Home Islamic Terms Ucapan Selamat Pagi dalam Bahasa Arab: Arti dan Balasannya

Ucapan Selamat Pagi dalam Bahasa Arab: Arti dan Balasannya

15
Ucapan Selamat Pagi dalam Bahasa Arab: Arti dan Balasannya

Assalamu’alaikum Wrwb. Pada kesempatan ini kita akan belajar Bahasa Arab tentang ucapan selamat pagi dalam bahasa Arab. Kita akan melihat apa artinya, dan bagaimana memberikan jawaban atau balasan terhadap orang yang mengucapkan selamat pagi tersebut.

Ok, bagi kalian yang ingin belajar tentang bahasa Arab khususnya ucapan selamat pagi dan cara membalas ucapan tersebut, simak terus artikel singkat ini. Setelah anda membaca artikel ini anda di harapakkan mengetahuan bagaiman ucapan selamat pagi dalam bahasa Arab, serta tahu bagaimana cara membalasnya dan arti dari kalimat tersebut.

The elsholat.com Contents

Selamat pagi dalam Bahasa Arab Serta Artinya

Selamat pagi dalam Bahasa Arab Serta Artinya

Ketika kita mengucapkan selamat pagi atau selamat siang, atau selamat malam dengan bahasa apapun, ada sejumlah manfaat yang bisa di dapatkan, diantaranya:

Memberikan motivasi dan semangat bagi seseorang dalam menjalani hari-harinya atau dalam menjalankan aktivitasnya. Ucapan tersebut adalah bentuk sokongan dan dorongan semangat sehingga memberikan energi positif bagi seseorang teman atau saudara kita dalam menjalankan kegiatannya.

Maka, mengucapakan selamat pagi seperti mengucapakannya dengan bahasa Arab akan mendorong seseorang untuk semangat memulai harinya, bagi pelajar ini akan memberikan dorongan semangat dalam belajar bahasa Arab.

Memberikan kesan dan kepedulian kita terhadap saudara dan teman kita. Selain itu, juga menggambarkan keramahan kita dan memberikan kehangatan dalam persabatan dan mengucapkan ucapan selamat pagi dalam bahasa Arab atau bahasa lainnya adalah bentuk sopan santun yang di anjurkan.

Untuk mencairkan suasana, ketika kita masuk kesuatu ruangan yang tenang atau kurang ceria, dengan mengucapakan ucapan selamat pagi, ucapan selamat siang dan lain-lain sesuai kondisi, bisa menghidupkan suasana dan mencairkan suasana.

Ini akan menjadi kata-kata pembuka yang besar manfaatnya dalam memulai pembicaraan dan sebagai tanda bahwa kita ramah sehingga membuat lawan bicara kita juga memnanggapi bicara kita dengan alot.

Ucapan selamat pagi dalam bahasa Arab di tulis dengan صَبَاح الْخَيْر artinya adalah “Selamat Pagi”.

Tulisan Selamat pagi Bahasa Arab:

صَبَاح الْخَيْر

Bagi kita yang di ucapkan selamat pagi, kita menjawabnya dengan kalimat:

صَبَاحُ النُّوْرِ

Latin: Shabahan Nur

Artinya dari Shabahan Nur adalah “Selamat pagi” juga.

Jadi, bagi yang mengucapkan lebih dulu menggunakan “Shabahan Khair”, dan bagi yang menjawabnya mengucapkan “Shaban Nur”. Artinya adalah sama-sama Selamat Pagi.

Hanya dengan mengetahui dua ucapan Selamat pagi dalam bahasa Arab ini, kita sudah bisa mempraktekkannya dalam muhadasah atau percakapan sehari-hari.

Dalam bahasa Arab ada banyak ucapan yang seharusnya di hafal oleh anak-anak yang belajar bahasa Arab, tidak hanya Selamat pagi saja atau Shaban Nur saja, ada beberapa kalimat bahasa Arab lainnya yang memiliki maka serupa seperti Selamat datang, selamat pagi, Selamat, selamat jalan dan lain-lain.

