidaya Labu Agar Berbuah Banyak

1. Syarat Tanam

Tanaman labu kuning sekalipun mudah tumbuh dan bisa tumbuh di tempat yang berbeda, namun tanaman ini paling baik tumbuhnya di daerah dengan ketinggian 800 hingga 1200 meter di atas permukaan laut. Curah hujan yang di butuhkan adalah 700-1000 mm/tahun dan kelembapan sekitaran 75%.

Labu kuning atau waluh adalah tanaman yang sangat bagus tumbuh di atas tanah aluvial humus, sisa rawa, tanah gembur, tanah merah, andosol, dan grumosol dengan tingkat keasaman atau pH tanah 5.0 – 6.5.

Dengan memenuhi tips agar labu berbuah banyak ini, anda akan sangat senang dengan pertumbuhannya dan tanaman ini akan memberikan banyak buah untuk di panen.

2. Pembibitan

Pembibitannya adalah bersifat generatif atau melalui bijinya. Pastikan biji atau benih labu adalah yang berkualitas terbaik sehingga pertumbuhannya bagus dan tahan dengan hama selama pertumbuhannya.

Lantas bagaimana mengetahui bibit yang anda pilih adalah yang bagus kualitasnya? Berikut kami bagikan cara memilih bibit labu kuning yag berkualitas.

  1. Untuk calon bibit, pilih buah besar, warna kulit buah segar dan memiliki pangkal buah yang kecil
  2. Kalau anda sudah menemukan buah yang sesuai dengan kriteria di atas, sekarang diam buah itu pohon hingga matang sempurna
  3. Jika buah labu sudah matang sempurna, anda bisa memetikanya dan simpan selama 7 hari
  4. Kemudian, setelah tujuh hari pendiaman, potong buah labu secara membentang dan ambil semua bijinya
  5. Bersihkan bijinya dan biarkan mengering dibawah sinar matahari selama 4 hari atau 3 hari.
  6. Jika sudah selesai pengeringan, anda sudah bisa menanam biji tersebut
  7. Kalau ingin menyimpan bijinya untuk keperluan mendatang, anda bisa menyimpannya dalam plastik, atau alumunium foil dan ikat dengan bagus.
  8. Benih yang di kemas di masukkan dalam toples dan di kasih arang atau abu

Itulah proses penyiapan bibit labu yang bagus untuk penanaman dengan hasil terbaik. Jadi, anda bisa menyiapkan benih sendiri dari buah labu tanpa perlu membeli benih yang sudah jadi yang harganya tentu lebih mahal.

3. Penyiapan Tempat untuk Tanaman Labu

Tips agar labu berbuah banyak selanjutnya adalah menyiapkan tempat tanam. Tanaman labu sering kali di tanam di tanah karena ia menyebar dan membutuhkan area yang luas. Area yang luas sangat penting untuk tumbuh kembang labu kuning dan berbuah banyak. Itulah sebabnya petani menanamnya di lahan luas ketimbang menanam di pot.

Ada beberapa penyiapan di tempat lahan yang harus di lakukan sebelum anda melakukan penanaman labu. Diantaranya:

– Yakinkan bahwa lahan sudah bersih dari gulma dan tanaman pengganggu sehingga tidak menyebabkan tanaman labu terganggu pertumbhuannya. Cabut semua rumput dan bakar dan bakar juga sisa rumput kering atau tumpukannya karena di khawatirkan menjadi sarang penyakit.

– Lahan tersebut tidak ada pohon atau bangunan yang bisa menghalangi sinar matahari

– Tanah yang disediakan harus gembur dan memiliki kemampuan menyerap air dengan baik. Tanaman labu buthu banyak iar, namun jika airnya tergenang maka di khawatirkan bisa mengganggu pertumbuhannya.

– Tanah harus di cangkul atau di traktor, kemudian buat bedengan sebesar satu meter dengan ketinggian 30 cm

– Untuk bedengan satu meter anda bisa membuat 2 lubang tanam dengan jarak antara setiap lubang adalah 40 cm.

4. Menanam Labu Kuning

Tips agar labu berbuah banyak adalah dengan melakukan penanaman sesuai prosedur dan tata cara yang sudah di uji coba oleh ahli pertanian.

Menanam labu kuning adalah dengan mumbuat lubang tanam, kemudian berikan pupuk kandang ke setiap lubang tanam. Lubang tanam harus besar sekitar 25 cm, pada bedengan 1 meter anda bisa membuat 2 lubang tanam dan jarak antara keduanya adalah 40 cm.

Kemudian, tambahkan pupuk kandang hingga 5 kg per lubang tanam, kemudian diamkan atau biarkan hingga satu minggu. Setelah satu minggu anda bisa menanam benih labu kuning dalam lubang yang sudah di sediakan.