Cara Mengucapkan Ucapan Selamat pagi dan Ucapan lainnya

Untuk lebih jelas mari perhatikan ungkapan dalam bahasa Arab berikut ini:

Ucapan Arabic Tulisan Latin Artinya dan Makna
أَهْلاً وَسَهْلاً Ahlan wa sahlan Selamat datang
أَهْلاً بِكَ Ahlan Bikh Selamat datang juga
الْوَادَاع، وَدَاعًا al waa daa’, wadaa ‘aan Selamat jalan, selamat berpisah
خَلَصَ مِنْ، سَلِيْم، صَحَّ – يَصحُّ، صَحِيْح hulasho min, saliim, shohha – yashohhu, shohiih Selamat
طَابَتْ لَيْلَتُكُمْ Thobats lailatukum Selamat malam
لَيْلَتُكَ سَعِيْدَة Lailatuka sa’iidah Selamat malam
سَعِيْدَةٌ مُبَارَكَة Sa’iidatun mubaarokah Semoga malam yang berkah
مساء الخير Masaa ul khair Selamat siang
مساء النور Masaa un nuur Selamat siang juga
مَرْحَبًا Marhabaan Selamat datang
مساء الخير Masaa ul khair Selamat sore
مساء النور Masaa un nuur Selamat sore juga
مَبْرُوْك Mabruukh Selamat sukses
مَعَ السَّلاَمَة Ma’assalaamah Selamat Tinggal
عَايَدَ – يُعَايِدُ ‘aayada – yu’aayidu Selamat hari raya
إِلَى اللِّقَاء Ilalliqoo’ Sampai jumpa / sampai bertemu kembali
تَهْنِئَةً لَكَ Tahniatan laka Selamat untuk mu
مَبْرُوْك عَلَى نَجَاحِكَ Mabruuka ‘ala najaahika Selamat atas keberhasilanmu
مَبْرُوْك لَكَ Mabruukh laka Semoga kamu beruntung
بَارَكَ اَللهُ عَلٰى نَجَاحِكَ فِيْ الْإِمْتِحَانِ Baarokallahu ‘alaa najaahika fil imtihaani Selamat atas lulus ujianmu
بَارَكَ اللهُ عَلٰى خُطُوْبَتِكَ الْعُرُوْسِ Baarokallahu ‘alaa khuthuubatikal ‘uruusi Selamat atas perkawinan anda

Ucapan-ucapan di atas penting di hafal oleh murid bahasa Arab untuk mempercepat proses belajar bahasa Arab dan memudahkan mereka dalam memulai Muhadasah atau percakapan dalam bahasa Arab.

Lihat juga istilah Ilami lainnya:

Cara Mengucapkan Ucapan Selamat pagi dan Ucapan lainnya

Untuk mempraktekkan ucapan selamat pagi dalam bahasa Arab atau selamat siang, selamat malam dan lain-lain. Maka kita harus tahu kondisi dan waktu yang tepat serta sesuai dengan ucapan tersebut.

Mari kita perhatikan penjelasan berikut ini:

Ketika baru datang dan masuk kedalam ruangan, kita bisa mengucapkan صَبَاح الْخَيْر atau Shabahal Khair, lakukan sambil tersenyum ke arah orang yang sudah duluan masuk ruangan.

Contoh: صَبَاح الْخَيْر يا محمد

Sesuaikan juga ritme atau mimik tubuh saat mengucapakn shabal khair, misalnya sambil membungkuk sedikit, atau dengan menganggukkan kepala sedikit.

Arahkan kontak mata pada siapa yang kita tujukan ucapan selamat pagi tersebut.

Nah, dengan memberikan ucapan selamat pagi dalam bahasa Arab atau dalam bahasa Indonesia atau bahasa lainnya, ini menunjukkan bahwa kita ramah, peduli, dan tidak sombong. Kondisi ini akan membuat lawan bicara kita juga akan menanggapinya dengan ramah dan sopan sehingga pertemuan kedua orang tersebut akan bagus dan terjadi percakapan yang alot antara keduanya.

Demikianlah sedikit penjelasan dan pembelajaran tentang ucapan selamat dalam bahasa Arab khususnya Ucapan selamat pagi dalam bahasa Arab, semoga bisa menambahkan pengetahuan kita dalam semangat belajar bahasa Arab.

Previous articleArti Syukron: Balasan, Jawaban, dan Penggunaannya
Next articleArti Syafakallah, Syafakillah, Syafahallah, Syafakumullah, Syafahullah