Untuk mencegah siput, anda bisa menggunakan abu sekam pada lubang tanam labu. Ini akan mencegah datangnya siput yang kerap kali membunuh atau memakan tanaman.

5. Perawatan Labu Kuning

Sebenarnya labu kuning tidak membutuhkan perawatan ekstra, ia bisa tumbuh dengan sendirinya dan mencari jalan untuk menjalar kelahan-lahan anda dan tetap bisa berbuah bayak. Namun bagi anda yang menanamnya untuk tujuan pemasaran tentu anda mendambakan hasil yang banyak. Jadi, Tips agar labu berbuah banyak adalah dengan tetap melakukan perawatan yang di perlukan pada tanaman labu.

Berikut beberapa tahap perawatan tanaman labu kunig:

Penyiraman

Penyiraman di lakukan di pagi dan sore hari saat musim kemarau dan tetap memperhatikan kelembaban tanah. Jika tanah masih basah anda tidak perlu melakukan penyiraman.

Pemupukan

Agar labu berbuah banyak, anda tetap harus melakukan pemupukan susulan, jadi tidak hanya pemupukan dasar saja yang di perlukan namun anda butuh pemupukan susulan.

Pemupukan umum atau susulan ini di lakukan dengan menambahkan pupuk kandang setiap tiga bulan sekali. Pemupukan dengan pupuk organik ini dilakukan dengan meleburkan pupuk kandang dalam air dengan perbandingan 1:1 atau 1 kg pupuk kandang dengan 1 liter air. Campuran ini tidak boleh langsung di semprotkan ketanaman tetapi harus melewati proses peragian hingga satu minggu.

Kemudian, pupuk ini di semprotkan ke lubang tanam atau batang tanaman labu.

Penyulaman

Penyulaman perlu agar tanaman tumbuh seragam dan bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Secepatnya jika anda melihat ada benih yang tidak tumbuh, anda harus segera melakukan penyulaman.

Nah, tujuan penyulaman segera ini adalah agar waktu panen labu nantinya anda bisa memanen secara seragam atau secara serentak.

Penyiangan

Tips agar labu berbuah banyak tentu pertumbuhannya juga harus bagus, maka anda harus melakukan penyiangan dan menghilang semua rumput dan tanaman yang bisa mengganggu labu. Lakukan secara manual atau dengan menggunakan mesin.

Gulam yang tumbuh akan memakan nutrisi tanaman labu sehingga pertumbuhan labu jadi tidak maksimal. Maka, semua gulma dan tanaman yang mengganggu harus di gilang diantara tanaman labu.

Lihat juga:

Pemberian Ajir

Proses selanjutnya adalah proses ketika tanaman labu sudah mulai menjalar. Saat ini anda sudah bisa menggunakan ajir yang bertujuan agar tanaman labu menjalar secara teratur dan anda juga bisa mudah dalam mengontrolnya. Jika tidak menggunakan ajir ini sangat menyulitkan anda dalam mengontrol termasuk mengontrol gulma.

Jika tanaman sudah memiliki sulurnya, anda perlu melilitkan sulur tanaman labu ke ajir sehingga ia akan merayap sendirinya ke atas ajir dan menyebar diatas ajir atau tumpangan yang anda buat.

Pengendalian hama

Hama yang umum terjadi pada labu kuning adalah pembusukan daun dan bunga. Pembusaukan daun di tandai dengan daun yang berubah warna menjadi ungu dan biru. Ini biasanya terjadi di musim juhan atau adabanyak air yang menggenanginya. Untuk menanggulangi pembusukan daun adalah dengan mengambil tanaman labu yang terinfeksi dan menguburnya jauh dari area penanaman tanaman labu kuning.

Ini adalah pengendalian yang harus di lakukan agar labu berbuah banyak. Jadi, jangan menganggap sepele dengan masalah ini. Penyakit pembusukan daun seperti ini bisa menular ke tanaman lain jika tidak di tanggulangi lebih cepat.

Kemudian, penyakit labu kuning adalah pembusukan bunga. Pembusukan bunga juga harus di tanggulangi dengan baik, anda bisa seperti pembusukan daun. Anda harus menguburkan bunga-bunga yang busuk tersebut jauh dari batang labu.

Panen Labu Kuning

Panen labu dengan hasil yang banyak adalah sesuatu yang selalu di dambakan oleh semua petani labu. Tanaman labu kuning akan berbunga setelah 60 hari tanam dan di usia 80 hari, ia sudah bisa di panen.

Panen labu kuning bisa di lakukan secara bertahap, anda bisa memanennya secara bertahap baik sekali sebulan atau dua bulan sekali.

Previous articleBenjolan Kanker Payudara Letaknya Dimana
Next articlePerbedaan Buah Pepino dan Terong Belanda